Pengertian dan Sejarah Touchpad

- 9/01/2017 05:32:00 AM

Pengertian dan Sejarah Touchpad

 
Feriantano S Education Kamis, 01 Mei 2014 09.36 Pengertian dan Sejarah Touchpad - TutorialCaraKomputer.com
Berawal dari mouse yng cuma terbuat dari kayu serta cuma memiliki satu tombol, lantas mouse berkembang lagi yakni yang dengannya menentukan koordinat kursor mempergunakan roda yng berada dibawah yang dengannya tatacara berputar, putaran yang telah di sebutkan diteruskan pada rooling pada bagian dalam mouse serta diterjemahkan dalam sebuah koordinat. (Baca : Pengertian, Jenis - Jenis serta Fungsi Mouse)

Pengertian Touchpad


Touchpad pula biasa disebut Trackpad merupakan perangkat penunjuk (pointer) yng terdiri dari permukaan khusus yng mampu menerjemahkan gerakan serta posisi jari pemakain ke posisi relatif di layar. Touchpad merupakan fitur umum dari laptop serta pula dipakai menjdai alternatif mouse komputer di space meja yng kecil.
Touchpad memiliki ukuran yng bervariasi akan tetapi jarang dibuat lebih dari 40 cm² (6,3 x 6,3 cm ataupun sekitar 6 inci²). Touchpad pula bisa didapati pada Personal Digital Assistant (PDA) serta beberapa media player portabel, semisal iPod mempergunakan click wheel.
Tujuan diciptakannya touchpad merupakan menyimpelkan pemakaian mouse, yng dulunya pemakaian mouse memerlukan tempatyang cukup luas, dan diharapkan alas yng rata. Yang dengannya adanya touchpad, user masih bisa mempergunakan komputer (notebook/netbook) dimana saja meskipun di tempat yng sempit juga.
Semisal halnya yang dengannya mouse yng memiliki tombol kiri serta kanan, toucpad pun punya tombol kiri serta kanan pada bagian bawahnya, akan tetapi doubel klik mampu di lakukan pada landasan touchpad yang dengannya tatacara mengetuknya dua kali. Mouse yng tidak sedikit beredar dipasaran pastinya terdapat sebuah scroll yakni sebuah roda yng berfungsi menggulung halaman dilayar, ditouchpad pun ada fasilitas scroll akan tetapi tak seluruh touchpad, bergantung pada pabrik pembuat.
Teknologi yng diterapkan didalam touchpad yakni kapasitif sensor terhadap sentuhan jari, menjadikan andai kita mempergunakan selain jari bisa dipastikan kursor tak bergerak sesuai yang dengannya keinginan, misalnya mempergunakan pensil, bolpoint, serta meskipun mempergunakan sarung tangan.

Sejarah Touchpad


Sejarah touchpad tak terlepas dari kemunculan ide komputer portable yng dicetuskan oleh Alan Kay di Xerox PARC pada 1970. Sejak era itu, ide ini terus dikembangkan menjadikan lantas didapati ide bagi atau bisa juga dikatakan untuk menambahkan piranti alternatif mouse ke dalam computer portable.
Tepatnya pada 1983, komputer portable yng diklaim menjdai laptop pertama dikenalkan di pasar dunia. Sejak era itu, teknologi ini terus berkembang sampai-sampai lantas touchpad mempunyai fitur bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengenali goresan pena semisal yng kita kenal saat ini ini.
Pada awal kemunculannya, touchpad ditujukan cuma menjdai alternatif mouse pada area kerja yng sempit. Teknologi ini pertama kali dipakai pada personal komputer Apollo. Disaat ide perihal komputer portable ini muncul, touchpad lantas mulai diaplikasikan pada perangkat komputer portable yng lebih dikenal yang dengannya nama laptop.
Awal mula touchpad cuma bisa atau mampu mengidentifikasi satu ataupun dua gerakan jari. Akan tetapi, pada era ini, touchpad pula bisa membaca sentuhan lima jari sekalian (multi touchpad). Teknologi ini pertama kali berkembang pada teknologi laptop buatan Apple pada tahun 1994.
Seiring yang dengannya perkembangan teknologi nirkabel, touchpad tak cuma diaplikasikan pada laptop, akan tetapi lantas merambah pada handphone, iPhone, tablet computer. Akhir-akhir ini kita pula melihat App touchpad tak cuma diletakkan pada daerah sekitar keyboard, akan tetapi langsung menyatu yang dengannya layar komputer ataupun tablet yng dipakai. Pengertian dan Sejarah Touchpad Title: Pengertian serta Sejarah Touchpad Date: 2014-05-01T09:36:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian dan Sejarah Touchpad

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Sejarah Touchpad