Alan Mathison Turing

- 9/10/2017 01:54:00 AM

Alan Mathison Turing

 
Alan Mathison Turing (lahir 23 Juni 1912 – meninggal 7 Juni 1954 pada umur 41 tahun) di Maide Vale, London, Inggris, ia merupakan seorang peneliti matematika serta komputer, serta pahlawan perang Inggris.
Dia merupakan seorang dari peneliti-peneliti komputer modern digital pertama. Selain itu dia merupakan orang pertama yng berpikir mempergunakan komputer bagi atau bisa juga dikatakan untuk aneka macam keperluan. Dia mengatakan bahwasanya komputer bisa menjalankan aneka macam program.
Dia pula memberikan ide ihwal mesin Turing, mesin yng bisa menjalankan sekumpulan perintah. Turing pula yng mencetuskan tes Turing. Namanya diabadikan dalam nama Penghargaan Turing.
Pada tahun 1936, Alan pergi ke Princeton University di Amerika lantas kembali ke Inggris pada tahun 1938. Disana ia mulai bekerja secara sesuatu yang di sembunyikan menjdai tenaga paruh waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk departemen kriptoanalisis Inggris, Kode Pemerintah serta Sekolah Cypher. Pada era pecah perang dunia II ia mengambil pekerjaan penuh waktu di kantor pusatnya, Bletchley Park.
Di sini ia memainkan peran penting dalam menguraikan pesan yng dienkripsi oleh mesin Enigma Jerman, yng menyediakan data intelijen penting bagi Sekutu. Dia memimpin sebuah tim yng merancang sebuah mesin yng dikenal menjdai Bombe yng sukses menterjemahkan pesan Jerman. Dia menjadi tokoh terkenal serta agak eksentrik di Bletchley.
Sesudah perang dunia 2 selesai, Alan Turing berganti pikirannya bagi atau bisa juga dikatakan untuk pengembangan mesin yng secara masuk akal akan memproses berita. Dia bekerja pertama bagi atau bisa juga dikatakan untuk National Physical Laboratory (1945-1948). Rencananya itu ditolak oleh rekan-rekannya serta laboratorium yng diusulkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk proyek yang telah di sebutkan kalah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi yng pertama merancang sebuah komputer digital.
Pada tahun 1949, ia pergi ke Manchester University di mana dia memimpin laboratorium komputasi serta mengembangkan sebuah mesin yng membantu bagi atau bisa juga dikatakan untuk membentuk dasar-dasar pada bidang kecerdasan buatan. Pada tahun 1951 dia dipilih menjdai satu dari sekian banyaknya anggota dari Royal Society.
Pada tahun 1952, Turing ditangkap serta diadili atas tindak pidana homoseksualitas. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari penjara, ia mendapatkan suntikan estrogen selama setahun, yng dimaksudkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menetralkan libidonya. Pada masa itu, homoseksual dianggap menjdai sebuah resiko keamanan lantaran orang-orang terbuka bagi atau bisa juga dikatakan untuk memeras. Izin keamanan Turing ditarik, berguna dia tak mampu lagi bekerja bagi atau bisa juga dikatakan untuk GCHQ, penerus pasca-perang bagi atau bisa juga dikatakan untuk Bletchley Park. Hal ini membuatnya bunuh diri pada 7 Juni 1954.
disunting oleh : Khaerudin Noer
Sumber: wikipedia


Source Article and Picture : annoerkomputer.blogspot.com

Seputar Alan Mathison Turing

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Alan Mathison Turing