Mengenal Mouse Device

- 9/07/2017 11:07:00 PM

Mengenal Mouse Device

 
Terlalu! Mouse aja dibahas?! Ooops! Jangan sewot dulu bray. Mungkin terlihat sepele, namun peripheral mungil ini mempunyai tidak sedikit manfaat bagi pemakain komputer. Lantaran itu, pada peluang ini saya akan coba uraikan mengenai aneka macam aspek yng berkaitan yang dengannya input device yng satu ini.
Mice device, ataupun lebih kita kenal yang dengannya istilah mouse, diciptakan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1963, era ia masih bekerja pada perusahaan Xerox PARC.
Awal mulanya, perangkat ini disebut menjdai X-Y Position Indicator. Perangkat ini memungkinkan seseorang bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa berinteraksi yang dengannya komputer melalui kontrol pointer dalam interface grafis. Yang dengannya perangkat ini pemakain komputer bisa yang dengannya gampang serta leluasa melakukan manipulasi pada setiap objek yng terlihat pada layar monitor semisal icon, file, folder, tombol, menu program, dll. Yang dengannya mempergunakan mouse, pemakain tak butuh menghafal perintah, semisal yng dipakai dalam lingkungan baris perintah berbasis teks semisal pada penggunaan MS-DOS. Misalnya, dalam MS-DOS pemakain Perlu mengetahui perintah cd serta perintah dir bagi atau bisa juga dikatakan untuk menavigasi ke folder serta melihat file tertentu di dalamnya.
Dalam menggerakan ponter, navigasi pada mouse model lama mempergunakan bola kecil yng disebut yang dengannya Trackball menjdai kontrol arah. Mouse model awal dihubungkan yang dengannya komputer melalui PS/2 port 6-pin DIN (port generasi pertama cuma 5-pin DIN ) pada motherboard. Sedangkan mouse yng tidak sedikit dipakai era ini merupakan "mouse optik". Tips kerjanya percis saja, namun, mouse optik (Optical Mouse) mempergunakan sumber cahaya ataupun light-emitting diode menjdai navigasi pointernya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan mouse optik ini terdapat dua pilihan, mampu melalui PS/2 port ataupun melalui USB Port. Selain itu, terdapat pula mouse optik yang dengannya teknologi bluetooth (wireless mouse).
Berikut merupakan istilah umum yng diterapkan dalam penggunaan mice device :

................

Source Article and Picture : annoerkomputer.blogspot.com

Seputar Mengenal Mouse Device

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Mengenal Mouse Device