Konrad Zuse

- 9/29/2017 12:11:00 PM

Konrad Zuse

 
Konrad Zuse (dilafalkan [ˈkɔnʁat ˈtsuːzə]; lahir di Berlin, 22 Juni 1910 – meninggal di Hünfeld, 18 Desember 1995 pada umur 85 tahun) merupakan seorang teknisi sipil serta perintis komputer. Pencapaian terbesarnya merupakan komputer penyempurna Turing fungsional pertama yng dikendalikan oleh program Z3 pada tahun 1941 (program yang telah di sebutkan disimpan di tape kertas). Ia mendapatkan Werner-von-Siemens-Ringpada tahun 1964 bagi atau bisa juga dikatakan untuk penemuan itu.
Zuse pula merancang bahasa pemrograman tingkat tinggi pertama, Plankalkül. Plankalkül pertama kali diterbitkan pada tahun 1948. lantaran cuma teoretis, bahasa pemrograman itu tidak diimplementasikan sepanjang hidupnya serta tidak secara langsung memengaruhi bahasa pemrograman awal. Satu dari sekian banyaknya penemu ALGOL (Rutishauser) menulis: "Percobaan paling awal untuk menemukan bahasa algoritma dilakukan pada tahun 1948 oleh K. Zuse. Notasinya cukup umum, namun proposal tersebut tak pernah mencapai pertimbangan yang patut diterima."
Di samping karya teknik, Zuse mendirikan satu dari sekian banyaknya usaha komputer awal pada tahun 1946. Perusahaan ini membuat Z4, yng menjadi komputer komersial kedua yng disewa oleh ETH Zuerich pada tahun 1950. Akan tetapi, akibat Perang Dunia II, karya Zuse tidak sedikit yng tidak tercatat di Amerika Serikat serta Britania Raya; mungkin pengaruh pertamanya yng terdokumentasi di perusahaan AS merupakan pilihan IBM atas patennya pada tahun 1946. Pada akhir tahun 1960-an, Zuse mengusulkan konsep Rechnender Raum (bidang berdasar komputasi).
Terdapat replika Z3, pula Z4, di Deutsches Museum, München.
Deutsches Technikmuseum Berlin mempunyai pameran yng dipersembahkan bagi Zuse, menampilkan 12 mesinnya, salah satunya replika Z1, beberapa dokumen asli, salah satunya spesifikasi Plankalkul, serta beberapa gambar karya Zuse.
disunting oleh : Khaerudin Noer
Sumber: wikipedia


Source Article and Picture : annoerkomputer.blogspot.com

Seputar Konrad Zuse

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Konrad Zuse