Jenis - Jenis dan Macam - Macam Kabel Jaringan Komputer

- 5/11/2017 09:24:00 PM

Jenis - Jenis dan Macam - Macam Kabel Jaringan Komputer

 
Feriantano S Networking Senin, 16 Desember 2013 15.35 Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat suatu jaringan di perlukan kabel yng berfungsi menjdai penghubung. Kabel yng dipakai dirancang khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa berfungsi yang dengannya baik. Ada 4 jenis kabel yng dipakai dalam merancang sebuah jaringan komputer. Kabel yang telah di sebutkan antara lain kabel Coaxial, kabel Unshielded Twisted Pair (UTP), kabel Shielded Twisted Pair (STP) serta kabel Serat Optik (Fiber Optik).

Yang akan di sajikan kali ini jenis - jenis serta jenis - jenis kabel jaringan computer


1. Kabel Coaxial


Jenis - Jenis dan Macam - Macam Kabel Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Kabel Coaxial terdiri atas dua kabel yng diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi pertama merupakan yng paling dekat yang dengannya kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama ini dilindungi oleh serabut konduktor yng menutup bagian atasnya yng menjaga dari pengaruh elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk transfer data merupakan bagian tengahnya yng selanjutnya ditutup ataupun dilindungi yang dengannya plastik menjdai pelindung akhir bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari dari ukiran kabel. Beberapa jenis kabel coaxial lebih besar dari pada yng lain. Semakin besar kabel, semakin besar kapasitas datanya, lebih jauh jarak jangkauannya serta tak begitu sensitif terhadap interferensi listrik.
Karakteristik kabel coaxial
  1. Kecepatan serta keluaran 10 - 100 MBps
  2. Biaya Rata-rata per node murah
  3. Media serta ukuran konektor medium
  4. Panjang kabel maksimal yng di izinkan yakni 500 meter (medium)

Jaringan yng mempergunakan kabel coaxial adalah jaringan yang dengannya biaya rendah, akan tetapi jangkauannya Amat dibatasi serta keandalannya pula Amat dibatasi. Kabel coaxial pada biasanya dipakai pada topologi bus serta ring.

2. Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)


Jenis - Jenis dan Macam - Macam Kabel Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) adalah sepasang kabel yng di-twist/dililit satu percis lain yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi interferensi listrik yng bisa terdiri dari dua, empat ataupun lebih pasangan kabel (biasanya yng dipakai dalam jaringan komputer terdiri dari 4 pasang kabel / 8kabel). UTP bisa memiliki transfer rate 10 Mbps hingga yang dengannya100 Mbps akan tetapi memiliki jarak yng pendek yakni maximum 100m.
Terdapat 5 kategori kabel UTP :
1. Category (CAT) 1
Dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk telekomunikasi telepon serta tak sesuai bagi atau bisa juga dikatakan untuk transmisi data.
2. Category (CAT) 2
Jenis UTP ini bisa melakukan transmisi data hingga kecepatan 4 Mbps.
3. Category (CAT) 3
Dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakomodasikan transmisi yang dengannya kecepatan hingga yang dengannya 10 Mbps.
4. Category (CAT) 4
Dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakomodasikan transmisi yang dengannya kecepatan hingga yang dengannya 16 Mbps.
5. Category (CAT) 5
Adalah jenis yng paling popular dipakai dalam jaringan komputer di dunia pada era ini. Dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakomodasikan transmisi yang dengannya kecepatan hingga yang dengannya 100 Mbps.

3. Kabel Shielded Twisted Pair (STP)


Jenis - Jenis dan Macam - Macam Kabel Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Secara fisik kabel shielded percis yang dengannya unshielded akan tetapi perbedaannya Amat besar dimulai dari kontruksi kabel shielded memiliki selubung tembaga ataupun alumunium foil yng khusus dirancang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengurangi gangguan elektrik. Kekurangan kabel STP lain-lainnya merupakan tak samanya standar antar perusahaan yng memproduksi serta lebih tidak murah serta lebih tebal menjadikan lebih sulit dalam penanganan fisiknya.

4. Kabel Serat Optik (Fiber Optik)


Jenis - Jenis dan Macam - Macam Kabel Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Jenis kabel fiber optic adalah kabel jaringan yng jarang dipakai pada instalasi jaringan tingkat menengah ke atas. Pada biasanya, kabel jenis ini dipakai pada instalasi jaringan yng besar serta pada perusahaan multinasional dan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk antar lantai ataupun antar gedung. Kabel fiber optic adalah media networking medium yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk transmisi-transmisi modulasi. Fiber Optic harganya lebih tidak murah di bandingkan media lain.
Fiber Optic memiliki dua mode transmisi, yakni single mode serta multi mode. Single mode mempergunakan sinar laser menjdai media transmisi data menjadikan memiliki jangkauan yng lebih jauh. Sedangkan multimode mempergunakan LED menjdai media transmisi.
Karakteristik kabel fiber optik
  1. Beroperasi pada kecepatan tinggi (gigabit per detik)
  2. Bisa atau mampu membawa paket-paket yang dengannya kapasitas besar
  3. Biaya rata-rata pernode cukup tidak murah
  4. Media serta ukuran konektor kecil
  5. Kebal terhadap interferensi elektromagnetik
  6. Jarak transmisi yng lebih jauh ( 2 - 60 kilometer)

Teknologi fiber optic ataupun serat cahaya memungkinkan menjangkau jarak yng besar serta menyediakan perlindungan total terhadap gangguan elektrik. Kecepatan transfer data bisa mencapai 1000 mbps dan jarak dalam satu segment bisa labih dari 3.5 km. kabel serat cahaya tak terganggu oleh lingkungan cuaca serta panas. Jenis - Jenis dan Macam - Macam Kabel Jaringan Komputer Title: Jenis - Jenis serta Jenis - Jenis Kabel Jaringan Komputer Date: 2013-12-16T15:35:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Jenis - Jenis dan Macam - Macam Kabel Jaringan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis - Jenis dan Macam - Macam Kabel Jaringan Komputer