Komponen Motherboard dan Fungsinya

- 3/15/2017 04:24:00 AM

Komponen Motherboard dan Fungsinya

 
Motherboard merupakan perangkat keras komputer yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menancapkan serta menghubungkan seluruh perangkat keras komputer, yang dengannya kata lain motherboard menjdai sirkuit utama dimana seluruh komponen pendukung komputer akan dihubungkan. Pada motherboard terdapat komponen-komponen yng Amat penting serta memiliki peranan serta fungsi masing-masing.
Berikut merupakan Komponen motherboard serta fungsinya:
1. Slot Prosessor
Slot yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menancapkan ataupun meletakan prosessor pada komputer, Slot ini berbentuk persegi yang dengannya ukuran sesuai yang dengannya prosessor.
2. Slot memori (RAM)
Yakni slot yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasang RAM ataupun memori ke motherboard, Slot ini berbentuk panjang yang dengannya pengunci di kanan serta kirinya yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengunci memori ataupun ram yng telah terpasang pada motherboard
3. Chipset Nortbridge
Komponen yng berbentuk persegi yng menempel pada mottherboard yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur lalu lintas data antara prosessor yang dengannya system memori serta saluran uatama motherboard. Chipset ini umumnya terdapat atau terletak berada didekat prosessor.
4. Chipset Southbridge
yakni chipset yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengatur alur data kinerja prosessor yang dengannya komponen sekunder semisal: IDE harddisk, drive, DMA serta lain-lain.
5. Slot PCI Express X16
Slot ini berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menancapkan kartu VGA yang dengannya model terbaru.
6. Slot PCI Express x1
Slot yng berwarna putih yng berbentuk memanjang yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menancapkan kartu ekspansi ke motherboard, kartu ekspansi meliputi LAN Card serta lain-lain.
7. Slot AGP
Merupakan slot pada komputer yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menancapkan kartu VGA ke motherboard, slot ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk motherboard yng belum memiliki slot PCI Express x16.
8. Slot PCI
Slot yng memiliki fungsi yng percis yang dengannya slot PCI Express 1x, namun slot ini memiliki kecepatan akses dibawah slot PCI Express 1x
9. Chipset BIOS
Adalah sebuah chipset yng menyimpan program bios serta konfigurasinya.
10. Baterai CMOS
Yakni baterai khusus yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeberikan daya ke chipset bios agar konfigurasi dari bios tak kembali ke pengaturan awak disaat komputer dimatikan. Baterai ini berbentuk bulat.
11. Port SATA
Port yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan perangkat yng memiliki port berbentuk SATA.
12. Port IDE
yakni port yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan perangkat yng memiliki port ATA semisal CD Room model lama serta harddisk model lama.
13. Port Floppy Disk / Floppy Disk Drive
Port yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menguhubungkan floppy disk yang dengannya motherboard
14. Port PS/2
yakni port yng berada disisi samping motherboard yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menancapkan mouse serta keyboard. Port PS/2 ada 2 jenis: ada yng berwarna ungu serta berwarna hijau yng memiliki fungsi masing-masing. Port PS/2 yng berwarna ungu berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menancapkan keyboard serta port yng berwarna hijau berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menancapkan mouse.
15. Port Paralel
Yakni port yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasang peripheral berkecepatan rendah yang dengannya lebar data 8 bit. Namun port jenis ini telah Amat jarang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai.
16. Port RJ45
Merupakan port yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan.
17. Port USB
Port yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan perangkat ataupun peripheral yng memiliki port USB semisal printer, kabel data, scanner serta lain-lain.
18. Port Audio
Yakni port yng mempunyai 3 port yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan komputer ke perangkat audio. 3 port yang telah di sebutkan memiliki fungsi yng berbeda-beda semisal: line-in, line-out serta mikrofon

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Komponen Motherboard dan Fungsinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Komponen Motherboard dan Fungsinya