Meningkatkan dan Menstabilkan Sinyal Modem Wireless

- 5/15/2017 08:30:00 AM

Meningkatkan dan Menstabilkan Sinyal Modem Wireless

 
Pada era ini hampir seluruh operator telepon selular di negeri ini menyediakan layanan internet, kita tinggal memilih operator mana yng kita mau.. .
Postingan di artikel ini tak akan membahas pilih- memilih ISP(Internet Service Provider), akan tetapi bagaimana tatacara ataupun cara menaikan / menstabilkan sinyal 2G ataupun 3G menjadikan akses internet kita lebih stabil.
Tadinya saya selalu dibuat jengkel lantaran sinyal HSDPA dari operator yng saya pakai selalu timbul tengelam serta malah menghilang..mungkin lantaran jauh dari BTSnya.menjadikan internet Suka lambat ataupun Suka putus.
Era ini masalah itu telah tak terlaksana lagi lantaran sinyal HSDPAnya selalu` full bar.. meskipun saya berada di ruangan yng tertutup tembok ataupun di ruangan yng umumnya tak mendapatkan sinyal ..
Yng saya lakukan merupakan menempatkan modem jauh di atas, di daerah yng lebih terbuka yakni di luar rumah, di atap lantai dua.. menjadikan sinyal yng tertangkap kuat serta stabil, tak timbul tenggelam lagi.
Tatacara yng dipakai merupakan memperpanjang kabel USB modemnya.. sampai-sampai 12(dua belas)meter (standarnya 1 ataupun 1,5 meter), ini memanglah melawan teori yng katanya kabel USB itu maksimal panjangnya sekitar 5 meter. namun kenyataannya panjangnya ditambah ..BISA. Mungkin ini akan bergantung dari jenis kabel yng dipakai, merk/jenis modem, serta kekuatan power port usb komputernya.
Modem yng saya genakan merupakan Huawei E270.. malah sebelumnya disaat mempergunakan modem huawei EC325 (CDMA) panjang kabelnya mencapai 15 meteran, serta disaat kabel yang telah di sebutkan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk modem huawey E270, modemnya tak terdeteksi lantas panjang kabelnya dikurangi serta dikurangi menjadikan pada kisaran panjang 12 meter modem E270 berfungsi yang dengannya baik.
Bagaimana tatacara menyambungnya?, jenis kabel apa yng dipakai?
1. Siapkan kabel USB standar (kabel USB ke modem) yng mempunyai kualitas baik.
2. Siapkan kabel UTP (Unshielded twisted pair, merupakan kabel standar bagi atau bisa juga dikatakan untuk koneksi jaringan komputer LAN), cat 5 ataupun cat 6 lebih baik, panjang disesuaikan misal 12 meter dulu (12 m belum tentu cocok yang dengannya modem kamu, nantinya panjangnya mungkin Perlu dikurangi)
3. Perlengkapan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyambungan : Solder, timah, isolasi, gunting / tang pemotong
Tatacara pengerjaan
1. Potong (bagi dua) kabel USB modem, lantas kupas masing- masing ujungnya.
Kabel USB di dalamnya mempunyai 4 kabel ditambah 1 ground (kabel ground nantinya tak dipakai, lantaran keterbatasan jumlah isi kabel UTP)

2. Siapkan kabel UTP, kupas kedua ujungnya. kabel UTP mempunyai isi 8 kabel di dalamnya. Lantaran kabel USB berisi 4 kabel, maka kita cuma memerlukan 4 isi kabel UTP, akan tetapi agar bisa bisa menambah daya hantar (mengurangi resistansi) setiap dua kabel digandengkan / disatukan, jadi seolah-olah kabel UTP ini berisi 4 kabel.



3. Sambungkan kabel USB yang dengannya kabel UTP , perhatikan warna kabel agar jangan hingga tertukar, solderlah setiap sambungan lantas kasih isolasi.
Gambar selengkapnya :
klik pada gambar bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat besar
Memilih serta menentukan warna kabel UTP bebas, yng penting warna kabel USB di ujung yng satu Perlu bertemu kembali yang dengannya warna yng percis di ujung yng lain, kabel USB warna merah Perlu bertemu kembali yang dengannya kabel berwarna merah , hitam Perlu bertemu hitam serta seterusnya .. tak boleh tertukar .. kalau tak, mampu mampu modem ataupun port USBnya bahkan rusak..
4. Agar sambungan antar kabel kuat serta koneksinya tidak jelek alias bagus, solderlah yang dengannya baik lantas kasih isolasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencegah konsleting.
5. Periksalah sekali lagi, kalau telah yakin sambungannya benar, baru mampu dicoba, kalau belum yakin jangan dicoba-coba. lantaran kalau sambungan tak benar bisa memicu komputer(port USB) ataupun modemnya rusak. kalau masih belum mengerti coba tanyakan ataupun meminta bantuan ke sahabat yng mengerti ihwal elektronik.
6. kalau telah benar-benar yakin, silakan coba , nyalakan komputer serta sambungkan modemnya, kalau modem telah terdeteksi oleh komputer berguna tinggal menempatkan modem di area yng paling tidak jelek alias bagus bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan sinyal. Bila belum terdeteksi ataupun USB malfunction, berguna kabelnya Perlu dibuat lebih pendek lagi..
6. Sesudah modem terbukti berfungsi, lantas tempatkan modem di daerah yng sekiranya sinyal dari operatornya paling kuat.
Yng Perlu diperhatikan : Hati-hati terhadap bahaya petir, kalau telah cuaca mendung serta kita tak yakin yang dengannya penangkal petir gedung / rumah kita.. lebih baik turunkan saja Tempatkan di area yng tak mendapatkan sinar matahari langsung. Hati-hati pula terhadap hujan.. kalau kena air hujan ya berakhirlah...

Pada aplikasinya bisa juga dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menempatkan modem di dalam kendaraan, tentunya yang dengannya sambungan kabel yng lebih pendek.
Mudah-mudahan berguna...
tags : mengatasi modem yng lemah, menaikan sinyal modem, agar bisa HSDPA stabil, koneksi internet yng stabil, modem menjdai antena, menguatkan signal hsdpa umts wcdma, gprs, kabel sambungan modem, mengatasi internet lambat, agar internet modem tak lambat,
Baca Pula : Membuat Koneksi Wireless Antar Laptop Download Video dari Facebook Tanpa Software Menyembunyikan data / dokumen di dalam file gambar

Source Article and Picture : www.tipstriks.com

Seputar Meningkatkan dan Menstabilkan Sinyal Modem Wireless

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Meningkatkan dan Menstabilkan Sinyal Modem Wireless