Membuat Jaringan Komputer LAN Sederhana

- 4/20/2017 03:43:00 AM

Membuat Jaringan Komputer LAN Sederhana

 
Andaikan sobat di rumah memiliki komputer lebih dari satu, serta masing-masing komputer ingin terhubung antara satu yang dengannya yng lainnnya agar bisa mampu sharing data, printer, sharing koneksi internet dll, kita mampu lakukan yang dengannya membuat jaringan komputer LAN (Local Area Network) simpel..
Kalau pada postingan yng lalu dipakai koneksi adhoc wireless, pada postingan di artikel ini kita genakan koneksi kabel yakni mempergunakan kabel data UTP (Unshielded twisted pair), yakni standar kabel bagi atau bisa juga dikatakan untuk koneksi jaringan LAN.
Komputer yng dipakai pada era ini biasanya telah dilengkapi yang dengannya LAN Card ataupun disebut pula NIC (Network Interface Controller), ataupun Ethernet Card.

• Kalau jumlah komputer yng akan dikoneksikan cuma dua buah, kita cuma cukup menyediakan satu buah kabel UTP yang dengannya panjang sesuai jarak antara komputernya yng di kedua ujung kabelnya sudah dipasangi konektor RJ-45(standard konektor bagi atau bisa juga dikatakan untuk kabel LAN UTP) yang dengannya konfigurasi Cross/ silang.

• Kalau Jumlah komputer yng akan dikoneksikan lebih dari 2 buah, maka kita Perlu menambahkan suatu alat yng bernama Switch ataupun Hub. Pada era ini harga sebuah switch bagi atau bisa juga dikatakan untuk standard rumahan telah Amat terjangkau .
Dari masing - masing komputer dihubungkan ke switch mempergunakan kabel UTP yang dengannya konektor RJ-45 di kedua ujungnya yang dengannya konfigurasi Straight/lurus.

• Pemasangan konektor pada kabel UTP mampu dibuat sendiri, namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mudahnya sobat tinggal pergi saja ke toko komputer yng pula menyediakan perlengkapan jaringan, serta tinggal bilang bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli kabel UTP sekalian pasangkan konektornya yang dengannya konfigurasi cross/silang bagi atau bisa juga dikatakan untuk koneksi komputer ke komputer(dua buah komputer), ataupun straight/lurus bagi atau bisa juga dikatakan untuk koneksi lebih dari 2 komputer / mempergunakan switch.
Konfigurasi Alamat IP (Internet Protocol / TCP IP )
Agar bisa saling berkomunikasi , masing – masing komputer Perlu diberi alamai IP
• Masuk ke Network Connection (Start-->Control Panel -->Network Connection )
• Pilih/dobel klik Local Area Connection
• Dobel klik pada Internet Protocol (TCP / IP)
• Klik Use The following IP address, lantas isi IP address serta subnet Mask
Misal,
komputer1 IP Address : 192.168.0.1
komputer2 IP Address : 192.168.0.2
komputer3 IP Address : 192.168.0.3
komputer4 IP Address : 192.168.0.4
dst..
Subnet Mask Perlu percis : 255.255.255.0
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui sukses tidaknya koneksi lakukan perintah ping dari komputer satu ke komputer lain-lainnya
Misal dari komputer1 ke komputer2 :
• Di Komputer1 : Klik Start -->Klik Run-->ketik CMD --> klik OK, maka akan tampil Command Prompt
• Ketik ping 192.168.0.2 tekan enter
Perlu ada Reply dari komputer2
•Lakukan perintah yng percis bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui koneksi ke komputer yng lain-lainnya.
Tulisan atau artikel Terkait :
• Tips Sharing File melalui Hotspot / Akses point
• Membuat Koneksi Wireless Antar Laptop
Tags : Local Area Network Simpel, Membuat koneksi kabel antar komputer, membuat jaringan komputer simpel

Source Article and Picture : www.tipstriks.com

Seputar Membuat Jaringan Komputer LAN Sederhana

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Membuat Jaringan Komputer LAN Sederhana