Cara Mengetahui Tegangan dan Arus Port USB

- 5/08/2017 07:32:00 PM

Cara Mengetahui Tegangan dan Arus Port USB

 
Disaat proses charging(pengisian) HP, Smartphone, komputer tablet, power bank, dll, prosesnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk hingga penuh ada yng memerlukan waktu lama, sedang, serta ada pula yng sebentar.
Cepat ataupun lambatnya proses pengisian yang telah di sebutkan bergantung dari 2 hal yakni :
- Besar kecilnya arus yng mengalir dari charger ataupun sumber tegangan ke perangkat yng diisinya.
- Lantas yng kedua yakni bergantung dari kapasitas baterai smartphone, Hp, dll yng diisinya, makin besar mAHnya maka akan makin lama proses pengisiannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk hingga penuh.
Kalau kamu penasaran ataupun sekedar ingin tahu ataupun mungkin punya tidak banyak masalah terasa ada yng aneh yang dengannya proses pengisian perangkat yng kamu punyai yng mempergunakan port USB (tegangan 5 Volt DC), dari USB charger ataupun dari USB laptop/komputer. Kamu bisa mempergunakan alat ukur yng praktis yakni mini USB tester.
Mini USB tester
Mini USB tester yakni alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui Tegangan (Vokt DC) serta arus (Amphere) dari suatu port USB.
Bagi kamu yng belum tahu tips instalasi serta tips kerjanya, simpel saja, tak mungkin salah colok,bisa dilihat pada gambar di bawah berikut.
Model mini USB tester semisal yng saya genakan ini, bagi atau bisa juga dikatakan untuk displaynya akan bergantian secara otomatis antara tegangan(Volt) serta arus (Amphere).selang beberapa detik.
Pada semisal berikut tegangan dari charger terbaca 5,03V
Display mini USB tester sedang menunjukan tegangan dari Charger
Arus yng mengalir dari charger ke smartphone terbaca 1,05A
Display mini USB tester sedang menunjukan Arus dari Charger ke smartphone
Lantas berikut semisal Tegangan di port USB laptop, pada semisal terbaca 4,86V
Display mini USB tester sedang menunjukan tegangan dari port USB laptop

Serta arus yng mengalir dari port USB laptop ke smartphone merupakan sebesar 0,46A
Display mini USB tester sedang menunjukan arus dari port USB laptop
Dari semisal display semisal yng ditunjukkan di atas kita akan bisa mengetahui misalnya kenapa suatu proses pengisian berjalan cepat ataupun lambat ataupun malah tak mengisi percis sekali, dilihat dari arus listrik yng mengalirnya.
Kita pula bisa mengetahui andai suatu charger tak normal ataupun rusak. Tegangan suatu port USB standard merupakan 5 V ± 5% .
Tak cuma itu. Pernahkah kamu mengalami port USB laptop ataupun komputer kamu rusak?, yng penyebabnya yaitu oleh perangkat USB yng short di dalamnya. Misalnya sesudah dicolok oleh Flashdisk tertentu port USB menjadi rusak, Flashdisk yang telah di sebutkan ada yng short di dalamnya, kalau dicolok melalui USB tester ini maka arus yng ditunjukkan Amat tinggi. normalnya dibawah 0,05 A.
Jadi kita mampu mengantisipasi agar port USB laptop kita tak rusak, bagi atau bisa juga dikatakan untuk perangkat USB yng belum pernah dicolok ke Laptop/komputer kita, bagi atau bisa juga dikatakan untuk pertama kali tak ada salahnya sambil diukur arusnya, siapa tahu arusnya diluar yng semestinya menjadikan kalau diteruskan bisa merusak port USB laptop/komputernya.
Berikut semisal mengetahui arus ke Flashdisk
Mengetahui arus ke Flashdisk
Perangkat mini USB tester ini tidak sedikit dijual serta harganya relatif murah, mampu search di toko online yang dengannya kata kunci misal usb tester .


Source Article and Picture : www.tipstriks.com

Seputar Cara Mengetahui Tegangan dan Arus Port USB

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Mengetahui Tegangan dan Arus Port USB