Sejarah dan Perkembangan Komputer

- 4/03/2017 07:18:00 PM

Sejarah dan Perkembangan Komputer

 
Feriantano S Education Senin, 03 Februari 2014 05.07 Sejarah dan Perkembangan Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Sejarah Komputer mekanik diawali oleh penemuan Blaise Pascal (1623-1662.), Pada tahun 1642, yng pada waktu itu Blaise Pascal baru saja memasuki remaja diusia 18 tahun, yng ia sebut menjdai kalkulator roda numerik (numerical wheelcalculator) bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu ayahnya dalam melakukan penghitungan pajak.
Kotak kuningan ini yng disebut Pascaline, mempergunakan roda putar bergerigi sebanyk delapan buah, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjumlahkan bilangan sampai-sampai delapan digit. Alat ini adalah alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahannya andai perhitungan telah melebihi 10 digit angka. Dalam Tokoh-Tokoh Sejarah Perkembangan Komputer menyebut Blaise Pascal merupakan orang yng berjasa lantaran menemukan ide pertama bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer digital.
Pada Tahun 1694, seorang saintis matematika serta filosof Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) menyempurnakan Pascaline yang dengannya membuat mesin yng bisa atau mampu melakukan operasi perkalian. Percis semisal pendahulunya, alat ini tetap bekerja mempergunakan roda-roda gerigi. Yang dengannya mengkaji maha karya Pascal, Leibniz bisa atau mampu menyempurnakan alatnya.
Dalam Catatan Sejarah Komputer pula menyebut nama Charles Xavier Thomas de Colmar di tahun 1820, menciptakan mesin yng mempunyai kemampuan melakukan pengoperasian empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yng lebih praktis dalam kalkulasi lantaran alat yang telah di sebutkan bisa melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian. Bersama-sama yang dengannya Pascal serta Leibniz, Colmar membantu mengukir yang dengannya tinta emas pada Sejarah perkembangan komputer yang dengannya membangun era komputasi mekanikal.
Di tahun 1812, Charles Babbage (1791-1871) seorang profesor matematika berkewarga negaraan Inggris, sudah mengakeslarasi kemajuan Komputer dari abad ke 16 seakan-akan jalan di tempat. Ia memajukan piranti ini pada bagian hardware yang dengannya menemukan sebuah difference engine yng memungkinkan perhitungan tabel matematika. Pendapat dari catatan Sejarah Komputer, Babbage menemukan ide mengenai analytical engine pada tahun 1834, disaat bermaksud mengembangkan difference engine-nya, Orang-orang yng pesimis menyebut penemuannya yang dengannya nama Babbage’s Folly (kebodohan Babbage).
Babbage bekerja yang dengannya mesin penganalisanya sampai-sampai meninggal. Charles Babbage, memperhatikan keserasian alam antara mesin mekanik serta matematika yakni mesin mekanik Amat cocok dalam melakukkan tugas yng percis serta berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika memerlukan repetisi simpel dari suatu langkah-langkah tertentu, mesin yang telah di sebutkan dinamakan Mesin Differensial yang dengannya memakai daya tenaga uap, mesin yang telah di sebutkan bisa menyimpan program serta bisa melakukan kalkulasi dan mencetak hasil nya secara otomatis. Penemuan Babbage serta Pemikiran-pemikirannya yng terperinci (hasil penelitiannya) menggambarkan karakteristik Komputer elektronik modern. Penemuan Babbage ini merupan tonggak sejarah komputer modern.
Sesudah bekerja yang dengannya Mesin Differensial selama satu dekade, lantas Babbage terinspirasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat komputer general-purpose yng pertama, yng disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, dalam pembuatan mesin ini Augusta Ada King (1815-1842) mepunyai peran penting lantaran telan membantu merevisi rencana serta mencari pendanaan dari pemerintah Kerajaan Inggris, serta mengkomunikasikan spesifikasi Analytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yng baik perihal mesin ini memungkinkannya membuat instruksi bagi atau bisa juga dikatakan untuk di input ke dalam mesin serta pula membuatnya menjadi programmer perempuan pertama. pada tahun 1980, DoD ataupun Departemen Pertahanan, Pentagon USA menamakan sebuah bahasa pemrograman yang dengannya nama ADA menjdai penghormatan pada Babbage.
Mesin uap Babbage tak pernah rampung dikerjakan, kelihatan Amat simpel andai dibandingkan yang dengannya standarisasi mesin saat ini ini. Walaupun demikian, alat yang telah di sebutkan menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern serta pula mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, Basic desain dari Analytical Engine mempergunakan Punched Card (berlubang-lubang) yng memuat instruksi operasi bagi mesin itu.
Penggunaan alat prosessing Data Otomatis oleh The U.S. Bureau of Cencus tak merampungkan sensus dari tahun 1880 hingga di tahun 1888. Pemimpin Bureau lalu menghentikan hal itu sebelum mencapai 10 tahunan. Komisi The U.S. Bureau, Herman Hollerith seorang pakar statistik mempergunakan serta memanfaatkan kepiawaiannya dalam mempergunakan punched-card bagi atau bisa juga dikatakan untuk sensus di tahun 1890. Yang dengannya pemrosesan punched-card serta mesin Hollerith (Hollerith’s punched-card machine), sensus bisa dirampungkan dalam waktu 2,5 tahun. pada era itulah dimulainya pemrosesan data secara otomatis yng di torehkan dalam sejarah perkembangan komputer.
Dari awal Sejarah Komputer semisal disebut di awal tulisan atau artikel diatas, yang dengannya ditemukannyanya abakus menjdai alat hitung biasa, hingga memasuki Komputer generasi pertama menjdai tonggak sejarah komputer modern dari 6 dekade yng lalu. Perkembangan komputer sampai-sampai era ini telah memasuki komputer generasi kelima.

