Pengertian dan Fungsi NAT (Network Address Translation) pada jaringan komputer

- 2/02/2017 01:17:00 PM

Pengertian dan Fungsi NAT (Network Address Translation) pada jaringan komputer

 
Apakah yng dimaksud yang dengannya NAT (Network Address Translation) pada jaringan komputer?
NAT (Network Address Translation) merupakan merupakan sebuah proses pemetaan alamat IP dimana perangkat jaringan komputer akan memberikan alamat IP public ke perangkat jaringan local menjadikan tidak sedikit IP private yng bisa mengakses IP public.
Yang dengannya kata lain NAT akan mentranslasikan alamat IP menjadikan IP address pada jaringan local bisa mengakses IP public pada jaringan WAN. NAT mentranslasikan alamat IP private bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa mengakses alamat host diinternat yang dengannya mempergunakan alamat IP public pada jaringan yang telah di sebutkan. Tanpa hal yang telah di sebutkan(NAT) tidaka mungkin IP private pada jaringan local mampu mengakses internet.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi DNS (Domain Name System)

Apa Fungsi dari NAT (Network Address Translation) pada jaringan komputer?
NAT (Network Address Translation) pada jaringan komputer berfungsi menjdai translasi alamat IP public ke alamat IP private ataupun sebaliknya menjadikan yang dengannya adanya NAT ini setiap komputer pada jaringan LAN bisa mengakses internet yang dengannya gampang.
Kita tahu bahwasanya alamat IP Public didunia ini telah makin menipis menjadikan penggunaan dati NAT ini dirasa sangatlah efisien serta efektif lebih-lebih dalam alokasi alamat IP.
Jenis - jenis dari NAT (Network Address Translation)
Pada jaringan komputer terdapat 2 jenis NAT, diantaranya:
  • Dnat ataupun Destiantion Network Address Translation merupakan sebuah NAT yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk meneruskan paket dari IP public melalui firewall ke suatu host dalam jaringan. Dnat cuma bekerja pada tabel nat serta didalam tabel NAT berisi 3 bagian yng disebut yang dengannya CHAIN, ketiga CHAIN yang telah di sebutkan meliputi prerouting, postrouting serta output.
  • SNAT ataupun Source Network Address Translation yakni sebuah NAT yng bertugas bagi atau bisa juga dikatakan untuk merubah source address dari suatu paket data. SNAT cuma berlaku pada postrouting.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi Proxy pada Jaringan Komputer
Kelebihan serta Kelemahan NAT (Network Address Translation)
Sebuah system tentunya akan mempunyai kelebihan serta kelemahan, menjadikan yang dengannya memahami kelebihan serta kelemahan serta system yang telah di sebutkan kita mampu tahu mengapa kita Perlu mempergunakan ataupun tak mempergunakannya, Berikut merupakan kelebihan serta kelemahan mempergunakan NAT pada jaringan:
Kelebihan dari NAT (Network Address Translation)
  • Yang dengannya adanya NAT bisa mengurangi adanya duplikasi IP address pada jaringan ataupun umumnya dikenal yang dengannya conflict IP Address
  • Yang dengannya adanya NAT akan menghindari pengalamatan ulang pada era jaringan yang telah di sebutkan berganti.
  • Bisa menghemat IP Legal yng diberikan oleh ISP (Internet Service Provider)
  • Bisa menaikan fleksibelitas bagi atau bisa juga dikatakan untuk koneksi jaringan internet.
Kelemahan dari NAT (Network Address Translation)
  • NAT bisa memicu keterlambatan proses, ini penyebabnya yaitu lantaran data yng dikirim Perlu melalui perangkat NAT berlebi dahulu.
  • NAT bisa memicu beberapa perangkat lunak yng tak mampu berjalan yang dengannya normal
  • Yang dengannya adanya NAT bisa menghilang-kan kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk melacak data lantaran data yang telah di sebutkan akan melewati firewall.
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi VPN (Virtual Private Network)
Tatacara Kerja NAT (Network Address Translation) pada Jaringan Komputer
NAT memiliki fungsi yakni menjdai translasi sebuah IP address, menjadikan yang dengannya adanya NAT ini IP address private bisa yang dengannya gampang mengakses alamat IP public. Berikut merupakan tatacara kerja dari NAT:
  • Didalam IP address terdapat sebuah bagian yng mana di dalam IP yang telah di sebutkan terdapat informasi-informasi berupa alamat asal, alamat tujuan, TTL, dll. Bagian ini disebut yang dengannya header.
  • Menjdai semisal merupakan sebuah komputer client yang dengannya IP 192.168.1.2 akan mengakses ataupun melakukan request ke alamat www.google.co.id yang dengannya IP 216.239.61.104, maka proses yng akan terlaksana merupakan menjdai berikut :
  • Pada header, berita yng tersimpan antara lain alamat asal > 192.168.1.2
  • Menjadikan disaat paket sudah hingga pada router (gateway dari client), maka isi dari header akan dirubah menjadi : alamat asal > 192.168.1.1
  • Sebelum paket keluar (menuju internet), maka header yang telah di sebutkan akan kembali berganti menjadi, alamat asal > 200.100.50.2, demikian seterusnya.
  • Proses di atas adalah mekanisme dari SNAT (source NAT), dimana IP asal (komputer client) akan dirubah disesuaikan yang dengannya IP disaat paket sudah beralih. Disaat server google melakukan response / balasan, maka akan terlaksana DNAT (destination NAT), dimana IP tujuan akan berganti disesuaikan yang dengannya tujuan paket (komputer client). Prosesnya merupakan menjdai berikut :
  • Pada header, disaat paket sudah hingga pada Router, berita IP tujuan >200.100.50.20
  • Disaat paket berada pada gateway, IP tujuan >192.168.1.1
  • Di sini header akan kembali mengalami perubahan, IP tujuan > 192.168.1.2
  • Menjadikan Paket bisa dikirim serta mampu hingga pada komputer client.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan Fungsi NAT (Network Address Translation) pada jaringan komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Fungsi NAT (Network Address Translation) pada jaringan komputer