Evolusi Personal Computer

- 2/16/2017 09:41:00 AM

Evolusi Personal Computer

 

Laju Evolusi Personal Computer
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia online (kbbi.web.id). Istilah komputer didefinisikan menjdai berikut :
komputer /kom·pu·ter/ n alat elektronik otomatis yang bisa menghitung ataupun mengolah data secara cermat pendapat dari yang diinstruksikan, serta memberikan hasil pengolahan, dan bisa menjalankan system multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb), umumnya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, dan unit pengontrolan;
mengomputerkan /me·ngom·pu·ter·kan/ v mempergunakan serta memanfaatkan perangkat komputer bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali keperluan agar lebih praktis.

Akan tetapi demikian kita kerap menemukan beberapa perbedaan mengenai definisi ataupun terminologi mengenai istilah komputer, baik yng kita baca dari buku-buku, penjelasan dari guru serta sahabat, ataupun yng dipelajari dari media panduan tertentu. Dsini butuh saya tekankan bahwasanya, hal yang telah di sebutkan bukanlah sesuatu yng aneh. Mengingat bidang ilmu komputer mempunyai tidak sedikit cabang serta kajian yng berbeda-beda. Serta dari tiap cabang ilmu komputer yang telah di sebutkan melahirkan pakar-pakar yang dengannya ideologi serta paham komputer yng berbeda juga.
Misalnya, seorang programer professional yng biasa berkutat yang dengannya syntax, tentu mempunyai kajian serta paham ilmu komputer yng berbeda yang dengannya desainer grafis dalam menerangkan fungsi dasar serta manfaat dari mempergunakan komputer. Orang-orang pula akan memberikan spesifikasi yng berbeda mengenai software serta hardware yng diharapkan bagi atau bisa juga dikatakan untuk meningkatkan secara optimal perangkat komputernya.