Sejarah Komputer dari Generasi ke Generasi


1. Sejarah Komputer Generasi Pertama (1940-1959)
Komputer pada generasi pertama lumayan besar segi ukurannya, Kerangka Utama (Mainframe) saja, hampir percis ukurannya yang dengannya sebuah kamar tamu. komputer mempergunakan Tube vakum bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproses serta menyimpan berita. Tabung vakum berukuran semisal permen lampu kecil yng cepat panas serta gampang terbakar, penggunaan daya listrikpun Amat besar. Jumlah tabung vakum yng diharapkan Amat tidak sedikit agar komputer tetap dalam keadaan stabil.
Pada tahun 1946, computer electronik sepenuhnya desain dari Dr. John Mauchly serta Prosper Eckert yng mewujudkan ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator). ENIAC mempunyai ukuran 140 meter persegi, yang dengannya ukuran berat 30 ton, menghabiskan daya listrik 130 kilowatt serta 1800 tabung vakum, 70.000 resistor, serta 5 juta titik solder, memory tersimpan diluar yang dengannya mempergunakan serta memanfaatkan switch & kabel.
Dr. John Mauchly serta Prosper Eckert sekali lagi menciptakan EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yng mengurangi penggunaan tabung vakum serta lebih efisien dari ENIAC serta mempergunakan Konsep EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) yng mempergunakan raksa serta tabung vakum bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan memori yng sudah dibuat. UNIVAC1 (Universal Otomatis Calculator) ciptaan Dr. John Mauchly serta Prosper Eckert, pertama diluncurkan tahun 1951 merupakan komputer pertama yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memproses data usaha.
2. Sejarah Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
Ditemukannya Transistor transistor Amat berpengaruh terhadap perkembangan komputer. Tube vakum terganti oleh transistor pada radio, televisi serta komputer. hal ini memicu ukuran mesin-mesin elektrik diperkecil, lantaran penggunaan tabung sudah digantikan oleh transistor serta dioda.
Vakum walaupun sifatnya Amat gampang terbakar. Tatacara baru bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan memori yakni inti Magnetik diperkenalkan. Alat ini mempergunakan kawat halus yng dililit. Kemampuan pengelolaan lebih besar. Serta mulai mempergunakan bahasa pemrograman level tinggi yakni yang dengannya FOTRAN (1954) serta COBOL (1959) bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggantikan bahasa mesin.
Minikomputer diperoleh yng hemat energi serta harganya pun lebih murah serta lebih kecil dibandingkan yang dengannya komputer terdahulu. Mesin pertama yng mempergunakan serta memanfaatkan teknologi baru ini merupakan super komputer yng bernama LARC dibuat Sprery-Rand serta kompputer yng bernama Stretch diciptakan oleh IBM. Komputer- komputer ini, yng dikembangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk lab. energi atom, adan bisa menangani sebagian besar data, sebuah kemampuan yng Amat dibutuhkan oleh peneliti atom.
3. Sejarah Komputer Generasi Ketiga (1964-1980)
