Sejarah dan Perkembangan Mac OS

- 4/21/2017 09:16:00 PM

Sejarah dan Perkembangan Mac OS

 
Feriantano S Education Sabtu, 14 Juni 2014 08.23 Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Machintosh Operating System (MAC OS) adalah system operasi komputer yng dibuat oleh Apple. Apple yng sebelumnya bernama Apple Computer, Inc. merupakan sebuah perusahaan Silicon Valley berbasis di Cupertino, California, yng bergerak dalam bidang teknologi komputer. Apple membantu bermulanya revolusi komputer pribadi pada tahun 1970-an yang dengannya produknya Apple II serta memajukannya sejak tahun 1980-an sampai-sampai saat ini yang dengannya Macintosh. (Baca : Pengertian System Operasi Macintosh/Mac OS)
Macintosh Operating System adalah OS yng pertama mengunakan system GUI (Graphical User Interface). Para pemakai komputer begitu takjub melihat Macintosh yng Amat ramah dalam melayani pemakai komputer. Pemakai tak butuh tidak sedikit menulis perintah, cukup menunjuk gambar-gambar yng ada, maka yang dengannya cepat Macintosh akan mengerjakan tugas sesuai gambar yng ditunjuk.

Sejarah MAC OS


Apple pertama didirikan pada tanggal 1 april tahun 1976 oleh steve Jobs, Steve Wozniak, serta salah seorang Insyiur Atari yng bernama Ronald Wayne. Sebelum membantu mendirikan Apple, Steve Wozniak merupakan seorang hacker elektronik. Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard serta membantu temannya Steve Jobs mendisain video permainan bagi atau bisa juga dikatakan untuk Atari. Pada era itu, Wozniak sudah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yng di-host oleh Call Computer, sebuah perusahaan timesharing. Produk pertama perusahaan Apple ini diberi nama Apple I diciptakan oleh Steve wozniak.
1. Apple I
Apple I didasarkan pada 8-bit mikro prosesor, MOS 6502 Teknologi, cuma efektif andai dijalankan di bawah 1 MHZ. 6502 merupakan percis semisal mikroprosesor yng paling tidak murah dari Motorola pada era itu. Pada era itu, CPU Intel 8080 seharga $US 179 serta Motoroal 6800 seharga $US 170. Wozniak lebih tertarik pada Motorola 6800, akan tetapi harga keduanya terlalu tidak murah . Dia pun lantas sadar, serta cuma mendesign komputer di atas kertas, menunggu hari di mana dia bisa atau mampu membeli CPU.
Disaat MOS Technology memproduksi chip 6502 pada tahun 1976 yang dengannya harga $US 20, Wozniak membuat sebuah versi BASIC bagi atau bisa juga dikatakan untuk chip yang telah di sebutkan, serta mulai mendisain sebuah komputer bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankannya. Ini dia kenapa Wozniak memilih MOS 6502.
Komputer sudah dibangun dalam terminal video, socket bagi atau bisa juga dikatakan untuk 8K bytes onboard RAM, sebuah alat penghubung Keyboard , serta sebuah kaset board yng akan bekerja bersama perekam kaset reguler. Komputer sudah mempunyai sebuah motherboard yng simpel : dimana pemakain sudah menyediakan sebuah kasus , yakni Sumber AC power (arus listrik), ASCII keyboard, serta a display device.
Apple I mampu secara langsung dihubungkan pada suatu televisi yang dengannya suatu RF modulator muncul dalam suatu gulungan pajangan yang dengannya 24 garis berbentuk masing-masing 40 karakter. Produk ini diperkenalkan kepasaran yang dengannya harga $666.66 salah satunya 4KB RAM serta tape Apple basic.
2. Apple II
Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Computer Faire pada bulan April 1977. Perbedaan utama yang dengannya Apple I merupakan tampilan TV yng didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Yang dengannya tatacara ini, monitornya tak cuma mampu menampilkan teks, akan tetapi Apple II mampu menampilkan gambar, serta pada akhirnya, warna.