Terlepas dari banyaknya istilah-istilah yang telah di sebutkan mari kita mulai yang dengannya arti Personal Computer (PC) berdasar kajian serta sudut pandang Admin;
Personal Computer era ini, pendapat dari saya lebih mirip yang dengannya PC Pentium III super milik Ir. Abdul Salam Al-Bashori (guru ngopreknya admin) yng saya bongkar awal tahun 1998, bagi atau bisa juga dikatakan untuk memlai pembelajaran tingkat lanjut menjdai teknisi komputer. Serta lebih mirip yang dengannya PC pentium 4 pertama seharga $450 yng dibeli serta dirakit oleh saya sendiri pada tahun 2004, yng tujuan utama pengadaanya merupakan, menjdai alat bagi atau bisa juga dikatakan untuk latihan, eksperimen, hiburan serta selebihnya buat usaha (Pula satu-satunya PC yng pernah ikut yang dengannya admin melintasi selat sunda dalam perjalan dari Pekanbaru-RIAU ke Karawang- Jawa Barat). Tentu saja kemiripannya cuma terdapat atau terletak pada interface (antarmuka hardware, peripheral serta sofware) serta tak yang dengannya teknologi yng diusung oleh perangkat PCsaat ini.
Dulu, pada tahun 1998-2004 siapapun akan terasa bangga mempunyai PC pentiun III ataupun Pentium 4 yang dengannya RAM 128MB/256MB, VGA Card 32MB/64MB, Soundcard serta Harddisk yang dengannya kapasitas 20GB sampai-sampai 40GB. Mengingat era itu masih tidak sedikit pemakain PC yng mempergunakan teknologi CPU AMX serta pentium II yng masih mempergunakan harddisk yang dengannya kapasita 6,4GB hingga 10GB peninggalan Win95 serta win98. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk ukuran pemilik PC era itu, ukuran yang telah di sebutkan tentu saja adalah ukuran Harddisk yng terbilang super lapang! Kebanggan itu tentu saja tak relevan andai ditempatakan pada pembicaraan teknologi personal computer era ini, yng notabene butuh kapasitas harddisk yng besar serta teknologi harddware yng lebih tangguh bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengimbangi kebutuhan system operasi serta software-software yang dengannya standar processor, memmory, serta konsumsi graphic yng Amat tinggi.
Kita ambil semisal; bagi atau bisa juga dikatakan untuk windows 7 32/64bit saja kita Perlu menyiapkan kapasitas minimum Harddisk (bukan kapasitas pada partisi) sampai-sampai 10GB (itu baru bagi atau bisa juga dikatakan untuk OS-nya) mengingat kapasitas Windows7 32bit sendiri mencapai 2,5GB pada DVD serta mencapai +4GB sesudah terinstall didalam Harddisk. Sementara bagi atau bisa juga dikatakan untuk versi Windows 7 64bit sampai-sampai 3.25GB pada DVD serta mencapai +6GB sesudah terinstall pada Harddisk. Itu belum salah satunya software Drivers, App spreadsheet semisal Microsoft Office, sofware pengolahan data multimedia, games serta lain-lainnya..
Menjdai gambaran; bagi atau bisa juga dikatakan untuk installasi standar (relatif) pada komputer saya saja mencapai kapasitas +45GB, telah salah satunya games Starcraft 2 Wings of Liberty (8GB) serta PES 2013+Patch (6GB). Itu belum salah satunya files musik, video, photo serta file-file penting lain-lainnya yng saya tempatkan dalam partis D:/ serta E:/. Pengertiannya, kita tak lagi membahas kapasitas HDD 6,4GB - 40GB lantaran era ini kebutuhan kapasitas bagi atau bisa juga dikatakan untuk sofware pula berganti seiring perkembangan teknologi komputasi. Imbasnya,.. huruf pada media penyimpanan-pun berevolusi dari GB (GigaByte) menjadi TB (TerraByte). Kebanyakaan dari Laptop/Notebook ataupun PC Pabrikan era ini, pula sudah membenamkan standar 500GB-HDD serta 4GB-8GB RAM di dalamnya!
Berbicara soal kapasitas harddisk, saya ada tidak banyak penglaman yng tidak lebih menyenangkan; tepatnya pada bulan September tahun 2013. Waktu itu saya pernah mengalami kesulitan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh 1 buah harddisk laptop yang dengannya kapasitas 300GB, yng pendapat dari saya tak terlalu kecil serta diyakini masih tidak sedikit tersedia dipasaran. Tujuan favorite saya pusat elektronik Harco Mangga 2 Jakarta. Yng sejauh ini saya anggap cukup lengkap bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjadi tujuan belanja bagi para pecinta Hardware serta Software.
Kendalanya samasekali bukan pada harga, namun pada ketersediaan produk itu sendiri. Kondisi langka yang telah di sebutkan memaksakan saya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan eksplorsi dari lantai 1 hingga lantai 3 yng terbilang cukup luas serta yang dengannya berusaha bagi atau bisa juga dikatakan untuk tak melewatkan toko-toko komputer ternama di dalamnya. Sesudah melakukan eksplorasi hampir 2 jam tanpa hasil (telah salah satunya istirahat tentunya), akhirnya saya dapatkan pula produk yang telah di sebutkan dari sebuah toko yng justeru Amat kecil serta terdapat atau terletak disudut yng cukup jauh dari keramaian. Didasari pengalaman yang telah di sebutkan saya mengambil kesimpulan mungkin beberapa bulan kedepan saya pula Perlu melakukan eksplorasi yng percis bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperoleh Harddisk yang dengannya kapasitas 500GB. ( Ckckckck....).
Pesatnya evolusi personal computer pula berimbas pada evolusi media penyimpanan data. Tak cuma terlaksana pada kapasitas HDD yng makin Besar, namun pula terlaksana pada Flashdisk Drive. yng awal evolusinya sudah dimuali dari Diskette generasi pertama yang dengannya kapasitas sebesar 720KB (belum pernah punya), lantas berkembang menjadi 1,2MB di generasi Diskette ke 2 (gak pernah megang) serta 1.4MB Diskette (masih punya hingga saat ini :D) yng kemudaian menjadi barang langka yng hampir punah sesudah kemunculan Flashdisk Drive.


Source Article and Picture : annoerkomputer.blogspot.com

Seputar Evolusi Personal Computer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Evolusi Personal Computer