Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan UEFI

- 4/07/2017 01:47:00 AM

Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan UEFI

 
Feriantano S Education Minggu, 06 April 2014 08.14 Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan UEFI - TutorialCaraKomputer.com
Peran teknologi BIOS menjdai jembatan antara firmware hardware serta OS Amat penting, lantaran ini menjadi berita pertamakali bagi atau bisa juga dikatakan untuk OS era akan melakaukan proses Booting. Akan tetapi di sayangkan teknologi BIOS ini telah Amat rawan disalahgunakan, lantaran Suka disalahgunakan serta mengancam kerentanan hardware. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu vendor melahirkan teknologi baru UEFI menjdai alternatif dari teknologi BIOS, yng pasti dari UEFI ini teknologinya lebih Aman, tampilan User Interface yng lebih baik serta melakukan proses booting lebih cepat dari UEFI.

Pengertian UEFI


UFEI (EFI v2.x) adalah singkatan dari Unified Extensible Firmware Interface merupakan standard teknologi baru yng berfungsi memperluas (mempercanggih) fungsi dari program BIOS. Lahirnya standar interface UEFI saat ini, diawali yang dengannya digagasnya standard EFI pada pertengahan 1990an, pada proyek bareng komputer server Intel-HP Itanium. Kalau Intel serta HP menjdai pelopor lahirnya EFI maka pada perkembangan selanjutnya disempurnakan lagi spesifikasi serta fitur"nya menjadikan mampu diaplikasikan di seluruh platform hardware komputer modern era ini. Walhasil, lahirlah spesifikasi interface baru yng disebut yang dengannya UEFI. U= Unified yng berguna diseragamkan standardnya. UEFI adalah perkembangan dari EFI (v1.x). Maka istilah UEFI disebut pula yang dengannya EFI v2.x.
Semisal halnya BIOS, UEFI menghubungkan antara hardware, firmware, serta OS dalam sebuah komputer. UEFI menjadi program yng pertama kali berjalan era komputer dinyalakan. UEFI akan mengecek setiap komponen hardware yng terpasang di komputer, menyalakannya, mengaturnya, serta menyerahkannya ke system operasi melalui proses booting.
UEFI adalah komponen software yng terdapat pada system komputer yng lebih modern. Meskipun awal-awalnya cuma dipakai pada komputer kelas Server, akan tetapi isu terkini era ini telah mulai tidak sedikit dipakai pada komputer PC kelas atas (High End) serta pula pada laptop. Sesudah munculnya UEFI firmware, maka teknologi BIOS yng biasa (Legacy BIOS) telah akan mulai ditinggalkan. Butuh diketahui bahwasanya teknologi BIOS telah berumur 30 tahun, maka telah saatnya ada generasi teknologi baru yng lebih canggih serta mampu mensupport perkembangan pada sisi hardware serta teknologinya.

Kelebihan UEFI


  1. UEFI mempunyai komunikasi yng lebih baik yang dengannya hardware serta firmware. Misalnya saja dia tak memerlukan boot sector di hardisk serta mampu mempergunakan mouse + keyboard di interfacenya.
  2. UEFI pula bisa atau mampu diprogram menjadikan manufaktur mampu menambahkan software serta driver didalamnya, membuat system serta fitur UEFI mampu lebih lengkap daripada BIOS.
  3. Secara visual UEFI mempunyai tampilan yng lebih cantik serta atraktif. Berlebi mouse serta keyboard mampu dipakai di UEFI menjadikan makin membuat mudah proses konfigurasi serta overclocking.
  4. UEFI mempunyai security yng lebih kuat dibandingkan BIOS. Dia bisa atau mampu menjaga pre-startup, pre-boot, serta process lain-lainnya dari serangan bootkit.
  5. UEFI mendukung hardisk yang dengannya kapasitas lebih dari 2.2 TB denga format GPT.
  6. UEFI mempercepat waktu startup serta resume era komputer di hibernate.
  7. UEFI mendukung driver perangkat 64-bit menjadikan mampu mengalokasikan sampai-sampai 17.2 Milyar GB memory era startup.
  8. Selama masa transisi dari BIOS ke UEFI, sebagian besar platform bakal support BIOS walaupun orang-orang mempergunakan UEFI. BIOS mampu berjalan di UEFI.

Kekurangan UEFI


Satu dari sekian banyaknya kelemahan UEFI hanyalah umurnya yng masih muda, menjadikan belum seluruh system operasi mendukung firmware yang telah di sebutkan. Linux sebetulnya telah support UEFI, akan tetapi di sayangkan belum ada distro Linux yng mengoptimasi OS orang-orang yang dengannya UEFI. Sebagian besar distro Linux masih belum mempergunakan serta memanfaatkan UEFI.
Jadi kesimpulannya, bagi atau bisa juga dikatakan untuk perkembangan ke depan, seluruh platform komputer akan berpindah dari legacy BIOS ke UEFI firmware. Mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk 5 tahun ke depan hampir seluruh produk laptop serta PC yng dibuat oleh vendor sdh mempergunakan UEFI serta meninggalkan pendahulunya legacy BIOS yng umurnya telah 3 dekade. Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan UEFI Title: Pengertian, Kelebihan serta Kekurangan UEFI Date: 2014-04-06T08:14:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan UEFI

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan UEFI