Macam - Macam dan Fungsi Port Jaringan Komputer

- 4/03/2017 02:41:00 PM

Macam - Macam dan Fungsi Port Jaringan Komputer

 
Feriantano S Education Kamis, 02 Januari 2014 09.00 Sesudah sebelumnya saya pernah membahas wacana pengertian, jenis serta fungsi port dalam jaringan komputer. Maka bagi atau bisa juga dikatakan untuk di artikel ini saya akan membahas wacana macam-macam serta fngsi port jaringan komputer. Dalam protokol jaringan TCP/IP, sebuah port merupakan mekanisme yng mengizinkan sebuah komputer bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung beberapa sesi koneksi yang dengannya komputer lain-lainnya serta program di dalam jaringan. Setiap port mempunyai sebuah fungsi khusus, untuk itu setiap port mempunyai fungsi masing-masing di setiap portnya.
Macam - Macam dan Fungsi Port Jaringan Komputer - TutorialCaraKomputer.com

Jenis - Jenis serta Fungsi Port Jaringan Komputer


PortFungsi
1-19Aneka macam protokol, Sebagian tidak sedikit port ini tak begitu di perlukan akan tetapi tak bisa diganggu. Misalnya layanan echo(port 7) yng tak boleh dikacaukan yang dengannya program ping umum.
20FTP-DATA. “Active” koneksi FTP mempergunakan dua port: 21 merupakan port kontrol, serta 20 merupakan tempat data yng masuk. FTP pasif tak mempergunakan port 20 percis sekali.
21Port server FTP yng dipakai oleh File Transfer Protocol. Disaat seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara bawahan akan melakukan koneksi melalui port 21.
22SSH (Secure Shell), Port ini ini merupakan port standar bagi atau bisa juga dikatakan untuk SSH, umumnya diubah oleh pengelola server bagi atau bisa juga dikatakan untuk alasan keamanan.
23Telnet server. Andai kamu menjalankan server telnet maka port ini dipakai client telnet bagi atau bisa juga dikatakan untuk hubungan yang dengannya server telnet.
25SMTP, Simple Mail Transfer Protocol, ataupun port server mail, adalah port standar yng dipakai dalam komunikasi pengiriman email antara sesama SMTP Server.
37Layanan Waktu, port built-in bagi atau bisa juga dikatakan untuk layanan waktu.
53DNS, ataupun Domain Name Server port. Name Server mempergunakan port ini, serta menjawab pertanyaan yng terkait yang dengannya penerjamahan nama domain ke IP Address.
67 BOOTP, ataupun DHCP port (server). Kebutuhan akan Dynamic Addressing di lakukan melalui port ini.
68 BOOTP, ataupun DHCP port yng dipakai oleh client.
69TFTP, ataupun Trivial File Transfer Protocol.
79Port Finger, dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan berita wacana system, serta login pemakain.
80WWW ataupun HTTP port server web. Port yng paling umum dipakai di Internet.
81Port Web Server Pengganti, disaat port 80 diblok maka port 81 bisa dipakai menjdai port altenatif bagi atau bisa juga dikatakan untuk melayani HTTP.
98Port Administrasi akses web Linuxconf port.
110POP3 Port, atau juga Post Office Protocol, port server pop mail. Andaikan kamu mengambil email yng tersimpan di server bisa mempergunakan teknologi POP3 yng berjalan di port ini.
111SUNRPC (Sun Remote Procedure Call) ataupun portmapper port. Dipakai oleh NFS (Network File System), NIS (Network Information Service), serta banyak sekali layanan terkait.
113Identd ataupun auth port server. Kadang-kadang diharapkan, oleh beberapa layanan bentuk lama (semisal SMTP serta IRC) bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan validasi koneksi.
119NNTP ataupun Port yng dipakai oleh News Server, telah Amat jarang dipakai.
123Network Time Protocol (NTP), port yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk sinkronisasi yang dengannya server waktu di mana tingkat akurasi yng tinggi diharapkan.
137-139NetBIOS (SMB).
143IMAP, Interim Mail Access Protocol. Adalah software yng memungkinkan kita Membaca e-mail yng berada di server dari komputer di rumah / kantor kita, protokol ini tidak banyak berbeda yang dengannya POP.
