Pengertian Routing Protocol

- 4/29/2017 09:19:00 AM

Pengertian Routing Protocol

 
Routing protocol merupakan suatu peraturan yng mempertukarkan berita routing yng akan membentuk sebuah tabel routing menjadikan pengalamatan pada paket data yng akan dikirim menjadi lebih terperinci serta routing protocol mencari rute tersingkat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengirimkan paket data menuju alamat yng dituju.
Routing protocol dibagi menjadi 2, yaitu:
1. Interior Routing Protocol
Interior Routing Protocol umumnya dipakai pada jaringan yng bernama Autonomous System, yakni sebuah jaringan yng berada cuma dalam satu kendali teknik yng terdiri dari beberapa subnetwork serta gateway yng saling berhubungan satu percis lain. Interior routing diimplementasikan melalui:
  • Routing Information Protocol (RIP), umumnya terdapat pada system operasi UNIX serta Novell yng mempergunakan metode distance vector algoritma yng bekerja yang dengannya menambahkan satu angka matrik andai melewati 1 gateway, menjadikan andai melewati beberapa gateway maka metriknya pula akan bertambah.
  • Open Shortest Path First (OSPF), routing ini memakan tidak sedikit resource komputer dibanding Routing Information Protocol (RIP), namun pada routing ini rute bisa dibagi menjadi beberapa jalan sehinggga data bisa melewati dua ataupun lebih rute secara pararel.
2. Exterior Routing Protocol
Dasarnya memang internet terdiri dari beberapa Autonomous System yng saling berhubungan satu percis lain serta bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan Autonomous System yang dengannya Autonomous System yng lain-lainnya maka Autonomous System mempergunakan exterior routing protocol menjdai pertukaran berita routingnya.
  • Exterior Gateway Protocol (EGP) adalah protokol yng mengumumkan kepada Autonomous System yng lain ihwal jaringan yng berada dibawahnya maka andai sebuah Autonomous System ingin berhubungan yang dengannya jaringan yng ada dibawahnya maka orang-orang Perlu melaluinya menjdai router utama. namun kelemahan protokol ini tak mampu memberikan rute paling baik bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengiriman paket data.
  • Border Gateway Protocol (BGP). Protocol ini telah bisa memilih rute paling baik yng dipakai pada ISP besar yng akan dipilih.
mudah-mudahan tulisan atau artikel ini memberikan manfaat, lihat pula:
  • Pengertian routing
  • Tabel Routing
  • Fungsi Router

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian Routing Protocol

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Routing Protocol