Fungsi Sistem Operasi pada Komputer

- 9/07/2017 06:30:00 PM

Fungsi Sistem Operasi pada Komputer

 
System operasi adalah penghubung antara perangkat keras serta pemakain, system operasi pula berfungsi menjdai program pengendali yang dengannya tujuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghindari kesalahan penggunaan komputer serta mengatur pengelolaan sumber daya yng terdapat pada system komputer serta menyediakan layanan kepada pemakain menjadikan membuat mudah pemakain dalam mengoperasikan komputer.
Fungsi system operasi secara umum merupakan menjdai berikut:
  1. Resource manager, adalah pengelolaan sumber daya serta mengalokasikannya, Semisal: memori, CPU, Disk Drive serta perangkat lain-lainnya.
  2. Interface / tatap muka, yakni menjdai perantara antara pemakain yang dengannya perangkat keras yang dengannya menyediakan tampilan kepada pemakain yng lebih gampang dipahami serta bersahabat (user friendly)
  3. Coordinator, mengkoordinasi serta menyediakan fasilitas menjadikan aktifitas yng kompleks bisa diatur serta bisa diproses secara berurutan.
  4. Guardian, menyediakan akses kontrol yng bertugas bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjaga file serta memberikan pengawasan pada data serta program.
  5. Gate Keeper, berfungsi menjdai pengendali hak akses oleh pemakain yng mengendalikan siapa saja yng berhak masuk ke dalam system serta mengawasi apa saja yng dilakukannya.
  6. Optimizer merupakan penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi serta penggunaan.
  7. Accountant befungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, pemanggilan I/O, disk storage, serta waktu koneksi terminal.
  8. Server berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk melayani pemakain komputer.
Mudah-mudahan tulisan atau artikel ini mampu berguna ...

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Fungsi Sistem Operasi pada Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Fungsi Sistem Operasi pada Komputer