Pada era yng percis, Jobs menekankan design casing serta keyboard yng lebih baik, yang dengannya pemikiran bahwasanya komputer yang telah di sebutkan Perlu lengkap serta siap langsung dinyalakan. Apple I hampir mampu semisal itu, akan tetapi pemakain masih Perlu memasang macam-macam komponen serta menulis kode bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan BASIC.
Yang dengannya dana serta design casing yng baru, Apple II dilepas pada tahun 1977 serta menjadi komputer yng umumnya diasosiasikan yang dengannya munculnya pasar PC. Jutaan unit terjual hingga tahun 1980an.yng salah satunya kedalam tipe Apple II merupakan Apple II+, IIE, IIC, IIC+, IIE Enhanced, IIE Platinum, serta yang terakhir 16-bit IIGS, diperkenalkan di tahun 1986.
3. Apple DOS
Pada bulan Juli 1978 meluncurkan system operasi Apple berbasis DOS pertama. ini disadari bahwasanya sebuah disk drive merupakan Amat mendesak bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer. Wozniak menciptakan suatu disain brilian bagi atau bisa juga dikatakan untuk sebuah floppy disk drive, serta demikianlah yng dibutuhkan DOS. Apple Dos tak diberi nama versi I akan tetapi disebut Versi 3.1 lantaran ini implementasu. Adalah suatu pernbaikan perhitungan x.y Paul Laughton. setiap kali ia meng-compile kembali source program: dimulai yang dengannya x= 0, y= 1, serta setiap kali y mencapai 9, nilai x bertambah 1.Apple DOS beta sudah diuji semisal Versi 3.
4. Apple Pascal
P-System dari Universitas California pada San Diego ( UCSD) merupakan [yang] Amat ternama pada tahun 1970′s serta awal 80′s. Dua mahasiswa UCSD , MARK Allen serta Richard Gleaves mengembangkan Suatu microprosesor 6502 interpreter pada musim panas 1978, Kemudiannya ini menjadi basis bagi atau bisa juga dikatakan untuk Apple II Pascal dilepaskan pada tahun 1979.
5. Apple CP/M
Tahun1980 Microsoft memperkenalkan suatu co-processor circuit board yang dengannya nama Softcard. itu mula-mula dinamakan Microsoft Z-80 Softcard. akan tetapi Microsoft lebih dulu menyebut kembali bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari gugatandari Zilog, pembuat Z-80. Softcard memungkinkan Apple II bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan program Z-80 berbasis pada system operasi CP/M yng memiliki sebuah software program perpustakaan, semisal dBase serta Wordstar. Selain dari Microsoft Ada kartu coprocessor lain semisal semisal Motorola 6809, kedua-duanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk Z-80.
6. Apple SOS
Apple III diperkenalkan pada tahun 1980 menjdai komputer bagi atau bisa juga dikatakan untuk para pebisnis. System operasi baru ini diberi nama SOS (“sophisticated” operating system). Setiap program SOS pula membaca system operasi ke dalam memori. Setiap DISK Software SOS terdiri dari satu kernel (SOS.kernel), satu interepter (SOS. Interept), di mana mampu menjadi App bagi dirinyasendiri, serta beberapa App yng dipakai,serta sebuah set drivers(SOS driver).
7. Apple ProDOS
ProDOS direales pertama yang dengannya versi 1.0 pada oktober 1983, menjdai alternatif bagi atau bisa juga dikatakan untuk Apple DOS 3.3. Apple ProDOS ini adalah peningkatan dari Apple SOS.
