Harvard Mark

- 3/22/2017 02:36:00 AM

Harvard Mark

 
Harvard Mark I
Awal mulanya Harvard Mark I bernama IBM Automatic Sequence Controlled Calculator (ASCC), yng oleh para staff di Universitas Harvard disebut Mark I serta lantas lebih dikenal yang dengannya nama Harvard Mark I.
Harvard Mark I diciptakan oleh profesor Howard Hathaway Aiken , terinspirasi oleh mekanisme mesin Analytical Engine karya Charles Babbage, Mark I adalah komputer mekanis bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghasilkan tabel matematika yng lebih disempurnakan.
Konsep dasar IBM ASCC ataupun Mark I ini digagas serta disampaikan oleh Aiken pada IBM di tahun 1937. Sesudah melalui studi serta uji kelayakan oleh para insinyur IBM, Thomas John Watson menjdai ketua serta CEO dari IBM menyetujui proyek pembangunan serta pendanaan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mesin ASCC yang telah di sebutkan pada bulan februari 1939. Mesin ASCC ini dikembangkan serta dibangun oleh IBM di pabrik Endicott orang-orang serta dikirim ke Univeristas Harvard pada bulan Februari 1944.
Tujuan umum dari pembuatan Harvard Mark I sendiri merupakan menjdai alat perhitungan elektro mekanis bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung persenjataan pada babak akhir Perang Dunia II yng sudah berlangsung sejak tahun 1939 serta berakhir pada tahun1945. Dalam hal ini, Harvard Mark I pernah dipakai menjdai mesin perhitungan serta navigasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk Angakatan Laut Amerika Serikat ( U.S. Navy Bureau of Ships) sejak tahun 1944. Serta pada tahun yng percis tepatnya pada tanggal 29 maret 1944, John von Neumann seorang ilmuwan serta matematikawan Hongaria-Amerika yng bekerja pada proyek Manhattan pada waktu itu, menjalankan program Mark I menjdai alat hitung bagi atau bisa juga dikatakan untuk menentukan efek serta kekuatan daya ledak bom atom.
IBM ASCC ataupun lebih dikenal yang dengannya Harvard Mark I mempunyai ukuran yng Amat besar ("lebih besar dari lemari pakain 3 pintu") yang dengannya ribuan komponen mesin di dalamnya. Mark I mempergunakan 24 tombol menjdai entry data manual, bisa melakukan system penambahan serta pengurangan dalam waktu satu detik, perkalian sekitar enam detik, pembagian 15.3 detik, perhitungan logaritma serta trigonometri lebih dari satu menit.
Klaim karya cipta Mark I meninggalkan jejak perselisihan antara Howard Hateway Aiken menjdai penggagas serta Thomas John Watson yng mewakili IBM serta para ilmuwan-nya menjdai pihak yng mendanai serta mengembangkan proyek Mark I.
Sesudah 15 tahun mengabdi, komputer Harvard Mark I secara resmi pensiun pada tahun 1959, menyusul kehadiran suksesornya yaitu Harvard Mark II yng sudah dikembangkan oleh Aiken sejak 1947 serta didanai langsung oleh Angakatan Laut Amerika (tak lagi oleh IBM).
Harvard Mark II
Harvard Mark II merupakan komputer elektromekanis yng dibangun di Unversitas Harvard di bawah arahan Howard Aiken serta selesai pada 1947 itu dibiayai oleh Angkatan Laut Amerika Serikat.
Mark II dibangun yang dengannya relay elektromagnetik kecepatan tinggi bukan counter elektro-mekanis yng dipakai dalam Mark I, menjadikan jauh lebih cepat dari pendahulunya. Waktu tambahan nya merupakan 0.125 detik (8 Hz) serta waktu perkalian merupakan 0.750 detik. Ini merupakan faktor 2,6 lebih cepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk penambahan serta faktor 8 lebih cepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkalian dibandingkan yang dengannya Mark I. Itu merupakan mesin kedua (sesudah Kalkulator Bell Labs Relay ) yng mempunyai hardware floating-point. Sebuah fitur unik dari Mark II merupakan bahwasanya hal itu sudah sudah dibangun di dalam hardwarenya bagi atau bisa juga dikatakan untuk beberapa fungsi semisal timbal balik, akar kuadrat, logaritma, eksponensial, serta beberapa fungsi trigonometri. Ini mengambil antara lima serta dua belas detik bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeksekusi.
