Jenis-jenis Buku Digital / Ebook

- 4/08/2017 11:57:00 PM

Jenis-jenis Buku Digital / Ebook

 
Apa Itu Buku Digital / Ebook?
Buku digital ataupun biasa disebut yang dengannya e-book adalah sebuah bentuk publikasi yng berupa teks, gambar, video, ataupun bunyi serta diterbitkan dalam bentuk digital ataupun softcopy yng bisa dibaca di komputer ataupun perangkat elektronik lain-lainnya.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi Buku Digital / Ebook
Buku digital memanglah menjadi primadona dalam penyampaian berita era ini. Buku digital akan membuat mudah penulis serta pembaca bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan serta mendapatkan berita. Penulis pula tak butuh mengeluarkan tidak sedikit uang bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa membagikan berita.

Berikut beberapa format dari buku digital yng paling tidak sedikit dijumpai:
1. AZW - Sebuah format proprietary Amazon. Buku digital jenis ini umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk perangkat dari amazon. Hal ini menyerupai format MOBI kadang-kadang yang dengannya serta kadang-kadang tanpa menyertakan Digital Rights Management (DRM). DRM pada format ini dikhususkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Kindle Amazon.
2. EPUB - Format terbuka didefinisikan oleh Forum Open digital book dari International Digital Publishing Forum (). Hal ini mengacu kepada standar XHTML serta XML. Ini merupakan standar yng sedang berkembang. Spesifikasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk EPUB bisa didapati di situs web IDPF. Adobe, Barnes & Noble serta Apple seluruh mempunyai DRM orang-orang sendiri bagi atau bisa juga dikatakan untuk format ini yng tak kompatibel antara satu yang dengannya yng lain-lainnya. Era ini telah ada versi baru dari format ini disebut ePub 3 namun belum dipakai secara luas.
3. KF8 - Format Kindle Fire dari Amazon. Hal ini dasarnya memang ePub disusun dalam pembungkus PDB yang dengannya Amazon DRM. Format ini diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai bagi pembaca digital book dari Amazon lain-lainnya.
4. MOBI – Format MobiPocket, ditampilkan mempergunakan perangkat lunak membaca sendiri MobiPocket yng tersedia pada hampir seluruh PDA serta Smartphone. Software Mobipocket pada PC Windows bisa mengkonversi Chm, doc,Html,OCF, Pdf, Rtf, serta Txt file ke format ini. Kindle menampilkan format ini, pula.
5. PDB - Palm File Database. Bisa menyertakan beberapa format digital book yng berbeda yng ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk perangkat berbasiskan system operasi Palm. Pada biasanya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk buku digital berformat PalmDOC (AportisDoc) serta format eReader pula serta tidak sedikit lain-lainnya.
Baca Pula: Pengertian Website serta Sejarah Website
6. PDF - Portable Document Format yng diciptakan oleh Adobe bagi atau bisa juga dikatakan untuk produk Acrobat orang-orang. Ini secara tak langsung adalah format yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertukaran dokumen. Dukungan perangkat lunak bagi atau bisa juga dikatakan untuk format ini hampir mencakupi seluruh platform komputer serta perangkat genggam. Beberapa perangkat mempunyai masalah yang dengannya PDF lantaran kebanykan konten yng tersedia akan ditampilkan baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk format A4 ataupun surat, yng keduanya tak gampang dibaca disaat diperkecil sesuai layar kecil. Beberapa App pembaca buku digital bisa menyusun ulang tampilannya beberapa dokumen PDF, salah satunya Sony PRS505, bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakomodasi layar kecil. Beberapa App pembaca buku digital, salah satunya Iliad IREX, mempunyai fitur pan-dan-zoom yng membantu gampang dibaca.
7. PRC - Palm Resource File. Suka menyertakan e-book Mobipocket namun kadang-kadang menyertakan eReader ataupun e-book AportisDoc.
8. TPZ - Topaz file extension yng dipakai pada Amazon Kindle. Topaz merupakan pengatur layout yng bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur pada halaman, bersama yang dengannya versi teks OCR. Format proprietary dari Amazon, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat buku-buku tua yang dengannya cepat, lantaran proses konversi dasarnya memang otomatis dari scan halaman dari sebuah buku, namun yang dengannya kelebihan yakni penyusunan teks (reflows) yng Amat baik.
9. HTML - Hyper Text Markup Language merupakan tulang punggung dari World Wide Web. Tidak sedikit teks yng didistribusikan dalam format ini. Selain itu, beberapa pembaca e-book mendukung Cascading Style Sheets (CSS) yng dasarnya memang gaya utama tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk halaman HTML.
Baca Pula: Pengertian HTML (Hypertext Markup Language)
10. CHM - Compressed HTML, Suka dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk file bantuan Windows. Hal ini sudah menjadi Amat ternama bagi atau bisa juga dikatakan untuk distribusi teks serta bahan pendukung lain-lainnya melalui Web.
11. XHTML - versi khusus dari HTML dirancang agar sesuai yang dengannya peraturan konstruksi XML. Ini merupakan format standar bagi atau bisa juga dikatakan untuk data epub.
12. XML - tujuan umum markup language bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertukaran data. Dalam konteks digital book biasanya dibatasi pada XHTML serta RSS feed walaupun beberapa format lain yng sudah ditetapkan.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Jenis-jenis Buku Digital / Ebook

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Jenis-jenis Buku Digital / Ebook