Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer

- 9/28/2017 08:29:00 AM

Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer

 
Feriantano S Education Senin, 07 April 2014 13.53 Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Perangkat input adalah perlengkapan yng bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan data yng akan diolah ke dalam komputer. Perangkat ini yng dipakai oleh pemakain bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan interaksi yang dengannya komputer agar komputer melaksanakan perintah yng diberikan oleh penggunanya. Prinsip kerja yng di lakukan perangkat input merupakan merubah perintah yng bisa dipahami oleh kita-kita kepada bentuk yng dipahami oleh komputer (machine readable form), ini berguna mengubahkan perintah dalam bentuk yng dipahami oleh kita-kita kepada data yng dimengerti oleh komputer yakni yang dengannya kode-kode binary (binary encoded information).
Jadi, input device selain dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasukkan data, bisa juga dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasukkan program. Didasari sifatnya, perlengkapan input bisa dibedakkan menjadi dua, yakni:
1. Perlengkapan input langsung
Perlengkapan input langsung yakni input yng disaat dimasukkan akan langsung diproses oleh alat pemroses.
2. Perlengkapan input tak langsung
Perlengkapan input tak langsung yakni input yng melalui media tertentu sebelum input yang telah di sebutkan diproses oleh alat pemroses.

Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer


1. Keyboard
Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Keyboard adalah alat input yng paling penting dalam suatu pengolahan data yang dengannya komputer. Keyboard bisa berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus dan menjdai media bagi user (pemakain) bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan perintah-perintah lain-lainnya yng diharapkan, semisal menyimpan file serta membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yng diciptakan serta dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Serta pada tahun 1887 diproduksi serta dipasarkan oleh perusahan Remington.
Keyboard yng digunakanan saat ini ini merupakan jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan menjdai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard saat ini yng kita kenal mempunyai beberapa jenis port, yakni port serial, ps2, usb serta wireless.
2. Mouse
Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Mouse merupakan salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk perpindahan pointer ataupun kursor secara cepat. Selain itu, bisa menjdai perintah praktis serta cepat dibanding yang dengannya keyboard. Mouse mulai dipakai secara maksimal sejak system operasi sudah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik menjdai input device mouse ini diperoleh oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai yang dengannya pergeseran ataupun pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, biasanya cuma dua tombol yng dipakai yakni tombol kiri serta tombol kanan. Era ini mouse dilengkapi juga yang dengannya tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terdapat atau terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut yang dengannya klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yng ditunjuk, namun bila tak berada pada objek yng ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat juga istilah lain-lainnya yng disebut yang dengannya menggeser (drag) yakni menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya yang dengannya sambil digeser. Drag ini akan menghasilkan objek akan beralih ataupun tersalin ke objek lain serta mungkin lain-lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat serta teratur disebut yang dengannya klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut yang dengannya klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yakni mouse serial, mouse ps/2, usb serta wireless.
3. Touchpad
Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Unit masukkan ini umumnya bisa kita temukan pada laptop serta notebook, yakni yang dengannya mempergunakan sentuhan jari. Umumnya unit ini bisa dipakai menjdai alternatif mouse. Selain touchpad merupakan model unit masukkan yng sejenis yakni pointing stick serta trackball
4. Light Pen
Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Light pen merupakan pointer elektronik yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk modifikasi serta men-design gambar yang dengannya screen (monitor). Light pen mempunyai sensor yng bisa mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yng lantas direkam, dimana layar monitor bekerja yang dengannya merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
5. Joy Stick serta Games Paddle
Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Alat ini biasa dipakai pada permainan (games) komputer. Joy Stick umumnya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle umumnya berbentuk kotak ataupun persegi terbuat dari plastik dilengkapi yang dengannya tombol-tombol yng akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
6. Barcode
Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Barcode salah satunya dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini merupakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca suatu kode yng berbentuk kotak-kotak ataupun garis-garis tebal vertical yng lantas diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini umumnya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik serta buku. Saat ini ini, setiap kasir di supermarket ataupun pasar swalayan di Indonesia bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengidentifikasi produk yng dijualnya yang dengannya barcode.
7. Scanner
Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Scanner merupakan sebuah alat yng bisa berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk meng-copy ataupun menyalin gambar ataupun teks yng lantas disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk maupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip semisal mesin fotocopy, perbedaannya merupakan mesin fotocopy hasil nya bisa dilihat pada kertas sedangkan scanner hasil nya bisa ditampilkan melalui monitor berlebi dahulu menjadikan kita bisa melakukan perbaikan ataupun modifikasi serta lantas bisa disimpan kembali baik dalam bentuk file text ataupun file gambar.
Selain scanner bagi atau bisa juga dikatakan untuk gambar terdapat juga scan yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer merupakan SCAN IR yng biasa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum serta Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yng disebut Optik, yng bisa mengenali jenis pensil 2B. Scanner yng beredar di pasaran merupakan scanner bagi atau bisa juga dikatakan untuk meng-copy gambar ataupun photo serta umumnya pula dilengkapi yang dengannya fasilitas OCR (Optical Character Recognition) bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyalin ataupun menyalin objek dalam bentuk teks.
Era ini sudah dikembangkan scanner yang dengannya teknologi DMR (Digital Mark Reader), yang dengannya system kerja mirip semisal mesin scanner bagi atau bisa juga dikatakan untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata serta formulir semisal formulir bagi atau bisa juga dikatakan untuk pilihan sekolah. Yang dengannya DMR lembar jawaban tak Perlu dijawab menggunaan pensil 2 B, namun bisa mempergunakan alat tulis lain-lainnya semisal pulpen serta spidol dan bisa mempergunakan kertas biasa.
8. Kamera Digital
Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Perkembangan teknologi sudah begitu canggih menjadikan komputer bisa atau mampu mendapatkan input dari kamera. Kamera ini dinamakan yang dengannya Kamera Digital yang dengannya kualitas gambar lebih tidak jelek alias bagus serta lebih baik dibandingkan yang dengannya tips menyalin gambar yng mempergunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan serta kepraktisan alat ini Amat membantu tidak sedikit kegiatan serta pekerjaan. Kamera digital tak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yng diambil yang dengannya kamera digital disimpan ke dalam memori kamera yang telah di sebutkan dalam bentuk file, lantas bisa dipindahkan ataupun ditransfer ke komputer. Kamera digital yng beredar di pasaran era ini ada macam-macam jenis, mulai dari jenis kamera bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengambil gambar statis hingga yang dengannya kamera yng bisa merekan gambar hidup ataupun bergerak semisal halnya video.
9. Mikrofon serta Headphone
Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Unit masukan ini berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk merekam ataupun memasukkan bunyi yng akan disimpan dalam memori komputer ataupun bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendengarkan bunyi. Yang dengannya mikropon, kita bisa merekam bunyi maupun bisa berbicara kepada orang yng kita inginkan pada era chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lain-lainnya yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendapatkan input bunyi yakni sound card serta speaker bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendengarkan bunyi.
10. Graphics Pads
Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer - TutorialCaraKomputer.com
Teknologi Computer Aided Design (CAD) bisa membuat rancangan bangunan, rumah, mesin kendaraan beroda empat, serta pesawat yang dengannya mempergunakan Graphics Pads. Graphics pads ini adalah input masukan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yng dipakai memiliki dua jenis. Pertama, mempergunakan jarum (stylus) yng dihubungkan ke pad ataupun yang dengannya memakai bantalan tegangan rendah, yng pada bantalan yang telah di sebutkan terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yng dikirimkan lantas diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, mempergunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa mempergunakan jarum. Tatacara kerjanya merupakan yang dengannya meletakkan kertas gambar pada bantalan, lantas ditulisi yang dengannya pensil. Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer Title: Pengertian serta Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer Date: 2014-04-07T13:53:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Jenis - Jenis Alat Input Pada Komputer