Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi DNS

- 3/30/2017 06:21:00 PM

Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi DNS

 
Feriantano S Education Kamis, 09 Januari 2014 13.38 Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi DNS - TutorialCaraKomputer.com
Domain Name System (DNS) merupakan sebuah software service di internet yng menerjemahkan sebuah domain name ke IP address serta satu dari sekian banyaknya jenis system yng melayani permintaan pemetaan IP address ke FQPN (Fany Qualified Domain Name) serta dari FQDN ke IP address. DNS umumnya dipakai pada software yng berhubungan ke internet sererti Web Browser ataupun e-mail, Dimana DNS membantu memetakan host name sebuah computer ke IP address. Selain dipakai di internet DNS pula bisa di implementasikan ke private network ataupun internet.

Sejarah DNS


Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi DNS - TutorialCaraKomputer.com
Sebelum dipergunakannya DNS, jaringan komputer mempergunakan HOSTS files yng berisi berita dari nama komputer serta IP address-nya. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat serta di setiap loaksi Perlu di copy versi terbaru dari HOSTS files, dari sini mampu dibayangkan betapa repotnya andai ada penambahan 1 komputer di jaringan, maka kita Perlu copy versi terbaru file ini ke setiap lokasi.
Yang dengannya semakin meluasnya jaringan internet, hal ini semakin merepotkan, akhirnya dibuatkan sebuah solusi dimana DNS di desain menggantikan fungsi HOSTS files, yang dengannya kelebihan unlimited database size, serta performace yng baik.
DNS merupakan sebuah software services di Internet yng menerjemahkan sebuah domain name ke IP address. Menjdai semisal, www bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggunaan di Internet, lalu diketikan nama domain, misalnya: yahoo.com maka akan di petakan ke sebuah IP mis 202.68.0.134.
Jadi DNS bisa di analogikan pada pemakaian buku telepon, dimana orang yng kita kenal didasari nama bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubunginya kita Perlu memutar nomor telepon di pesawat telepon. Percis persis, host komputer mengirimkan queries berupa nama komputer serta domain name server ke DNS, lalu oleh DNS dipetakan ke IP address.

Tatacara Kerja DNS


Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi DNS - TutorialCaraKomputer.com
Client DNS disebut yang dengannya resolvers serta DNS server disebut yang dengannya name servers. Resolvers ataupun client mengirimkan permintaan ke name server berupa queries. Name server akan memproses yang dengannya tips mencek ke local database DNS, menghubungi name server lain-lainnya ataupun akan mengirimkan message failure andai sebenarnya permintaan dari client tak didapati. Proses yang telah di sebutkan disebut yang dengannya Forward Lookup Query, yakni permintaan dari client yang dengannya tips memetakan nama komputer (host) ke IP address.
Tatacara Kerja DNS
  1. Resolvers mengirimkan queries ke name server.
  2. Name server mencek ke local database, ataupun menghubungi name server lain-lainnya, andai didapati akan diberitahukan ke resolvers andai tak akan mengirimkan failure message.
  3. Resolvers menghubungi host yng dituju yang dengannya mempergunakan IP address yng diberikan name server.

Fungsi DNS

  1. Menerjemahkan nama komputer ke IP address (memetakan nama komputer menjadi IP address).
  2. Kerangka Aturan pengiriman secara kontroversi mempergunakan keuntungan jenis rekod DNS, dikenal menjdai rekod TXT.
  3. Menyediakan keluwesan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kegagalan computer, beberapa server DNS memberikan perlindungan bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap domain. Tepatnya,Tiga belas server akar (root server) dipakai oleh seluruh dunia.

Kelebihan DNS

  1. Gampang, DNS Amat gampang lantaran user tak lagi direpotkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengingat IP address sebuah komputer, cukup host name.
  2. Konsisten, IP address sebuah komputer mampu saja berganti, namun host name tak Perlu berganti.
  3. Simple, DNS server gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikonfigurasikan.
  4. DNS gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di implementasikan di protocol TCP/IP DNS server gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di konfigurasikan(Bagi admin) User tak lagi di repotkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengingat IP address.

Kekurangan DNS

  1. User tak bisa mempergunakan nama tidak sedikit bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari nama domain baik di internet ataupun di intranet.
  2. DNS tak gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk di implementasikan.
  3. Tak konsisten.
  4. Tak mampu membuat tidak sedikit nama domain.
Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi DNS Title: Pengertian, Sejarah, Tatacara Kerja serta Fungsi DNS Date: 2014-01-09T13:38:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi DNS

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Sejarah, Cara Kerja dan Fungsi DNS