Pengertian, Sejarah dan Jenis - Jenis Sistem Operasi Unix

- 2/16/2017 05:04:00 AM

Pengertian, Sejarah dan Jenis - Jenis Sistem Operasi Unix

 
Feriantano S Education Selasa, 20 Mei 2014 07.21 Pengertian, Sejarah dan Jenis - Jenis Sistem Operasi Unix - TutorialCaraKomputer.com
Unix ataupun UNIX merupakan sebuah system operasi komputer yng diawali dari project Multics (Multiplexed Information and Computing Service) pada tahun 1965 yng di lakukan American Telephone and Telegraph AT&T, General Electric (GE), serta Institut Teknologi Massachusetts (MIT), yang dengannya biaya dari Departemen Pertahanan Amerika (Departement of Defence Advenced Research Project, DARPA ataupun ARPA), UNIX didesain menjdai System operasi yng portable, multi-tasking serta multi-user.
System operasi Unix dipakai secara luas baik menjdai server ataupun workstation. Arsitektur Unix serta model client/server adalah elemen yng paling penting dalam perkembangan internet serta merubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, adalah system operasi yng diadopsi dari Unix serta tersedia secara bebas mendapatkan popularitas menjdai pengganti dari system operasi proprietary semisal Microsoft Windows

Sejarah System Operasi Unix


Unix berkembang dari MULTICS, sebuah proyek system operasi yng multiuser. Pada tahun 1969, proyek MULTICS dihentikan oleh AT&T lantaran terlambat, tak sesuai yang dengannya jadwal yng sudah ditentukan, pula lantaran jauhnya jarak antara periset yng mengembangkannya, antara laboratorium New Jersey serta MIT.
Pada tahun 1969, Ken Thompson berkerja percis yang dengannya Dennis Ritchie, dua peneliti yng sebelumnya bekerja pada proyek MULTICS, berupaya merealisasikan ide MULTICS mempergunakan komputer PDP-7. Peter Neuman merekomendasikan mempergunakan nama Unix bagi atau bisa juga dikatakan untuk system yng baru ini. Pada tahun 1971, Unix di-port-kan bagi atau bisa juga dikatakan untuk PDP-11 dari Digital. Lantas pada tahun 1970, ilmuwan AT&T tidak sedikit menambahkan kemampuan UNIX menjadikan tidak sedikit program-program kecil, yng disebut tools di UNIX, yng mana masing-masing tool dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan suatu fungsi.
Tahun 1973, Unix ditulis ulang oleh Ken Thompson yang dengannya mempergunakan Bahasa C yng baru dikembangankan oleh Dennis Ritchie. Bahasa C dirancang bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa dibawa portable dari komputer satu ke komputer lain-lainnya.
Tahun 1977, Mike Lesk mengembangkan “ported I/0 library”, pustaka bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatasi kesulitan membawa UNIX dari satu komputer ke komputer lain karna perbedaan penanganan system masukan serta keluaran dari setiap komputer. Unix pertama kali dibawa kedalam laboratorium Interdata 8/32, komputer mikro yng percis yang dengannya PDP-11. Tahun 1978, system operasi UNIX dibawa kedalam komputer mini VAX. Sampai-sampai era ini, Unix masih tidak sedikit menjdai system eksperimental.
Awal 1973 lebih dari 16 AT&T ataupun Western Electric di luar laboratorium Bell menjalankan system operasi Unix, Unix lantas menyebar. Perusahaan-perusahaan mulai melakukan port terhadap Unix bagi atau bisa juga dikatakan untuk mesinnya menjadikan bermunculan beberapa varian Unix. Tahun 1977 sedikitnya 500 tempat mempergunakan system operasi Unix, 125 diantaranya merupakan perguruan tinggi serta lebih dari 10 negara asing. Pada tahun 1977 pula keluar Unix Versi 6 yng mempunyai dukungan komersial.
Universitas California di Berkeley membayar 400 (dalam satuan dollar) bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh sumber Unix yng didalamnya terdapat kode sumber Unix yng lengkap. Bill joy serta Chuck Haley, lulusan dari Berkeley, mulai merubah. Tahun 1978 Bill Joy mengeluarkan 30 salinan koleksi program serta modifikasi Unix yang dengannya biaya alternatif media serta pengiriman seharga 50 (dalam satuan dollar). Lebih dari 6 tahun Berkeley mendapatkan dana dari ARPA bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengembangkan Unix yng lantas disebut yang dengannya BSD Unix. tidak sedikit pengembangan yng sudah di lakukan semisal multitasking, penamaan file yang dengannya jumlah karakter hingga yang dengannya 255 karakter, serta kemampuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk dipakai di komputer lokal. pada tahun yng percis AT&T tetap mengembangkan Unix versinya, serta mulai khawatir akan kepopuleran BSD Unix.
AT&T mengembangkan produk komersial Unix, yng disebut UNIX System V serta menyatakan menjdai standart Unix, serta menyatakan bahwasanya BSD Unix bukan adalah produk Unix yng standart serta tak kompetible, Pernyataan ini dikeluarkan oleh AT&T bagi atau bisa juga dikatakan untuk meredam kepopuleran BSD Unix, pula karna hak cipta ada pada AT&T, BSD Unix dinyatakan menjdai BSD 4.2. yang dengannya lisensi Berkeley yang dengannya AT&T Universitas bisa secara bebas.

