Pengertian dan fungsi port number pada jaringan komputer

- 4/22/2017 08:21:00 PM

Pengertian dan fungsi port number pada jaringan komputer

 
Nomor port ataupun Port number pada jaringan komputer adalah angka biner sepanjang 16 bit yng berfungsi menjdai nomor bagi atau bisa juga dikatakan untuk layanan yng dipakai didalam jaringan komputer. Port Number pertama kali dikenalkan oleh pasangan protokol TCP (Transmission Control Protocol) serta UDP (User Datagram Protocol). Protokol TCP serta UDP adalah protokol yng sudah ada sejak jaringan komputer diciptakan. Kedua pada yang telah di sebutkan berada pada lapisan Transport Layer.
Penjabaran serta Jenis Port Number pada jaringan komputer:
1. Well Known Port
Adalah daftar nomor port yng sudah diketahui secara umum bagi atau bisa juga dikatakan untuk pemakaian suatu layanan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu Well Known Port tak bisa dipakai oleh layanan lain-lainnya. Well known Port mempunyai kapasitas sebanyk 1024 buah nomor, beberapa layanan serta App yng mempergunakan Well Known Port merupakan FTP di port 21, SSH di port 22 serta HTTP di port 80 dan juga lain-lainya.
2. Dynamic Port
Dynamic port adalah nomor port yng bisa berubah-ubah sesuai yang dengannya keinginan serta keperluan pemakain. Dynamic port tak disarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk penggunaan App chatting serta App sejenis lain-lainnya lantaran yang dengannya port yng mampu berubah-ubah bisa menghasilkan terjadinya tabrakan port number antar App yng dipakai.
3. Registered Port
Registered port terdaftar pada IANA (Internet Assigned Number Authority) yakni organisasi dunia dibidang jaringan komputer percis halnya yang dengannya Well Known Port. Registered port mempunyai kapasitas port number antara 1024 sampai-sampai 49151. Port jenis ini dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk layanan App yng lebih spesifik semisal port 1080 bagi atau bisa juga dikatakan untuk SOCKS proxy serta 1194 bagi atau bisa juga dikatakan untuk Open VPN.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan fungsi port number pada jaringan komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan fungsi port number pada jaringan komputer