Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

- 8/17/2017 07:17:00 PM

Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

 
Apa Pengertian dari Virus komputer?
Virus Komputer merupakan sebuah program parasit pada komputer yng bisa menggandakan dirinya sendiri serta pula bisa menyebar pada komputer lain yang dengannya tatacara menyisipkan dirinya didalam sebuah program ataupun data.
Umumnya data seseorang tak sengaja mengalihkan virus dari komputer satu ke komputer lain-lainnya pada era orang yang telah di sebutkan mengalihkan data mempergunakan flshdisk ataupun perangkat lain, menjadikan virus yang telah di sebutkan akan menyusup pada flashdisk serta beralih pada komputer yng lain.
Kenapa Virus komputer dibuat?
Virus komputer dibuat yang dengannya tujuan yng tak baik yakni bagi atau bisa juga dikatakan untuk pencurian data pada komputer tanpa sepengetahuan dari pemiliknya. tidak sedikit efek negatif yng ditimbulakan oleh virus komputer diantaranya rusaknya data serta program pada komputer menjadikan data yang telah di sebutkan tak bisa dibuka, maupun program yng ada pada komputer tak bisa berjalan. Selain itu virus pula akan menggandakan dirinya sendiri yang dengannya jumlah yng Amat banya menjadikan akan memenuhi ruang pada komputer serta akan memperberat kinerja serta RAM serta prosessor.
Jenis-macam Virus Komputer
1. Trojan
Trojan merupakan sebuah virus komputer yng dibuat yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengendalikan serta mencuri data pada komputer. Trojan umumnya menyebar melalui internet serta lokasi dari penyebaran trojan merupakan email maupun data pribadi yng tak diberi password.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Mengatasi virus trojan yang dengannya mempergunakan Trojan Remover ataupun Trojan Hunter
2. Worm
Worm merupakan sebuah virus komputer yng bisa menggandakan dirinya sendiri. Hal yng paling rawan dari worm merupakan dia bisa melipatgandakan dirinya sendiri yang dengannya Amat cepat menjadikan andai komputer di kenai virus worm yang dengannya waktu yng cukup lama maka worm akan memenuhi kapasitas dari harddisk serta membuat memori menjadi penuh.
Tatacara mengatasi virus jenis worm ini yang dengannya mempergunakan antivirus biasa, ataupun yang dengannya antivirus versi pro akan memperoleh hasil yng lebih maksimal
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi Antivirus
3. Memory Resident Virus
Memory Resident Virus yakni sebuah virus yng bisa menginfeksi RAM komputer. Efek yng ditimbulkan dari virus jenis ini merupakan komputer menjadi lemot.
Tatacara mengatasi virus jenis ini yang dengannya mempergunakan antivirus, namun antivirus yng dipakai pula Perlu diupdate secara terjadwal.
4. Web Scripting Virus
Web Scripting Virus merupakan sebuah program yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mempercantik konten dari sebuah website, namun program ini dimanfaatkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengganggu yang dengannya tujuan tertentu.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi virus jenis ini bisa mempergunakan Microsoft tool bawaan windows serta lakukan scan secara teratur.
5. Multipartite Virus
Multipartite Virus merupakan sebuah virus komputer yng terdiri dari file-file yng menginfeksi system operasi tertentu. Virus jenis ini umumnya bersembunyi pada RAM serta akan menginfeksi dari harddisk.
Tatacara mengatasi virus jenis ini yakni yang dengannya melakukan Disk Defragmenter.
6. FAT Virus
FAT Virus ataupun File Allocation Table Virus merupakan sebuah virus komputer yng dibuat yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk merusak file pada lokasi tertentu. File yng di kenai virus ini umumnya akan disembunyikan seolah-olah file yang telah di sebutkan hilang.
Tatacara mengatasi virus ini yang dengannya melakukan scan yang dengannya antivirus yng telah diupdate secar terjadwal.
7. Companion virus
Companion virus merupakan sebuah virus komputeryang dibuat bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengganggu data pribadi. Lokasinya berada di dalam hardisk. Namun memiliki tanda ekstensi yng berbeda.
Pencegahan : install scan antivirus serta pula download firewall.
8. Polymorpic virus
Polymorpic virus merupakan sebuah virus komputer yng memiliki kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyandikan diri yang dengannya tatacara yng berbeda-beda pada waktu menginfeksi system. Semisal : Marburg, tuareg serta elken.
Tatacara mencegah yakni yang dengannya menginstall antivirus high end.
9. Directory virus
Directory virus merupakan jenis virus yng menginifeksi file yang dengannya ekstensi exe ataupun com, lantas memindahkannya. Menjadikan disaat file yang telah di sebutkan dipanggil bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijalankan, maka secara otomatis virus akan beraksi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menginfeksi system yng lain.
Tatacara mengatasi virus ini yakni yang dengannya melakukan format serta install ulang seluruh program serta system operasi.
10. Macro virus
Macros Virus merupakan virus komputer yng memiliki kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menginfeksi file makro semisal doc, Xls, Pps serta Mdb. Selain itu virus jenis ini akan menginfeksi email yng berisi dokumen.
Tatacara mengatasi yang dengannya menghindari membuka email yng tak dikenal serta pula menonaktifkan program makro.
11. Boot sector virus
Boot sector virus merupakan sebuah virus komputer yng bisa menginfeksi bagian terkecil dalam sebuah hardisk yng disebut sektor boot. Lokasinya bersembunyi di dalam floppy disk. Menjadikan disaat system berjalan dia mampu beralih kemama-mana bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan aksi infeksinya. Semisal : Polyboot.B, Anti EXE.
Tatacara paling ampuh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya yakni yang dengannya memastikan floppy disk pada posisi write protect.
12. Overwrite viruses
Overwrite viruses merupakan sebuah virus komputer yng memiliki kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghapus file ataupun data yng terinfeksi tanpa merubah ukuran file yang telah di sebutkan. Menjadikan kita tak akan terasa curiga ihwal keberadaannya. Semisal : Way, Trj.Reboot, Trivial.88.D.
Satu-satunya tatacara bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasinya yakni yang dengannya menghapus file yng terinfeksi.
13. Direct action viruses
Direct action viruses merupakan sebuah virus komputer yng memiliki kemampuan menginfeksi file jenis AUTOXEC BAT. Yng terdapat atau terletak pada direktori hardisk. Jenis ini akan beraksi disaat system operasi dijalankan. Jenis virus ini memiliki kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menginfeksi perangkat eksternal semisal hardisk eksternal serta flashdisk. Semisal Vienna.
Tatacara mengatasinya yang dengannya menginstall scan antivirus.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Macam-macam Virus Komputer dan Cara Mengatasinya