Sejarah Perkembangan Komputer Dari Awal Sampai Sekarang

- 4/27/2017 01:55:00 AM

Sejarah Perkembangan Komputer Dari Awal Sampai Sekarang

 
Sejarah komputer diawali yang dengannya penemuan penting dari Charles Babbage berupa alat hitung. Berkat penemuannya itu, ia dikenal menjdai ilmuwan yng paling berpengaruh dalam perkembangan komputer. Lantas, alat hitung yang telah di sebutkan dikembangkan lebih lanjut secara bertahap sampai-sampai kini terciptalah perangkat canggih bernama komputer. Tahapan dalam pengembangan komputer disebut generasi. Ada lima generasi komputer yng masing-masing mempunyai cerita tersendiri.
Perkembangan sejarah komputer sudah mengalami masa-masa susah. Akan tetapi, berkat tangan-tangan andal dari para ilmuwan serta teknisi pada waktu itu, perkembangan dari generasi ke generasi terasa begitu gampang serta terorganisir. Komputer terus dikembangkan yang dengannya menyisipkan inovasi-inovasi terbaru. Sampai-sampai kini, beberapa perusahaan ternama tengah menggarap komputer berteknologi tinggi yang dengannya nama komputer masa depan.

Sejarah Perkembangan Komputer

Inovasi-inovasi cerdas sudah ikut andil dalam perkembangan teknologi komputer yng begitu pesat. Perkembangan inovasi komputer yang telah di sebutkan terbagi dalam lima generasi. Berikut merupakan analisis wacana sejarah perkembangan komputer dari awal hingga saat ini, dari generasi ke generasi:
sejarah perkembangan komputer
Komputer Generasi Pertama
Perangkat komputer yng pertama kali dikembangkan merupakan komputer bagi atau bisa juga dikatakan untuk desain pesawat serta peluru kendali. Ilmuwan yng menggagas konsep pengembangan yang telah di sebutkan merupakan Konrad Zuse, seorang Insinyur asal Jerman. Lantas, pada pertengahan 1940-an, komputer yang telah di sebutkan mengalami perkembangan lebih lanjut yng di lakukan oleh John von Neuman.
Tanda utama dari komputer generasi pertama merupakan CPU. Ya, central processing unit yng terdapat dalam komputer generasi I adalah mesin pertama yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengoperasikan seluruh system dalam komputer. Sedangkan program utama yng terdapat di komputer generasi pertama merupakan “machine language”.
Komputer Generasi Kedua
Penemuan penting sudah terlaksana di generasi kedua ini. Merupakan transistor, alat canggih yng bisa memaksimalkan kinerja komputer yang dengannya ukuran yng Amat kecil. Penemuan alat ini memberi pengaruh perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan berupaya menggarap komputer generasi kedua.
Beberapa intansi, perusahaan, universitas, dan pemerintah sudah mempergunakan serta memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini merupakan transistor, yng membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.
Komputer Generasi Ketiga
Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Yang dengannya demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Lantas seorang ilmuwan bernama Jack Billy berupaya melakukan penelitian. Lantas pada 1958, ia menciptakan komponen yng lebih canggih dibandingkan transistor yng membuat komputer cepat panas tadi. Yaitu IC ataupun Integrated Circuit chip kecil yng bisa atau mampu menampung tidak sedikit komponen menjadi satu.
Yang dengannya begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pun, pada komputer generasi ketiga pula lebih cepat disektor system operasi serta bisa atau mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.
Komputer Generasi Keempat
Pada generasi ini, komputer yng mempergunakan chip IC lantas dikembangkan lagi. Perusahaan Very Large Scale Integration berupaya melakukan pengembangan yang telah di sebutkan pada 1980-an. Walhasil, satu chip tunggal bisa menampung ribuan komponen. Dari sinilah, istilah “personal computer” ataupun PC muncul. Pengertiannya, perangkat komputer mulai dipasarkan ke sektor perorangan. Tidak berhenti hingga disitu, muncullah perangkat komputer yng gampang dibawa ke mana-mana, yakni Laptop.
Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima merupakan yng era ini tengah di lakukan oleh banyak sekali vendor elektronik. Ya, komputer generasi kelima kerap disebut menjdai komputer generasi masa depan. Beberapa bukti kecil merupakan munculnya smartphone, tablet, phablet, netbook, ultrabook, serta tidak sedikit lagi. Perkembangan selanjutnya merupakan perangkat komputer yng bisa dijalankan tanpa Perlu mempergunakan kontak fisik (menyentuhnya), namun mempergunakan otak. Lalu, akankah komputer generasi kelima terealisasi? Cuma waktu yng mampu menjawab.
Demikianlah sekelumit berita mengenai

Sejarah Perkembangan Komputer



Source Article and Picture : komputerflas.blogspot.com

Seputar Sejarah Perkembangan Komputer Dari Awal Sampai Sekarang

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sejarah Perkembangan Komputer Dari Awal Sampai Sekarang