Pengertian dan Fungsi Power Supply Komputer

- 3/16/2017 03:29:00 AM

Pengertian dan Fungsi Power Supply Komputer

 
Power Supply Komputer merupakan komponen perangkat keras komputer yng berbentuk kotak/persegi yangberfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk merubah arus AC menjadi arus DC yng akan dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mensuplai arus ke perasngkat keras komputer yng butuh tegangan semisal harddisk, motherboard, CD Room, kipas serta lain-lain. Power Supply memiliki 2 jenis yakni : power supply AT serta power supply jenis ATX.
Selain itu output pada power supply terdapat tidak sedikit konektor yng berbeda-beda yng memiliki fungsi yng berbeda-beda sesuai yang dengannya yang dengannya kebutuhan hardware pada komputer yang telah di sebutkan, namun tujuannya percis yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan tegangan bagi atau bisa juga dikatakan untuk setiap perangkat keras pada komputer. Berikut merupakan fungsi konektor yng terdapat pada power supply :
  1. Konektor 20/24 pin ATX motherboard, adalah konektor yng langsung dihubungkan ke motherboard, yng memberikan sumber tegangan utama bagi atau bisa juga dikatakan untuk motherboard.
  2. Konektor 4/8 pin 12 V, Konektor ini pula biasa disebut konektor P4 lantaran pertama kali dipakai bersama komputer prosessor pentium IV. konektor ini berfungsi memberikan daya khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk komponen prosesor.
  3. 6 pin AUX Power Cable, komponen ini berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan daya bagi atau bisa juga dikatakan untuk komponen VGA card yng berbasis PCIe.
  4. Konektor 4 pin peripheral power cable, konektor ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan daya ke macam-macam komponen hardware komputer semisal: optical card, casing fan, serta hardisk.
  5. Floppy Disk Drive, konektor ini mempunyai ukuran yng relatif kecil yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan daya bagi atau bisa juga dikatakan untuk floppy disk.
  6. SATA Power Cable, adalah konektor yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan tegangan pada hardware yng mempergunakan konektor SATA semisal hardisk.
Gambar: Power Supply Komputer
Andai terlaksana masalah pada power supply, maka komputer tak akan menyala ataupun dalam beberapa kasus komputer akan mati sendiri sesudah beberapa menit dihidupkan. Mudah-mudahan tulisan atau artikel ini mampu membantu ....

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan Fungsi Power Supply Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Fungsi Power Supply Komputer