8. Machintosh
Apple Macintosh diluncurkan pada tahun 1984 yang dengannya iklan televisi berjudul 1984 yng didasarkan dari novel karya George Orwell yng pula diberi nama 1984, yang dengannya pernyataan, "On January 24, Apple Computer will introduce Macintosh. And you’ll see why 1984 won't be like 1984" maksud dari kata-kata yang telah di sebutkan merupakan Macintosh yng baru akan membebaskan komputer serta berita dari kekangan perusahaan besar serta technocrats. Apple pula membuahkan konsep pewarta Apple (Apple evangelist) yng dipelopori oleh karyawan Apple bernama Guy Kawasaki.
Sesudah kegagalan Macintosh Portable di tahun 1989, Apple berupaya memperkenalkan sebuah komputer portabel yng lebih ternama, PowerBook, di awal dekade 1990. Generasi pertama produk ini dirancang bersama Sony serta memberikan layout bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer portabel yng masih dipakai hingga era ini: engsel belakang bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung layar, keyboard yng diletakkan menjorok ke belakang serta trackball (yng lantas menjadi trackpad) diposisikan di depan keyboard yang telah di sebutkan
Di tahun 1994, Apple memperbarui produk Macintosh orang-orang yang dengannya mengenalkan seri Power Macintosh, yng mempergunakan prosesor PowerPC hasil kerjasama IBM, Motorola serta Apple. Prosesor ini mempergunakan arsitektur RISC, yng jauh berbeda yang dengannya seri Motorola 680X0 sebelumnya. System operasi milik Apple disesuaikan agar piranti lunak yng dikembangkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk prosesor yng lebih tua mampu berjalan yang dengannya seri prosesor PowerPC.
Di tahun 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X, sebuah system operasi yng didasarkan dari NeXTstep yng menggabungkan stabilitas, kehandalan serta keamanan yng dimiliki UNIX. Mac OS X server pula dirilis pada tahun 2001.

Perkembangan Mac OS


System 1
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Era pertama kali Mac OS dirilis, namanya bukanlah Mac OS. Akan tetapi seringkali cuma disebut System. Nah pada 24 Januari 1984, Apple merilis System 1.0..system operasi pertama yng adalah cikal bakal dari perkembangan Mac OS di lantas hari.
advertisements
System 1.0 ini mengadopsi konsep dari Xerox Alto, akan tetapi tidak sedikit elemen GUI nya dibuat oleh Apple sendiri, semisal menu bar, pop up menu, drag and drop dan direct manipulation. Mampu disebut bahwasanya System 1.0 ini merupakan system operasi yng mengenalkan GUI (Graphical User Interface) yng pada era itu masih belum ternama lantaran hampir seluruh komputer masih mempergunakan command line.
System 1.0 cuma mampu menjalankan 1 App saja dalam 1 waktu, yang dengannya kata lain..dia tak bisa atau mampu melakukan multitasking. Pada bulan 5 Mei 1984, Apple kembali merilis System 1.1 yang dengannya Finder 1.1
System 2
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
System 2.0 diperkenalkan Apple pada April 1985. Dilengkapi yang dengannya Finder 4.1 serta MiniFinder bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka App yang dengannya cepat. Selain itu pula diperkenalkan system pengambilan screenshot yang dengannya mempergunakan tombol Shift + Command + 3. Di System 2.0, pemakain mampu men-shutdown komputer melalui menu yng disediakan.
System 3
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Versi ini dirilis Apple pada bulan Januari 1986. System 3.0 hadir bersama yang dengannya diperkenalkannya MacPlus. Dilengkapi yang dengannya Finder 5.1, System 3.0 bisa atau mampu berjalan lebih cepat daripada versi sebelumnya. Ini dikarenakan pada System 3.0 sudah ada teknologi Disk Cache yng akan menyimpan kegiatan yng Suka di lakukan di memori. Satu bulan lantas System 3.1 dirilis. Dilanjutkan System 3.2 pada juni 1986 serta System 3.3 pada Januari 1987.
System 4
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Apple merilis System 4.0 yang dengannya Finder 5.4 pada bulan Maret 1987. Selain perbaikan bug, tak ada perubahan yng terlalu berguna di System 4.0 ini. System 4.0 ini cuma mampu dijalankan di Mac yang dengannya RAM 512k keatas.
