Pengertian dan fungsi Processor / CPU komputer

- 1/27/2017 09:33:00 AM

Pengertian dan fungsi Processor / CPU komputer

 
Processor ataupun yng biasa disebut yang dengannya CPU adalah otak dari komputer yang dengannya dibantu oleh komponen - komponen lain. Satuan kecepatan dari processor merupakan MHz, serta makin besar nilai kecepatan dari processor maka kerja komputer pula makin cepat. Secara konseptual processor mempunyai 3 komponen utama yakni ALU, CU serta MU.
  1. ALU (Aritmatic Logical Unit) merupakan bagian dari CPU yng bertugas bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan perhitungan aritmatika yng Perlu dijalankan sesuai yang dengannya intruksi program. selain itu ALU pula berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyelesaikan program yang dengannya operasi logika menjadikan seluruh perhitunga dari matematika pada komputer di lakukan pada bagian ini.
  2. CU (Control Unit) merupakan bagian yng bertugas bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur lalu lintas data semisal menganbil intruksi memori utama, mengatur serta mengendalikan perlengkapan input serta output, mengirim perintah ke ALU, menyimpan hasil proses serta lain-lain.
  3. MU (Memori Unit) merupakan bagian yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan sementara fungsi-fungsi yng dieksekusi maupun yng sedang diproses.
Pada era saat ini ini perkembangan processor telah Amat pesat, mulai dari celeron, dual core, core 2 duo, core i2 hingga core i7, ada pula Xeon bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer server serta intel atom bagi atau bisa juga dikatakan untuk notebook. Menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih processor sebaiknya sesuaikan yang dengannya kebutuhan.
Hal-hal yng Perlu diperhatikan dalam memilih processor:
  1. sesuaikan yang dengannya slot yng ada pada motherboard.
  2. Clock Speed Processor, lantaran makin tinggi speed processor maka makin cepat kecepatan dari processor yang telah di sebutkan, semisal: Intel Pentium IV 1,8GHz artinyaprocessor memiliki kecepatan bagi atau bisa juga dikatakan untuk eksekusi sebesar 1800 juta dalam 1 detik.
  3. Cache memori, makin tinggi nilai cache memori maka makin cepat processor dalam melakukan eksekusi.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan fungsi Processor / CPU komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan fungsi Processor / CPU komputer