Cara Menganalisa Kerusakan Pada Laptop atau Komputer

- 2/24/2017 11:35:00 AM

Cara Menganalisa Kerusakan Pada Laptop atau Komputer

 
laptop serta komputer adalah perangkat yng paling Suka dipakai dalam melakukan pekerjaan perkantoran. Laptop serta komputer akan membuat mudah pekerjaan kita semisal: mengetik, membuat surat, menghitung, suting gambar serta membuat presentasi kerja. Namun makin Suka laptop ataupun komputer dgunakan maka kadang-kadang komputer ataupun laptop pula mengalami masalah semisal: laptop tak mampu dijalankan, laptop ataupun komputer mengalami hang, laptop bluescreen ataupun malah mengalami mati total.
Lihat pula: Pengertian serta Fungsi POST pada Komputer
Kerusakan pada laptop bisa dikategorikan menjadi 2 yakni: kerusakan berat serta kerusakan ringan. Andaikan laptop mengalami kerusakan berat semisal mati total maka saya sarankan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membawa ke tukang ahli komputer ataupun service komputer. Namun andai laptop ataupun komputer kita cuma mengalami kerusakan ringan, tentu kita mampu memperbaikinya sendiri. Pada di artikel ini saya akan membagikan cara serta tatacara menganalisa kerusakan pada laptop serta komputer.
1. Kenali indikator serta ciri yng muncul pada era komputer pertama dinyalakan.
Mengenali indikator serta gejala yng muncul pada era pertama kali dinyalakan sangatlah penting, lantaran indikator yng muncul bisa menjadi acuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menganalisa kerusakan serta langkah bagi atau bisa juga dikatakan untuk memperbaikinya semisal: kode beep ataupun pesan peringatan pada layar monitor. Kode beep mampu menjadi petunjuk andai perngkat mengalami masalah semisal: video card, lan card, RAM, motherboard serta prosessor. Bunyi kode beep umumnya akan menyesuaikan jenis bios yng dipakai jadi masing - masing bios mempunyai kode beep yng berbeda-beda.
Lihat pula: Jenis Bios serta Kode Beep pada Bios
Sedangkan andai ada pesan error dari layar monitor umumnya disertai goresan pena peringatan, antara lain : “hardisk failure”, “muncul blue screen”. Langkah termudah mampu kamu coba lepas serta cek peripheral yng bersangkutan.
Lihat pula: Cara Merawat Laptop
2. Layar Monitor gelap serta lampu indikator tetap menyala.
Sesudah laptop ataupun komputer dinyalakan tentunya kita akan mengamati gejala yng muncul pada perangkat. Andai laptop dinyalakan akan tetapi layar monitornya gelap ataupun tak ada tampilan percis sekali, maka umumnya kerusakan terlaksana pada layar LCD kita. Akan tetapi bagi atau bisa juga dikatakan untuk memastikan hal yang telah di sebutkan kita mampu mempergunakan monitor lain ataupun monitor eksternal andai kita mempergunakan laptop.
LCD itu sendiri dibagi menjadi 3 bagian yakni: fleksibel, inverter serta LCD itu sendiri, andai kabel fleksibel yng mengalami masalah kita mampu cek yang dengannya menggoyang-goyangkan kabel yang telah di sebutkan, andai sekilas ada tampilan pada layar monitor maka ini menunjukan bahwasanya kerusakan pada fleksibel. Namun andai kerusakan pada inverter serta LCD maka kita Perlu mengganti yang dengannya yng baru lantaran inverter serta LCD jadi satu.
3. Laptop tak mampu di charge
Andai laptop tak mampu di cas mungkin kerusakan pada ces laptop yang telah di sebutkan ataupun perangkat lain pada motherboard yakni IC power motherboard serta Jack Power.
andai laptop mengalami kasus semisal ini langkah yng di lakukan merupakan yang dengannya berupaya berlebi dahulu yang dengannya charge lain. Andai tetap tak mampu melakukan charger maka mungkin kerusakan pada jack power ataupun IC powernya. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan cek pada jack power ataupun IC power kita Perlu membongkar laptop.

4. laptop ataupun Komputer tak mampu melakukan booting
Andai laptop ataupun komputer tak mampu melakukan booting / tak mampu menyala serta tak mampu masuk system operasi, maka ada 2 mungkin yakni: kerusakan pada software serta kerusakan pada hardware. Andai kerusakan pada software langkahnya kita mampu melakukan repair pada system operasi yng dipakai ataupun andai tetap tak mampu maka langkah paling gampang merupakan melakukan install ulang system operasi.
Andai permasalahan pada hardware maka kita mampu cek pada perangkat Harddisk, RAM ataupun VGA Card. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat permasalahan pada harddisk kita mampu masuk ke menu bios serta memastikan harddisk masih terdeteksi pada laptop kita. Andai pada RAm maka kita mampu melepas RAM serta membersihkannya lantas memasang kembali RAM yang telah di sebutkan ataupun coba dipasang pada slot yng lain.
Demikian tidak banyak postingan yng mampu saya bagi, mudah-mudahan cara simpel ini mampu berguna.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Cara Menganalisa Kerusakan Pada Laptop atau Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Cara Menganalisa Kerusakan Pada Laptop atau Komputer