Anehnya cuma 1 bulan saja berselang, Apple merilis lagi System 4.1 yang dengannya Finder 5.5. Lebih anehnya lagi, system 4.1 ini cuma mampu dijalanlan di Mac yang dengannya RAM 1Mb keatas.
System Software 5 (System 5)
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Disinilah kerancuan nama terlaksana. Pada bulan Oktober 1987 Apple merilis System 4.2 yang dengannya Finder 6.0. Akan tetapi orang-orang menamakannya System Software 5. Akhirnya tidak sedikit pula yng menyebut system operasi ini yang dengannya nama System 5. Di versi ini, copy paste telah mampu di lakukan yang dengannya lebih gampang yang dengannya dilengkapi progress bar serta tombol cancel.
Di System Software 5 ini juga pertama kalinya Apple memperkenalkan fitur Multitasking melalui dirilisnya MultiFinder. Satu bulan lantas yakni November 1987, Apple kembali merilis System 4.3 yang dengannya Finder 6.0 ataupun tidak sedikit yng menyebutnya menjdai System Software 5.1
System 6
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Apple merilis System 6 tepat pada bulan Juni 1988. Ini merupakan system operasi yng dibuat yang dengannya lebih stabil serta berjangka waktu lama. System 6 bisa atau mampu berjalan yang dengannya cepat serta mampu menjalankan Floppy Disk cuma yang dengannya 300-400 Kb RAM saja, menyisakan tidak sedikit RAM bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan aplikasi-aplikasi lain-lainnya.
System 7
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Tepat pada 13 Mei 1991, Apple merilis system 7 yang dengannya perubahan yng Amat signifikan. Ditambahkannya aneka macam App baru, peningkatan stabilitas, dan fitur-fitur baru. System 7 memberikan kebebasan kepada penggunanya bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka tidak sedikit App sepanjang masih ada memory yng tersisa. Di versi ini pemakain pula mampu share file di hardisk melalui network.
System 7.5
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Pada bulan Januari 1995, Apple merilis System 7.5 serta dilanjutkan yang dengannya System 7.5.3 pada bulan Mei 1996.
Mac OS 7.6
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Apple mulai mengganti nama OS nya sejak dirilisnya System 7.6 pada Januari 1997. Yup..Mac OS 7.6 merupakan System 7.6 yng diganti namanya..serta sejak era itu nama Mac OS mulai diperkenalkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk versi-versi selanjutnya.
Mac OS 8
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Pada bulan Juli 1997, Apple merilis Mac OS 8. System operasi ini laku sampai-sampai 1,25 juta copy dalam waktu 2 minggu saja serta menjadi software paling laris dalam periode yang telah di sebutkan. Mac OS 8 Amat stabil serta era itu menjadi semacam software “yang harus dimiliki” oleh seluruh komunitas pemakain Mac di tahun 1997.
Mac OS 9
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Mac OS 9 dirilis pada 23 Oktober 1999. Di versi ini Apple memperkenalkan Multi User System, dimana setiap user mampu menyimpan data serta system settings orang-orang. Mac OS 9 mempunyai implementasi serta manajemen memori yng lebih baik daripada versi-versi sebelumnya. Di versi ini dia Apple memperkenalkan Apple Software Update ntuk mengupdate OS.
Mac OS X v10 (Cheetah)
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Dirilis pada 24 Maret 2001, Mac OS Xv10 memlai era tampilan modernnya serta meninggalkan tampilan klasiknya. Dibangun didasari UNIX, benar-benar baru serta berbeda dari Mac OS 9 dan versi-versi sebelumnya. Di versi ini dia pertama kali diperkenalkan adanya Dock bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengaturan App Mac OS.
