Pengertian dan Definisi Bandwidth

- 2/16/2017 12:27:00 AM

Pengertian dan Definisi Bandwidth

 
Feriantano S Education Jumat, 14 Februari 2014 13.33 Pengertian dan Definisi Bandwidth - TutorialCaraKomputer.com
Secara umum, pengertian bandwidth merupakan perbedaan angka antara komponen sinyal berfrekuensi rendah serta sinyal berfrekuensi tinggi ataupun bisa pula disebut lebar dari cakupan frekuensi yng dipakai sinyal di dalam sebuah medium transmisi. Selain itu, secara umum bandwidth bisa pula diartikan menjdai jumlah data yng bisa dikirimkan melalui saluran komunikasi dalam jangka waktu tertentu.
Dalam jaringan komputer, pengertian bandwidth merupakan jumlah data yng bisa dibawa dari satu titik ke titik lain dalam jangka waktu tertentu (umumnya mempergunakan satuan detik) ataupun lebih sederhananya bisa diartikan yang dengannya besaran volume berita yng bisa di handle / ditangani persatuan waktu. Jenis bandwidth umumnya dinyatakan dalam bit (data) per detik (bps). Kadang-kadang, pula dinyatakan dalam byte per detik (Bps).
Bandwidth sendiri akan dialokasikan ke komputer dalam jaringan serta akan memberi pengaruh kecepatan transfer data pada jaringan komputer yang telah di sebutkan menjadikan makin besar bandwidth pada jaringan komputer maka makin cepat juga kecepatan transfer data yng bisa di lakukan oleh client ataupun server.
Pada sebuah jaringan komputer bandwidth terbagi menjadi 2 yakni bandwidth digital serta bandwidth analog. Berikut merupakan penjelasan masing - masing bandwidth yang telah di sebutkan:
1. Bandwidth Digital
Bandwidth digital merupakan jumlah ataupun volume suatu data (dalam satuan bit per detik/bps)yng bisa dikirimkan melalui sebuah saluran komunikasi tanpa adanya distorsi.
2. Bandwidth Analog
Bandwidth analog adalah perbedaan antara frekuensi terendah serta frekuensi tertinggi dalam sebuah rentang frekuensi yng diukur dalam satuan Hz (hertz) yng bisa menentukan banyaknya berita yng bisa ditransmisikan dalam suatu era.

Samakah Bandwidth yang dengannya Kecepatan?


Butuh diperhatikan bahwasanya bandwidth itu berbeda yang dengannya kecepatan. Kecepatan merupakan jarak yng ditempuh dalam satu satuan waktu, sedangkan bandwidth merupakan banyaknya bit yng bisa dikirimkan per detik. Makin tidak sedikit bit yng bisa dikirim dalam satuan waktu misalnya detik, berguna lebih besar bandwidth nya menjadikan menjadi lebih cepat kecepatan transfer datanya. Berguna secara tak langsung bisa diambil kesimpulan bahwasanya bandwidth lah yng memberi pengaruh besarnya kecepatan transfer data di dalam jaringan.
Andai kita berpikir bahwasanya waktu di ibaratkan menjdai jarak, serta bandwidth merupakan banyaknya bit yng terdapat atau terletak di selang jarak yang telah di sebutkan, maka akan kita dapatkan bahwasanya masing-masing bit di dalam selang yang telah di sebutkan mempunyai lebar ataupun width tertentu. Pengertian dan Definisi Bandwidth Title: Pengertian serta Definisi Bandwidth Date: 2014-02-14T13:33:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian dan Definisi Bandwidth

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Definisi Bandwidth