Harvard Mark II bukan adalah komputer yang dengannya program penyimpanan, melainkan komputer pembaca instruksi dari satu program pada waktu dari tape serta dieksekusi (semisal halnya Mark I). Pemisahan data serta instruksi dikenal menjdai arsitektur Harvard. Mark II mempunyai metode pemrograman aneh yng dirancang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberi jaminan bahwasanya isi dari register yng tersedia bila dibutuhkan. Rekaman yng berisi program mampu mengkodekan cuma delapan instruksi, jadi apa tertentu kode instruksi berguna bergantung pada era dieksekusi. Setiap detik dibagi menjadi beberapa periode, serta instruksi kode mampu berguna hal yng berbeda dalam periode yng berbeda. Tambahan bisa dimulai pada satu dari sekian banyaknya dari delapan periode kedua, perkalian bisa dimulai pada satu dari sekian banyaknya dari empat periode kedua, serta transfer data mampu dimulai pada satu dari sekian banyaknya dari dua belas periode kedua. Walaupun system ini bekerja, itu membuat pemrograman rumit, serta mengurangi efisiensi mesin
Harvard Mark III
Mark III
Photo milik www.computermuseum.li
Harvard Mark III, pula dikenal menjdai ADEC (Aiken Dahlgren Electronic Calculator) tergolong generasi komputer pertama yang dengannya bagian elektronik serta elektromekanis. Semisal hal-nya Mark II, Harvard Mark III dibangun di Universitas Harvard di bawah pengawasan Howard Aiken bagi atau bisa juga dikatakan untuk angkatan Angkatan Laut Amerika Serikat.
Mark III terdiri dari 16 bit. yang dengannya 5.000 tabung vakum serta 1.500 dioda kristal. Mempergunakan memori magnetik drum yang dengannya muatan 4,350 kata. Waktu tambahan nya merupakan 4.400 mikrodetik serta waktu perkalian merupakan 13.200 mikrodetik (salah satunya waktu akses memori). Aiken mengklaim bahwasanya Mark III merupakan komputer elektronik tercepat di dunia.
Mark III dipakai sembilan drum magnetik (satu dari sekian banyaknya komputer pertama yng bisa melakukannya). Satu drum yng mampu memiliki kandungan 4.000 petunjuk serta mempunyai waktu akses sampai-sampai 4.400 mikrodetik; yang dengannya demikian menjadikan Harvard Mark III menjdai komputer yang dengannya program penyimpanan. Yang dengannya unit aritmatika yng mampu mengakses dua drum ; satu drum memiliki kandungan 150 kata konstanta serta yng lain-lainnya memiliki kandungan 200 kata variabel. Kedua drum ini pula mempunyai waktu akses 4.400 mikrodetik. Pemisahan data serta instruksi dikenal menjdai arsitektur Harvard. Ada enam drum lain yng memegang total 4.000 kata data, namun unit aritmatika tak mampu mengakses drum ini secara langsung. Data Perlu ditransfer antara drum yang telah di sebutkan serta drum unit aritmatika bisa mengakses melalui register dilaksanakan oleh relay elektromekanik. Ini merupakan hambatan dalam komputer serta membuat waktu akses ke data pada drum ini panjang - 80.000 mikrodetik. Ini sebagian diimbangi oleh fakta bahwasanya dua puluh kata mampu ditransfer pada setiap akses.
Mark III selesai pada September 1949 serta dikirim ke US Naval Proving Ground di pangkalan Angkatan Laut AS di Dahlgren, Virginia Maret 1950.
Harvard Mark IV
Harvard Mark IV merupakan komputer elektronik yang dengannya program penyimpan yng dibangun oleh Unversitas Harvard di bawah pengawasan Howard Aiken bagi atau bisa juga dikatakan untuk Angkatan Udara Amerika Serikat. Komputer ini selesai dibangun pada 1952, dipakai secara ekstensif oleh Angkatan Udara AS.
Seluruh komponen Mark IV sudah berbasis elektronik. Mark IV mempergunakan drum magnetik serta mempunyai 200 register ferit memori inti magnetik (satu dari sekian banyaknya komputer pertama yng bisa melakukannya). Ini memisahkan penyimpanan data serta instruksi yng lebih dikenal menjdai arsitektur Harvard. Ke halaman selanjutnya ► Sumber: wikipedia


Source Article and Picture : annoerkomputer.blogspot.com

Seputar Harvard Mark

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Harvard Mark