Pengertian dan Fungsi DHCP pada Jaringan Komputer

- 2/16/2017 02:18:00 PM

Pengertian dan Fungsi DHCP pada Jaringan Komputer

 
Apa yng dimaksud yang dengannya DHCP? Apa manfaat dari DHCP yang telah di sebutkan? Serta bagaimana tips kerja dari DHCP yang telah di sebutkan?Bila kita mengkaji ihwal Jaringan Komputer maka kita pasti akan menemukan istilah yng namanya DCHP.
DHCP ataupun Dinamic Host Configuration Protocol merupakan protokol client server yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan alamat IP Address secara otomatis pada komputer ataupun perangkat jaringan yng lain.
Yang dengannya adanya DHCP teknisi komputer tak butuh melakukan konfigurasi satu persatu komputer client bagi atau bisa juga dikatakan untuk memberikan IP Address secara manual, cukup melakukan konfigurasi DHCP maka seluruh perangkat yng terhubung dalam jaringan akan memperoleh IP Address secara otomatis. IP Address yng diberikan oleh system akan menyesuaikan yang dengannya network dipakai pada jaringan yang telah di sebutkan.
DHCP umumnya dikonfigurasikan pada perangkat router menjadikan jaringan berada dibawah dari router akan memperoleh IP Address secara DHCP. Seorang teknisi lebih Suka mempergunakan DHCP lantaran membuat mudah dalam pengkonfigurasian jaringan komputer. Selain pemberian IP Address secara otomatis DHCP pula memberikan netmask serta konfigurasi jaringan lain agar mampu terkoneksi yang dengannya network yang telah di sebutkan.
Manfaat mempergunakan DHCP pada jaringan
  • Konfigurasi ip address di lakukan secara otomatis menjadikan teknisi tdak butuh sulit payah memberikan ip address pada komputer satu per satu.
  • Mencegah terjadinya conflict ataupun duplikat ip address
  • Bisa mempergunakan alamat IP tertentu dalam waktu tertentu.
Tips kerja DHCP pada jaringan komputer Pada era komputer client pertama kali dinyalakan maka komputer yang telah di sebutkan secara otomatis akan melakukan request alamat IP pada server. Selanjutnya server akan menjawab permintaan komputer client yang dengannya memberikan alamat IP pada komputer yang telah di sebutkan.

Berikut merupakan beberapa istilah dalam DHCP: IP Least Request Komputer client meminta alamat IP ke server IP Least Offer DHCP server yng mempunyai list alamat IP memberikan penawaran kepada komputer client IP Lease Selection Komputer client memilih/ menyeleksi penawaran yng pertama kali diberikan DHCP, lantas melakukan broadcast yang dengannya mengirim pesan bahwasanya komputer client menyetujui penawaran yang telah di sebutkan IP Lease Acknowledge Pada tahap ini DHCP server mendapatkan pesan yang telah di sebutkan serta mulai mengirim suatu paket acknowledge (DHCPACK) kepada client. Paket yang telah di sebutkan berisi berapa lama komputer client mampu mempergunakan alamat IP yang telah di sebutkan (yng diberikan DHCP server) beserta konfigurasi lain-lainnya. Serta komputer client pun bisa terhubung ke jaringan.
Perbedaan DHCP Server serta DHCP Client Didalam DHCP kita akan mengenal 2 istilah yakni DHCP server serta DHCP client yng masing-masing memiliki tugas yng berbeda-beda. saat ini apa perbedaan antara DHCP server serta DHCP client?
Sebuah perangkat yng memberikan ip address secara otomatis kepada komputer client disebut yang dengannya DHCP Server sedangkan komputer yng meminta alamat IP address disebut yang dengannya DHCP Client.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan Fungsi DHCP pada Jaringan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Fungsi DHCP pada Jaringan Komputer