Memperbaiki Adaptor Laptop Universal

- 5/04/2017 11:12:00 PM

Memperbaiki Adaptor Laptop Universal

 
Aku ada beberapa laptop lama yng adaptornya hilang entah kemana, lantas era itu memutuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli adaptor laptop universal, agar mampu dipakai kemana-mana, Maksudnya satu adaptor mampu dipakai ke seluruh merek, Tinggal mengganti serta menyesuaikan colokan listrik yng ke laptopnya lantas menyesuaikan tegangan outputnya (ada selektor switch bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih tergangan listrik output DC).
Tentu saja ketahanan adaptor ini tak sebagus adaptor bawaan laptop yng orisinil. lantaran harga adaptor universal ini jauh lebih murah, jadi aku maklumi disaat baru setahun pemakaian adaptor ini telah rusak, lantaran pemakaiannya Suka serta pula Perlu melayani laptop yang dengannya tegangan yng berbeda-beda.
Sebelum diputuskan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dibuang, aku coba bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka casingnya siapa tau kerusakannya ringan serta mampu diperbaiki sendiri. Serta sebenarnya benar, kerusakannya langsung ketemu yakni ada solderan di satu dari sekian banyaknya IC Power yng rapuh/pecah. Hal ini biasa terlaksana pada pada circuit board yang dengannya tegangan ataupun arus tinggi, ataupun lantaran panas terlebih.
Perbaikannya cuma yang dengannya menyolder ulang/menimpa solderan yng pecah tadi, tentunya yang dengannya mempergunakan alat solder serta timahnya.
Siapa tau teman-teman ada kesamaan kasus yang dengannya adaptor laptop universalnya, jangan dulu dibuang!, siapa tahu penyebabnya yaitu oleh hal yng percis semisal yang dengannya yng aku alami, lantaran perbaikannya Amat gampang.
Lengkap nya yng aku lakukan :
• Lepaskan/copot kabel power input (kabel colokan ke listrik).
• Buka skrup pengunci casing mempergunakan obeng
Letak sekrup bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuka casing

• Buka casing penutup yang dengannya tatacara mencongkelnya, bisa mempergunakan obeng minus yng berukuran agak besar.
Yng ditunjukkan oleh ciri panah merupakan solderan yng pecah pada kaki IC powernya. tak terlalu kelihatan, namun kalau dizoom Amat terperinci sekali

Pantas saja adaptor tak berfungsi, lantaran sesudah dizoom penampakannya semisal yang akan di sajikan kali ini:
Penampakan Solderan pada adaptor notebook universal yng rusak sesudah diperbesar 50X
• Perbaikannya disolder ulang

• Sesudah yakin solderan tidak jelek alias bagus, tutup kembali penutup casing, pasang serta kencangkan sekrupnya.
Siapa tau teman-tema ada kesamaan kasus, mampu dicoba.
catatan:
Penyebab kerusakan mampu berbeda-beda, mampu komponennya yng rusak/terbakar. Namun bagi atau bisa juga dikatakan untuk yng berhubungan yang dengannya voltage regulator (adaptor masuk dalam katagori voltage regulator), Suka lantaran cuma solderan yng pecah/terbakar pada kaki komponen power utamanya..


Source Article and Picture : www.tipstriks.com

Seputar Memperbaiki Adaptor Laptop Universal

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Memperbaiki Adaptor Laptop Universal