Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer

- 9/08/2017 05:35:00 PM

Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer

 
Feriantano S Networking Rabu, 18 Desember 2013 13.09 Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Jenis - Jenis serta Jenis - Jenis Jaringan Komputer secara umum kita kenal ada 5 jenis, yakni LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), Internet, serta Wireless (jaringan tanpa kabel). Sebetulnya, konsep dari Jenis Jaringan Komputer percis, yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan banyak sekali perangkat jaringan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa berkomunikasi serta membagikan sumber daya. Cuma yng membedakan merupakan dari letak geologis-nya (mencakup wilayah serta area jaringan) serta teknologi yng dipakai (semisal penggunaan jenis kabel yng berbeda, IP Addressing sesuai kelas-nya, serta system keamanan (security) yng berbeda).

1. LAN (Local Area Network)


Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Local Area Network (LAN) adalah jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung ataupun kampus yng berukuran hingga beberapa kilometer. LAN seringkali dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi serta workstation dalam kantor perusahaan ataupun pabrik-pabrik bagi atau bisa juga dikatakan untuk memakai bersama resource (misalnya, printer, scanner) serta saling bertukar berita.
LAN memiliki ukuran yng dibatasi, yng berguna bahwasanya waktu transmisi pada keadaan terburuknya dibatasi serta bisa diketahui sebelumnya. Yang dengannya mengetahui keterbatasnnya, memicu adanya mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempergunakan jenis desain tertentu. Hal ini pula membuat mudah manajemen jaringan.
LAN mempergunakan teknologih transmisi kabel tunggal. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 hingga 100 Mbps (mega bit/detik) yang dengannya delay rendah (puluhan mikro second) serta memiliki faktor kesalahan yng kecil. LAN-LAN modern bisa beroperasi pada kecepatan yng lebih tinggi, hingga ratusan megabit/detik.
Keuntungan
Keuntungan dari jenis jaringan LAN semisal lebih irit dalam pengeluaran biaya operasional, lebih irit dalam penggunaan kabel, transfer data antar node serta komputer labih cepat lantaran mencakup wilayah yng sempit ataupun lokal, serta tak memerlukan operator telekomunikasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat sebuah jaringan LAN.
Kerugian
Kerugian dari jenis jaringan LAN merupakan cakupan wilayah jaringan lebih sempit menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkomunikasi ke luar jaringan menjadi lebih susah serta area cakupan transfer data tak begitu luas.

2. MAN (Metropolitan Area Network)


Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Metropolitan Area Network (MAN) adalah jenis jaringan yng lebih luas serta lebih canggih dari LAN. Disebut Metropolitan Area Network lantaran jenis jaringan MAN ini biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lain-lainnya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa membuat suatu jaringan MAN, umumnya diharapkan adanya operator telekomunikasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan antar jaringan komputer. Misalnya semisal jaringan Depdiknas antar kota ataupun wilayah serta pula jaringan mall-mall moderen yng saling berhubungan antar kota.
Keuntungan
Keuntungan dari jenis jaringan MAN ini diantaranya merupakan cakupan wilayah jaringan lebih luas menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkomunikasi menjadi lebih efisien, mempermudah dalam hal berbisnis, serta pula keamanan dalam jaringan menjadi lebih baik.
Kerugian
Kerugian dari jenis jaringan MAN semisal lebih tidak sedikit mempergunakan biaya operasional, bisa menjadi target operasi oleh para Cracker bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil keuntungan pribadi, serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaiki jaringan MAN diharapkan waktu yng cukup lama.

3. WAN (Wide Area Network)


Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Wide Area Network (WAN) adalah jenis jaringan yng lebih luas serta lebih canggih daripada LAN serta MAN. Teknologi jaringan WAN biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan suatu jaringan yang dengannya negara lain ataupun dari satu benua ke benua yng lain-lainnya. Jaringan WAN mampu terdiri dari banyak sekali LAN serta WAN lantaran luasnya wilayah cakupan dari WAN. Jaringan WAN, umumnya mempergunakan kabel fiber optic dan menanamkannya di dalam tanah ataupun melewati jalur bawah laut.
Keuntungan
Keuntungan dari jenis jaringan WAN semisal cakupan wilayah jaringannya lebih luas dari LAN serta MAN, tukar-menukar berita menjadi lebih sesuatu yang di sembunyikan serta terarah lantaran bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkomunikasi dari suatu negara yang dengannya negara yng lain-lainnya memerlukan keamanan yng lebih, serta pula lebih gampang dalam mengembangkan dan mempermudah dalam hal usaha.
Kerugian
Kerugian dari jenis jaringan WAN semisal biaya operasional yng dibutuhkan menjadi lebih tidak sedikit, Amat rentan terhadap bahaya pencurian data-data penting, perawatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk jaringan WAN menjadi lebih berat.

4. Internet


Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Internet adalah jaringan komputer yng global ataupun terkenal diseluruh dunia. Lantaran Internet adalah jaringan-jaringan komputer yng terhubung secara terkenal diseluruh dunia, menjadikan komunikasi serta transfer data ataupun file menjadi lebih gampang. Internet mampu dikatakan perpaduan antara banyak sekali jenis jaringan komputer beserta Topologi serta Tipe Jaringan yng saling berhubungan satu percis lain.
Keuntungan
Keuntungan dari jenis jaringan Internet diantaranya merupakan komunikasi serta membagikan sumber daya dari satu jaringan ke jaringan yng lain menjadi lebih gampang, penyebaran ilmu pengetahuan menjadi lebih pesat, penyampaian berita menjadi lebih cepat serta gampang, serta menjadi ladang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan penghasilan
Kerugian
Kerugian dari jenis jaringan Internet diantaranya merupakan kejahatan dunia maya ataupun cyber criminal menjadi luas, pornografi menjadi makin luas, transaksi barang-barang ilegal semisal narkoba menjadi marak, serta pula bisa memicu fitnah lantaran penyampaian berita yng salah.

5. Wireless (Jaringan Tanpa Kabel)


Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Wireless adalah jenis jaringan yng mempergunakan media transmisi data tanpa mempergunakan kabel. Media yng dipakai semisal gelombang radio, inframerah, bluetooth, serta microwave. Wireless mampu digunakan kedalam jaringan LAN, MAN, ataupun WAN. Wireless ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk kebutuhan mobilitas yng tinggi.
Keuntungan
Keuntungan jenis jaringan Wireless semisal kenyamanan bagi atau bisa juga dikatakan untuk terhubung ke jaringan tanpa terbatas oleh kabel, lebih ke arah pemakain yng memerlukan mobilitas yng tinggi, serta tak terlalu memerlukan kabel jaringan.
Kerugian
Kerugian jenis jaringan Wireless semisal transmisi data kepada para pemakain yng lebih lambat dari penggunaan jaringan yang dengannya kabel, memerlukan keamanan yng ketat lantaran orang yng berada di luar jaringan mampu menerobos ke dalam jaringan Wireless. Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer Title: Jenis - Jenis serta Jenis - Jenis Jaringan Komputer Date: 2013-12-18T13:09:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis - Jenis dan Macam - Macam Jaringan Komputer