Jenis - Jenis System Operasi Unix


UNIX merupakan sebuah system operasi yng dikembangkan oleh tidak sedikit pihak. Setiap pihak yng mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yng walaupun hal itu di luar standar, bisa atau mampu menjadikan system operasi UNIX lebih kuat ataupun lebih andal. Tabel berikut menyebutkan beberapa jenis-jenis UNIX.
Nama Varian UNIXDikembangkan (Vendor / Organisasi)
A/UXApple Computer
Domain/XApple Computer
DarwinApple Computer (modifikasi yng di lakukan oleh Apple dari kernel BSD serta diaplikasikan pada Mac OS/X).
CTIXConvergent Technology
DistrixConvergent Technology
UniCOSCray Research (saat ini bagian dari Silicon Graphics Incorporated)
DG/UXData General Corporation
Digital UNIXDigital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq, saat ini bagian dari Hewlett-Packard)
UltrixDigital Equipment Corporation (DEC) (dibeli oleh Compaq. saat ini bagian dari Hewlett-Packard)
CLIXFairchild Company
HP/UXHewlett-Packard
Tru64Compaq (saat ini bagian dari Hewlett-Packard)
AIXInternational Business Machine (IBM) Corporation
CoherentMark William Company
XENIXMicrosoft Corporation (lalu dijual ke SCO)
DVIXNorthern Telecom
UnixWareNovell Incorporated
SCO UNIXSanta Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO XENIXSanta Cruz Operation (SCO) Corporation
SCO OpenServerSanta Cruz Operation (SCO) Corporation
DynixSequent
SINIXSiemens Corporation/Nixdorf
IRIXSilicon Graphics Incorporated (SGI)
SunOSStanford Universities Network (SUN)
SolarisSun Microsystems Incorporated
OpenSolarisSun Microsystems Incorporated
IllumosIllumos.org
EuniceThe Wollongong Group
Uniplus+Unisoft Corporation
BSD UNIXUniversitas California (University of California) Berkeley, Amerika Serikat
BSD/IBSDI (Berkeley Software Design Incorporated)
OSF/1Open Software Foundation
GNU/LinuxFree Software Foundation
GNU/HurdFree Software Foundation
FreeBSD-
NetBSD-
OpenBSD-
NextStep-
MinixUniversitas Terbuka Amsterdam (Vrije Universiteit Amsterdam), Belanda
MachUniversitas Carnegie Mellon (Carnegie Mellon University), Amerika Serikat
UNIX System VLucent Technologies (Bell Labs)
QNXQNX Software Systems
Pengertian, Sejarah dan Jenis - Jenis Sistem Operasi Unix Title: Pengertian, Sejarah serta Jenis - Jenis System Operasi Unix Date: 2014-05-20T07:21:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Sejarah dan Jenis - Jenis Sistem Operasi Unix

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Sejarah dan Jenis - Jenis Sistem Operasi Unix