Macam-Macam Sistem Operasi Desktop

- 3/17/2017 09:02:00 PM

Macam-Macam Sistem Operasi Desktop

 
Pengertian System Operasi Desktop
System operasi adalah sebuah program yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan seluruh fungsi yng ada pada komputer, baik itu perangkat keras ataupun perangkat lunak perangkat lunak. System operasi sendiri pula menjdai interface (tatap muka) serta perantara antara user (pemakain) serta Hardware Komputer(perangkat keras)
Baca Pula: Pengertian System Operasi
Fungsi System Operasi
Selain itu secara umum system operasi pula berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memanajemen perangkat keras, pengelolaan file, manajemen interaksi user, serta manajemen perangkat lunak. Beberapa system operasi modern pula dislengkapi yang dengannya kemampuan multi user, multi tasking, multi processing serta multi threading.
Baca Pula: Fungsi System Operasi Pada Komputer

Jenis-macam System Operasi Desktop
System operasi desktop merupakan system operasi yng paling Suka dipakai user bagi atau bisa juga dikatakan untuk benerja. System Operasi ini mempunyai karakteristik menjdai berikut:
  • Bisa atau mampu mendukung penggunaan oleh satu orang user
  • Bisa atau mampu melakukan membagikan file serta folder dalam jaringan kecil yang dengannya keamanan minimal

Pada era sekaran ini, system operasi desktop yng paling tidak sedikit dipakai diseluruh dunia terbagi ke dalam tiga kelompok besar, yaitu Microsoft Windows, Apple Mac Os, serta UNIX/Linux. Lantaran ketiga kelompok ini merupakan pengembang terbesar dari system operasi.
Microsoft Windows
Adalah system operasi desktop paling ternama diseluruh dunia yng dikembangkan oleh perusahaan Microsoft yang dengannya pendirinya bernama Bill Gates. Versi pertama system operasi ini merupakan Windows 1.01 dirilis pada tahun 1985. Windows 8.1 merupakan produk terbaru dari system operasi besutan Microsoft ini, yng dirilis oktober tahun 2013. Microsoft sendiri adalah perusahaan paling berhasil yng bergerak dibidang pengemabangan system operasi. Berabagai produk system oiperasi windows yng paling ternama merupakan Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan juga lain-lainya.
Baca Pula: Kelemahan serta Kelebihan Windows
Apple Mac Os
Apple Mac Os percis yang dengannya Microsoft Windows adalah system operasi ternama yng dikembangkan oleh Apple. System ini didesin menjdai system operasi yng ramah terhadap pemakain (user-friendly). Versi terkini dari system ini adalah pengembangan dari system operasi UNIX. Mac OS sendiri dikhususkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer product dari Apple.
Baca Pula: System Operasi Mac OS - Apple Operating System
UNIX/Linux
UNIX, diperkenalkan akhir tahun 1960-an, adalah satu dari sekian banyaknya system operasi tertua. Kode program dari system operasi ini dibuka menjadikan bisa diadopsi oleh banyak sekali perusahaan. Dari UNIX ini dia saat ini tidak sedikit lahir system operasi baru yng adalah turunannya. Linux pula adalah system operasi turunan UNIX yng sama-sama membuka kode programnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk umum. Linux dikembangkan pertama kali oleh Linus Torvalds serta versi 0.0.1 dirilis pada tahun 1991.
Baca Pula: Kelebihan serta Kelemahan Unix
Debian adalah satu dari sekian banyaknya distribusi Linux yng dikembangkan oleh perusahaan komunitas Debian. Debian 7 Wheezy, adalah versi teranyar dari system operasi Linux ini. Selain debian masih tidak sedikit lagi distro Linux lain-lainnya semisal Fedora, Ubuntu, OpenSuSE, serta Slackware. Android menjdai system operasi mobile pula salah satunya turunan dari system operasi Linux.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Macam-Macam Sistem Operasi Desktop

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Macam-Macam Sistem Operasi Desktop