Mac OS X v10.1 (Puma)
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Pada 25 September 2001, Apple kembali merilis system operasi terbarunya yakni Mac OS X v10.1. Versi ini cukup diterima yang dengannya baik meskipun ada tidak sedikit kritik mengenai minimnya fitur serta banyaknya bugs yng mengganggu. Puma mempunyai peningkatan performa yng cukup signifikan daripada versi-versi sebelumnya.
Mac OS X v10.2 (Jaguar)
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Dirilis pada 23 Agustus 2002, jaguar Amat diterima baik oleh pemakain Mac. Yang dengannya stabilitas yng lebih tinggi, peningkatan performa serta kecepatan dan kompatibilitas yng lebih baik. Di versi ini dia pertama kalinya Apple mengikutsertakan Code Name (Jaguar) ke setiap campaign iklan yng orang-orang lakukan.
Mac OS X v10.3 (Panther)
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Mac OS X Panther dirilis pada 24 Oktober 2003. Di versi ini App TextEdit dibuat kompatibel yang dengannya dokumen Microsoft Word (.doc). Ada pula beberapa App baru yng disertakan semisal Font Book, FileVault, iChat AV serta Safari. Yup..di versi ini dia pertama kalinya browser Safari diperkenalkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggantikan Internet Explorer bagi atau bisa juga dikatakan untuk Mac.
Mac OS X v10.4 (Tiger)
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Mac OS X Tiger dirilis pada 29 April 2005 serta laku sampai-sampai 2 juta copy di enam minggu pertama perilisannya. Pada bulan Juni 2007 malah lebih dari 22 juta pemakain Mac OS, ataupun lebih dari 67% pemakain Mac OS X mempergunakan Tiger. Di versi ini dia mulai diperkenalkan beberapa App baru semisal Automator, Grapher, Dictionary, Quartz Composer, Au Lab serta Dashboard.
Mac OS X v10.5 (Leopard)
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Mac OS X Leopard dirilis 26 Oktober 2007 serta hadir dalam 2 versi, desktop serta server. Pasca dirilisnya Tiger, ada lebih dari 300 perubahan yng di lakukan Apple di Leopard ini..mulai dari peningkatan security, stabilitas sampai-sampai aneka macam fitur baru bagi atau bisa juga dikatakan untuk developer.
Mac OS X v10.6 (Snow Leopard)
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Dirilis pada 8 Juni 2009, Snow Leopard hadir yang dengannya harga yng Amat murah dibanding versi-versi lain-lainnya, yakni cuma $29 saja. Snow Leopard mengalami ramai sekali peningkatan performa, efisiensi, serta pengurangan memory footprint.
Mac OS X v10.7 (Lion)
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Mac OS X Lion ataupun yng lebih gencar dipromosikan menjdai OS X Lion pertama kali diperkenalkan pada 20 Oktober 2010. Disini ramai sekali perubahan yng dibuat oleh Apple semisal support Mac App Store, gampang melihat App mana yng telah terinstall, dan aneka macam pengembangan terkait yang dengannya Apple iOS.
Mac OS X v10.8 (Mountain Lion)
Sejarah dan Perkembangan Mac OS - TutorialCaraKomputer.com
Inilah versi OS X paling gress era ini, Mountain Lion! Baru saja dirilis pada 25 Juli 2012 kemarin, Mountain Lion hadir yang dengannya aneka macam fitur, misalnya saja digantinya iChat yang dengannya Messages yng support iMessages. Yang dengannya fitur ini setiap pemakain mampu mengirimkan pesan secara tidak dibatasi ke seluruh pemakain Mac, iPhone, iPad, iPod Touch. Selain itu Mountain Lion pula dilengkapi yang dengannya browser Safari 6 terbaru yng belum mampu dinikmati oleh Mac OS versi sebelumnya. Sejarah dan Perkembangan Mac OS Title: Sejarah serta Perkembangan Mac OS Date: 2014-06-14T08:23:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Sejarah dan Perkembangan Mac OS

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Sejarah dan Perkembangan Mac OS