161SNMP, Simple Network Management Protocol. Lebih umum dipakai di router serta switch bagi atau bisa juga dikatakan untuk memantau statistik serta tanda-tanda vital (keperluan monitoring).
177XDMCP, X Display Management Control Protocol bagi atau bisa juga dikatakan untuk sambungan remoteke sebuah X server.
389LDAP Server, LDAP Directory Access Protocol menjadi ternama bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakses Direktori, ataupun Nama, Telepon, Alamat direktori. Semisal bagi atau bisa juga dikatakan untuk LDAP: / / LDAP.Bigfoot.Com adalaha LDAP directory server.
443HTTPS, HTTP yng aman (WWW) protokol di pakai cukup lebar.
465SMTP atas SSL, protokol server email
512EXEC merupakan bagaimana menunjukan di netstat. Sebetulnya nama yng tepat merupakan rexec, bagi atau bisa juga dikatakan untuk Remote Execution.
512BIFF, protokol bagi atau bisa juga dikatakan untuk mail pemberitahuan.
513Login, sebetulnya rlogin, atau juga Remote Login. Tak ada hubungannya yang dengannya standar / bin / login yng kita genakan setiap kali kita log in.
514Shell merupakan nama panggilan, serta bagaimana netstat menunjukan hal itu. Sebetulnya, RSH merupakan software bagi atau bisa juga dikatakan untuk “Remote Shell”. Semisal seluruh “r” perintah ini melemparkan kembali ke kindler, Amat halus.
514Daemon syslog port, cuma dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk tujuan logging remote.
515lp ataupun mencetak port server.
587MSA, Mail Submission Agent. Sebuah protokol penanganan surat baru didukung oleh sebagian besar MTA’s (Mail Transfer Agent).
631CUPS (Daemon bagi atau bisa juga dikatakan untuk keperluan printing), port yng melayani pengelolaan layanan berbasis web.
635Mountd, bagian dari NFS.
901SWAT, Samba Web Administration Tool port. Port yng dipakai oleh software pengelolaan SAMBA berbasis web.
993IMAP melalui SSL.
995POP melalui SSL.
1024Ini merupakan port pertama yng adalah Unprivileged port, yng ditugaskan secara Dinamis oleh kernel bagi atau bisa juga dikatakan untuk software apa pun yng memintanya. App lain biasanya mempergunakan port unprivileged di atas port 1024.
1080Socks Proxy Server.
1433MS SQL Port server.
2049NFSd, Network File Service Daemon port.
2082Port cPanel, port ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk software pengelolaan berbasis web yng disediakan oleh cpanel.
2095Port ini di pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk software webmail cpanel.
2086Port ini di pakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk WHM, ataupun Web Host Manager cpanel.
2525SMTP Alternate Server
2525Port alternatifi aktif dari TZO bagi atau bisa juga dikatakan untuk menservice forwarding email. Port ini bukan standard port, akan tetapi bisa diguunakan andaikan port smtp di kenai blok.
3128Port server Proxy Squid.
3306Port server MySQL.
3389Remote Desktop : Port ini merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk remote desktop di WinX
5432Port server PostgreSQL.
6000X11 TCP port bagi atau bisa juga dikatakan untuk remote. Mencakup port 6000-6009 lantaran X bisa mendukung Aneka macam menampilkan serta setiap tampilan akan mempunyai port sendiri. SSH X11Forwarding akan mulai mempergunakan port pada 6.010.
6346Gnutella.
6667IRCD, Internet Relay Chat Daemon.
6699Napster.
7100-7101Beberapa Font server mempergunakan port yang telah di sebutkan.
8000-8080Common Web Cache serta port server Proxy Web.
10000Webmin, port yng dipakai oleh webmin dalam layanan pengelolaan berbasis web.
Macam - Macam dan Fungsi Port Jaringan Komputer Title: Jenis - Jenis serta Fungsi Port Jaringan Komputer Date: Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Macam - Macam dan Fungsi Port Jaringan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Macam - Macam dan Fungsi Port Jaringan Komputer