Pada Generasi ini dimulai sejak IBM (Internatinal Business Machine) memperkenalkan System/360 yakni Kerangka Utama yng memiliki kandungan alat-alat yng lengkap bagi atau bisa juga dikatakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pemrograman pada waktu yang telah di sebutkan. System/360 Program yng tersimpan di dalam komputer serta bahasa pemrograman yng ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini menaikan kinerja yang dengannya harga yng pantas bagi penggunaan usaha. Yang dengannya konsep ini, komputer bisa mencetak faktur pembelian konsumen serta lantas menjalankan desain produk ataupun menghitung daftar gaji.
Aneka macam bahasa pemrograman mulai muncul pada era itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) serta Formula Translator (FORTRAN) mulai umum dipakai. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yng rumit yang dengannya kata-kata, kalimat, serta formula matematika yng lebih gampang dimengerti oleh kita-kita. Hal ini membuat mudah seseorang bagi atau bisa juga dikatakan untuk memprogram serta mengatur komputer. Macam-macam karier baru bermunculan (programmer, analis system, serta ahli system komputer). Industri piranti lunak pula mulai bermunculan serta berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
4. Sejarah Komputer Generasi Keempat (1980-sekarang)
Pada Generasi ke-4 disaat Penelitian dari microelektronik sudah berhasil menghasilkan Sirkuit Terpadu ataupun Chip dimana ribuan transistor disatukan didalam kepingan segi empat silikon melalui proses Large Scale Integration. Transistor mulai digantikan oleh Chip menjdai bahan logika komputer. MicroKomputer adalah yng terkecil di dalam Family digital komputer digital mulai diproduksi semisal Apple II, IBM PC, NEC PC serta Sinclair.
System Operasi komputer mulai berkembang serta Program bahasa komputer BASIC, Pascal, PL / 1 C serta Logo mulai diperkenalkan. Kebanykan komputer dibuat tersedia yang dengannya bahasa secara “binary” di dalam ROM bagi atau bisa juga dikatakan untuk bahasa BASIC. Bahasa ini adalah bahasa yng paling ternama dipakai pada Microkomputer. software tambahan pula diperkenalkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membantu solusi masalah. Pada Generasi keempat ini, Laptop, Notebook, Handheld serta Palmtop, PC tablet diperkenalkan. lantaran lebih kecil dari Microkomputer dan gampang dibawa ke mana-mana.
System Jaringan komputer serta jaringan Internet yng luas mempergunakan protokol TCP /IP pula diperkenalkan menjdai jaringan kemitraan berita secara global. Processor AMD, processor Intel Pentium, Celeron, Pentium II, Pentium 111 serta Pentium 4, Dual Core, core2Duo, Core2Quad Pentium D, Intel atom, Processor Core i3, core i5 Core i7 mewarnai sejarah perkembangan komputer supra modern era ini.
5. Generasi Kelima
Era ini para pakar komputer merancang serta mikirin bagaimana membuat komputer yang dengannya komponen utama, yaitu AI (Artificial Intelligence) ataupun kepandaian buatan, menjadikan bisa menentukan sikap sendiri andai akan mendapatkan data, dan hendak diapakan data itu merupakan atas inisiatif sendiri serta terus berkembang sampai-sampai era ini. Sejarah dan Perkembangan Komputer Title: Sejarah serta Perkembangan Komputer Date: 2014-02-03T05:07:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Sejarah dan Perkembangan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sejarah dan Perkembangan Komputer