Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse

- 2/01/2017 12:21:00 AM

Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse

 
Feriantano S Education Selasa, 01 April 2014 12.03 Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse - TutorialCaraKomputer.com
Mouse adalah teknologi alat bantu inputan dari keyboard yng bekerja pada tampilan yng bersifat GUI (Graphical User Interfaces). Pengertiannya, mouse cuma mampu dipakai bila tampilan bersifat grafis ataupun visual semisal penggunaan mouse pada Windows. Dinamakan mouse lantaran bentuknya mirip semisal tikus (mouse) yng memiliki ekor yng diilustrasikan menjdai kabelnya. Walaupun, saat ini ini ada pula jenis mouse yng koneksinya mempergunakan teknologi wireless. Dalam bahasa Indonesia, mouse disebut pula yang dengannya Tetikus.
Mouse merupakan perangkat yng berfungsi menggerakan pointer, menunjukkan perintah ataupun program pada layar monitor. Pada mouse terdapat klikan kiri serta klikan kanan.Pada klik kiri 1x berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih menu ataupun icon serta klik kiri 2x bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka menu yng dituju.
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu yang dengannya satu tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan mouse komputer yng bisa mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal yang dengannya nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Fungsi Mouse


  1. Memasukkan perintah kepada komputer dimana tips kerja dari mouse ini merupakan yang dengannya tips menggeser - geser mouse di permukaan papan yng datar.
  2. Penggerak pointer bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjukan lokasi tertentu di layar monitor.
  3. Dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan kegiatan yng disebut yang dengannya: klik (memilih item), double klik (membuka file), klik tahan serta geser / drag drop (mengalihkan item) serta klik kanan (menampilkan pilihan menu perintah0.
  4. Berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggulung (scrolling) layar yang dengannya mempergunakan roda scroll.
  5. Mendeteksi gerakan 2 dimensi secara relatif terhadap posisinya saat ini.
  6. Membuat pekerjaan menjadi lebih gampang serta cepat. Berlebi bagi kita yng Suka melakukan aktivitas mengedit foto ataupun membuat desain.
  7. Membuat besar ataupun pula membuat kecil tampilan worksheet.
  8. Mengaktifkan command button serta pula melakukan suatu aksi tertentu pada App.
  9. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk perintah yng tak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi menjdai tombol enter.
  10. Mouse pula mampu berfungsi menjdai pengontrol perbesaran tampilan objek.
  11. Mouse pula bisa atau mampu berfungsi melakukan konversi serta isntruksi ke dalam bentuk sinyal elektronik yng bisa dimengerti oleh komputer.

Jenis - Jenis Mouse


1. Mouse Serial
Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse - TutorialCaraKomputer.com
Mouse mungkin ada sebagian temen-temen udah memakainya atu pula belum percis sekali, ya mampu di bilang telah jarang telah jarang dipakai oleh masyarakat umum. Umumnya mouse ini dipakai pada computer Pentium 1 serta Pentium 2.
2. Mouse PS/2
Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse - TutorialCaraKomputer.com
Mouse yng dipakai pada computer Pentium 3 serta Pentium 4 mungkin temen-temen udah Suka memakainya ataupun telah tak asing lagi.
3. Mouse USB
Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse - TutorialCaraKomputer.com
Mouse yng telah umum dipakai oleh masyarakat luas. Dipakai pada computer Pentium 3 serta 4.
4. Mouse Wirelless
Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse - TutorialCaraKomputer.com
Mouse terbaru tanpa kabel. Kini Mouse Wireless telah meluas dikalangan masyarakat.
5. Mouse Optic
Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse - TutorialCaraKomputer.com
Mouse ini tak mempergunakan bola bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjuk pointer melainkan mempergunakan sinar laser yng berwarna-warni. Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse Title: Pengertian, Jenis - Jenis serta Fungsi Mouse Date: 2014-04-01T12:03:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Mouse