Membuat Instaler Windows 8 di Flashdisk

- 2/01/2017 06:49:00 PM

Membuat Instaler Windows 8 di Flashdisk

 
Notebook ataupun laptop-laptop era ini yng bentuk ataupun ukurannya tipis tidak sedikit yng dirancang tak mempunyai internal optical drive ataupun CD/DVD drive, lantaran ataupun alasan bentuknya yng ramping tadi menjadikan tak terdapat CD/DVD drive. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca ataupun membuka CD /DVD dipakai CD/DVD drive external. Kalau kamu tak memilikinya maka filenya Perlu dipindah dulu ke flashdisk ataupun hardisk eksternal mempergunakan laptop/komputer lain yng ada CD/DVD drivenya, baru lantas flashdisk/external disknya dibaca oleh komputer/laptop yng tak mempunyai CD/DVD drive yang telah di sebutkan.
Pada posting di artikel ini bagaimana mengalihkan installer Windows 8 dari DVD ataupun dari file ISO ke flashdisk ataupun yang dengannya kata lain bagaimana membuat instaler Windows 8 di flashdisk menjadikan bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk booting serta instalasi Windows 8 pada komputer ataupun laptop yng tak mempunyai CD/DVD drive ataupun lantaran CD/DVD drivenye rusak.
Siapkan Source Windows 8 nya. Kalau instalernya dalam bentuk DVD tinggal masukkan discnya ke DVD drive. kalau file installernya dalam bentuk ISO silakan mount dulu menjadi drive DVD virtual mengunakan software bagi atau bisa juga dikatakan untuk mounting ISO semisal Magic disc, DVDfab virtual, Alcohol, dll.
Isi dari DVD installer Windows 8.1
Siapkan Flashdisk yang dengannya kapasitas 8GB. Flashdisk yang dengannya kapasitas 4GB tak cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk menampung file installer Windows 8.1. Sedangkan flashdisk yang dengannya ukuran 16GB ke atas bisa dipakai namun memerlukan proses format yng lebih lama, lantaran pada proses formatingnya mempergunakan full format.
Sesudah DVD instaler Windows 8 siap serta flashdisk telah dicolokkan ke satu dari sekian banyaknya port USB, maka kamu bisa mengawali proses membuat Flashdisk bootable yng berisi installer Windows 8/8.1
Buka Command Prompt as Administrator (bagi atau bisa juga dikatakan untuk Windows 8, dari Metro screen /Metro UI /tampilan menu yng kotak-kotak warna warni itu, ketik command maka akan muncul pilihan Command prompt, klik kanan pada command prompt yang telah di sebutkan lantas pilih Run as Administrator ).
Sesudah jendela Command Prompt terbuka lakukan/tuliskan perintah sesuai yang dengannya urutan yang akan di sajikan kali ini :
1. Ketikkan perintah diskpart lantas tekan Enter. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk misalnya bisa dilihat pada hasil capture di komputer saya, klik pada gambar bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat besar.
2. ketik: list disk lantas tekan enter.
DISKPART>list disk
akan muncul seluruh disk yng terhubung ke komputer, lantas kamu perhatikan disk nomor berapa bagi atau bisa juga dikatakan untuk Flashdisk, pada semisal flashdisk saya merupakan disk 1
3. Pilih disk bagi atau bisa juga dikatakan untuk Flashdisk pada semisal merupakan disk 1 maka ketik: select disk 1 lantas tekan enter
DISKPART>select disk 1
akan ada keterangan disk 1 selected
4. Lantas ketikkan: clean , tekan enter,
DISKPART>clean
akan ada keterangan DiskPart succeeded in cleaning the disk
5. Perintah selanjutnya, ketik: create partition primary , tekan enter
DISKPART>create partition primary
akan ada keterangan Diskpart succeeded in creating the specified partition
6. Selanjutnya ketik: select partition 1 , tekan enter
DISKPART>select partition 1
akan muncul keterangan Partition 1 is now the selected partition
7. Lantas ketik: active , tekan enter
DISKPART>active
akan ada keterangan Diskpart marked the current partition as active
8. Perintah selanjutnya merupakan format, ketik: format FS=NTFS lantas tekan Enter.
DISKPART>format FS=NTFS
Proses format ini akan berlangsung agak lama lantaran adalah full format bukan quick format
proses format sukses ditandai yang dengannya keterangan 100 percent completed serta
Diskpart successfully formated the volume
9. Sesudah proses format selesai perintah selanjutnya merupakan assign diikuti yang dengannya Enter
DISKPART>assign
akan ada keterangan Diskpart successfully assigned the drive letter or mount point
10. Ketik exit lantas tekan Enter bagi atau bisa juga dikatakan untuk keluar dari diskpart.
DISKPART>exit
Tahapan selanjutnya merupakan membuat flashdisk menjadi bootable, toolnya ada di installer Windows di folder boot
11. Buka window/file explorer bagi atau bisa juga dikatakan untuk melihat DVD Windows installer ada di drive mana, pada semisal DVDnya ada di drive G. serta lihat pula drive letter bagi atau bisa juga dikatakan untuk flashdisknya, pada semisal drive bagi atau bisa juga dikatakan untuk flashdisk saya merupakan drive H.
Buka kembali Command Prompt, masuk ke drive DVD, pada semisal lantaran ada di drive G maka saya mengetik: G: lantas tekan Enter
>G:
12. Sesudah kursor berada di drive G masuk ke direktori boot yang dengannya mengetik cd boot , tekan enter
G:>cd boot
13. Lantas ketik perintah bootsect /nt60 h: (h disini merupakan drive flashdisk, sesuaikan drive flashdisk kamu)
G:boot>bootsect /nt60 h:
Kalau sukses akan ada keterangan Successfully updated NTFS filesystem bootcode
Bootcode was successfully updated on all targeted volumes
Langkah selanjutnya merupakan menyalin seluruh file yng ada di DVD ke flashdisk, masih yang dengannya mengunakan Command prompt
14. Genakan perintah xcopy, perhatikan kembali drive DVD serta Flashdisk jangan hingga tertukar, perintahnya merupakan ketik xcopy g:*.* h:/e/f/h lantas tekan enter, karakter berwarna merah g=DVD, h=flashdisk, sesuaikan yang dengannya drive letter di komputer kamu (h biru yang terakhir bukan h bagi atau bisa juga dikatakan untuk drive letter)
G:boot> xcopy g:*.* h:/e/f/h
Proses copy akan berjalan agak lama lantaran ukurannya hampir 4GB.
Kalau proses copy telah selesai maka flashdisk telah bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk booting serta instalasi Windows 8.
Jangan tidak ingat pada komputer target yng akan diinstal Windows mempergunakan flashdisk installer ini, boot order pada BIOSnya Perlu diatur USB Flashdisk berada di urutan pertama .
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk masuk ke setting boot order ini perhatikan disaat laptop dinyalakan dilayar akan ada tampilan beberapa saat bagi atau bisa juga dikatakan untuk menekan hotkey ke menu Bios, boot order, dll sebelum loading OS.


Source Article and Picture : www.tipstriks.com

Seputar Membuat Instaler Windows 8 di Flashdisk

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Membuat Instaler Windows 8 di Flashdisk