Komponen Router dan Fungsinya

- 8/22/2017 07:19:00 PM

Komponen Router dan Fungsinya

 
Feriantano S Education Selasa, 07 Januari 2014 14.00 Sesudah sebelumnya saya pernah menjelaskan wacana pengertian, jenis, tatacara kerja serta fungsi router. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk di artikel ini saya akan memberikan wacana komponen serta fungsi router. Router merupakan alat yng Suka di jumpai pada instalasi jaringan di banyak sekali tempat malah dunia. Menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi spesialis jaringan butuh diketahui komponen router serta fungsinya.
Komponen Router dan Fungsinya - TutorialCaraKomputer.com

Komponen Router serta Fungsinya


1. RAM
Fungsi utama RAM pada router merupakan menyimpan konfigurasi yng sedang berjalan (running configuration) serta system operasi IOS yng aktif, menyimpan routing table, menangani cache ARP, menangani fast-swtiching cache, menyediakan memori sementara utk konfigurasi file, menangani paket buffer, mengelola antrian paket. Sifat RAM merupakan seluruh data yng disimpan akan hilang disaat kehilangan sumber daya ataupun pada era akan direstart.
2. NVRAM (Non Volatile RAM)
NVRAM bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan konfigurasi start-up (start-up configuration). Isinya akan tetap ada meskipun router kehilangan power. Ini mungkin salah satunya alamat IP (Routing protocol, Hostname dari router)
3. Flash Memory
Flash bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan IOS (Operating System Image). Memory ini mampu menyimpan banyak sekali versi software IOS. Adalah jenis EEPROM (Electronically Erasable Programmable ROM), jadi meskipun router kehilangan power, isinya tetap ada.
4. ROM
ROM bermanfaat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan system bootstrap yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur proses serta menjalankan Power On Self Test (POST) serta IOS Image.
5. Interface
Interface adalah komponen eksternal dari suatu router. Sebelum menkonfigurasi router, masing-masing fungsi komponen yang telah di sebutkan Perlu diketahui berlebi dahulu lantaran komponen yng akan dikoneksikan ke router mempergunakan interface yng berbeda bergantung komponennya yng akan dihubungkan.
Komponen Router dan Fungsinya - TutorialCaraKomputer.com
Gambar di atas memperlihatkan interface standar yng dimiliki oleh sebuah router yng meliputi:
  1. Serial Ports, terdiri dari Serial0 serta Serial1
  2. Fast Ethernet Ports, pasti udah pada kenal seluruh
  3. Console Port, port utk menghubungkan router dgn dunia luar, port ini akan terhubung ke serial port di PC kita yang dengannya mempergunakan kabel Roll Over
  4. Auxiliary Port, hampir percis yang dengannya Console Port, serta tak seluruh port ini dimiliki oleh router
  5. Power Switch, bagi atau bisa juga dikatakan untuk power

Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mampu terhubung ke router kita butuh diantaranya menjdai berikut :
  1. Port Console
  2. Port Aux
  3. Telnet (Ethernet ataupun Serial Port)

Struktur dari Router


Komponen Router dan Fungsinya - TutorialCaraKomputer.com

Bagian - Bagian Router


Komponen Router dan Fungsinya - TutorialCaraKomputer.com
Router itu dalam dunia jaringan percis halnya semisal sebuah Komputer (PC) yng berperan penting dalam menghubungkan dari jaringan antar jaringan. Demikianlah pemaparan mengenai komponen router serta fungsinya mudah-mudahan dari penjelasan ini mampu memberikan manfaat. Komponen Router dan Fungsinya Title: Komponen Router serta Fungsinya Date: 2014-01-07T14:00:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Komponen Router dan Fungsinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Komponen Router dan Fungsinya