Pengertian dan fungsi Hardisk komputer

- 3/16/2017 09:57:00 PM

Pengertian dan fungsi Hardisk komputer

 
Pengertian Hardisk Komputer
Hardisk merupakan perangkat keras komputer yng berfungsi menjdai media penyimpan data. Data yng disimpan mampu berupa system operasi, data pribadi kita ataupun App penunjang kinerja komputer, Hard disk memiliki peranan yng Amat penting pada system komputer lantaran komputer tanpa harddisk, maka komputer yang telah di sebutkan tak mampu menjalankan tugas-tugasnya. Seiring perkembangan komputer yng makin pesat, hard disk pula mengalami perkembangan, baik perkembangan dalam segi kapasitas, bentuk, model ataupun kecepatan akses dari hard disk itu sendiri. Ukuran satuan hard disk merupakan giga byte (Gb), menjdai semisal : 20 Gb, 40Gb, 80Gb, 120 GB,160Gb, 256 Gb, 320 Gb, 500 Gb, serta seterusnya, lantaran era ini kapasitas hard disk menjadi makin besar.

Fungsi Hardisk Komputer
Pada Dasarnya hardisk merupakan sebuah perangkat keras komputer yng berfungsi menjdai media penyimpanan data secara permanen. Data yng disimpan didalam hardisk akan tetap ada walaupun komputer akan dimatikan. Hardisk mampu dikategorikan storage device yng paling utama pada komputer lantaran baik seluruh data serta program akan disimpan didalam perangkat ini
Baca Pula: Jenis Hardisk Komputer beserta kapasitasnya
Didasari perkembangan hard disk, ada 3 jenlis hard disk yng dikenal era ini, diantaranya:
  1. Hard disk Parallel ATA (PATA), dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk jenis komputer model lama yng mempergunakan kabel 40 pin menjdai penghubung ke motherboard yng berbentuk semisal pita, umumnya para teknisi komputer menyebutnya yang dengannya kabel data. Hard disk ATA memliki kecepatan rotasi 3600 rpm ataupun ATA 66, 5400 rpm ataupun ATA 100 serta 7200 rpm ataupun ATA 133.
  2. Hard disk Serial ATA (SATA), hard disk ini percis yang dengannya hard disk PATA, cuma saja yng membedakan antara keduanya terdapat atau terletak pada port serta kabel yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan Hard disk ke motherboard. Kabel pada hard disk SATA memiliki ukuran yng lebih kecil dari pada IDE 40 pin namun kabel SATA memiliki kecepatan 7200 rpm menjadikan kecepatan transfer data pada kabel SATA menjadi lebih cepat.
  3. Hard disk SCSI merupakan hard disk yng memiliki kecepatan akses yng Amat cepat dibanding hard disk sebelumnya yakni mencapai 10000 rpm. Hard disk ini tak biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer home ataupun rumahankarena hard disk ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer server. Interface hard disk SCSI mempergunakan I/O card yng menghubungkan antara hard disk yang dengannya mainboard.


Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan fungsi Hardisk komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan fungsi Hardisk komputer