Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Fungsi Router

- 4/29/2017 01:56:00 PM

Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Fungsi Router

 
Feriantano S Networking Kamis, 12 Desember 2013 16.50 Router merupakan perangkat jaringan yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan beberapa jaringan, baik jaringan yng percis ataupun berbeda dari segi teknologinya semisal menghubungkan jaringan yng mempergunakan banyak sekali jenis topologi Bus, Star serta Ring. (Baca : Komponen Router serta Fungsinya)
Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Fungsi Router - TutorialCaraKomputer.com

Pengertian Router


Router merupakan sebuah alat yng mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan ataupun Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yng dikenal menjdai routing. Proses routing terlaksana pada lapisan 3 (Lapisan jaringan semisal Internet Protocol) dari stack protokol tujuh lapis OSI.
Router mempunyai fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Procotol), yang dengannya mensetting DHCP, maka kita bisa membagi IP Address, fasilitas lain dari Router merupakan adanya NAT (Network Address Translator) yng bisa memungkinkan suatu IP Address ataupun koneksi internet disharing ke IP Address lain.
Router bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan tidak sedikit jaringan kecil ke sebuah jaringan yng lebih besar, yng disebut yang dengannya internetwork, ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kinerja serta pula mempermudah manajemennya. Router pula kadang dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yng mempergunakan media yng berbeda (semisal halnya router wireless yng pada biasanya selain ia bisa menghubungkan komputer yang dengannya mempergunakan radio, ia pula mendukung penghubungan komputer yang dengannya kabel UTP), ataupun berbeda arsitektur jaringan, semisal halnya dari Ethernet ke Token Ring.

Jenis - Jenis Router


1. Router software
Router jenis ini merupakan sebuah software yng mampu kamu instal pada system operasi komputer, menjadikan system operasi computer yang telah di sebutkan bisa bekerja semisal router, misalnya software WinGate, , WinProxy Winroute, SpyGate dll.
2. Router Hardware
Router hardware merupakan sebuah hardware yng mempunyai kemampuan semisal router, maka yang dengannya hardware yang telah di sebutkan kamu bisa membagi IP Address, Router hardware bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk membagi jaringan internet pada suatu wilayah, misalnya dari router ini merupakan access point, wilayah yng mendapatkan Ip Address serta koneksi internet disebut Hot Spot Area.
3. Router PC
Router PC merupakan sebuah komputer yng dimodifikasi sedemikian rupa menjadikan bisa dipakai menjdai router. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat sebuah router PC tak Perlu mempergunakan komputer yang dengannya spesifikasi yng tinggi. Komputer yang dengannya prosesor pentium dua, hard drive 10 GB serta ram 64 dan sudah tersedia LAN Card telah mampu dipakai menjdai router PC. Komputer yng dijadikan router ini Perlu diinstal yang dengannya system operasi khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk router. System operasi yng ternama bagi atau bisa juga dikatakan untuk router PC era ini merupakan Mikrotik.

Fungsi - Fungsi Router


1. Fungsi utama router yakni menghubungkan beberapa jaringan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan data dari suatu jaringan ke jaringan yng lain. Akan tetapi router berbeda yang dengannya Switch, lantaran Switch cuma dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan beberapa komputer serta membentuk LAN (local area network). Sedangkan router dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan antar satu LAN yang dengannya LAN yng lain-lainnya.
2. Router pula berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menstransmisikan berita dari satu jaringan ke jaringan lain yng system kerjanya semisal Bridge.
3. Router pula berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menhubungkan jaringa lokal kesebuah koneksi DSL biasa pula disebut DSL router. Router ini biasanya memilki fungsi firewal bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan penapisan paket didasari sumber dan alamat tujuan paket yang telah di sebutkan, akan tetapi tak seluruh router mempunyai fungsi yng percis. Router yng mempunyai fitur penapisan paket bisa pula disebut menjdai packet – filtering router. Fungsi umum router ini memblokir lalulintas data yng dipancarkan secara broad cast menjadikan bisa mencegah adanya broad cast storm yng mampu memicu kinerja jaringan melambat.

Tips Kerja Router


Fungsi utama Router merupakan merutekan paket (berita). Sebuah Router mempunyai kemampuan Routing, pengertiannya Router secara cerdas bisa mengetahui kemana rute perjalanan berita (paket) akan dilewatkan, apakah ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk host lain yng satu network ataukah berada di network yng berbeda.
Andai paket-paket ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk host pada network lain maka router akan meneruskannya ke network yang telah di sebutkan. Sebaliknya, andai paket-paket ditujukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk host yng satu network maka router akan memperhalang paket-paket keluar.
Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Fungsi Router - TutorialCaraKomputer.com
Pada gambar diatas terdapat 2 buah network yng terhubung yang dengannya sebuah router. Network sebelah kiri yng terhubung ke port 1 router memiliki alamat network 192.168.1.0 serta network sebelah kanan terhubung ke port 2 dari router yang dengannya network address 192.155.2.0
Tips Kerja Router :
  1. Komputer A mengirim data ke komputer C, maka router tak akan meneruskan data yang telah di sebutkan ke network lain.
  2. Begitu juga disaat komputer F mengirim data ke E, router tak akan meneruskan paket data ke network lain.
  3. Barulah disaat komputer F mengirimkan data ke komputer B, maka router akan menruskan paket data yang telah di sebutkan ke komputer B.
Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Fungsi Router Title: Pengertian, Jenis, Tips Kerja serta Fungsi Router Date: 2013-12-12T16:50:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Fungsi Router

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Jenis, Cara Kerja dan Fungsi Router