John von Neumann

- 4/04/2017 09:09:00 AM

John von Neumann

 
Ahli matematika terkenal John von Neumann (1903-1957) lahir di sebuah keluarga Yahudi di Budapest, Kekaisaran Austro-Hungaria, menjdai János Lajos von Neumann. Seorang anak-anak ajaib, János mendapatkan gelar Ph.D. dalam matematika dari Pázmány Péter Universitas di Budapest pada usia 22, bersamaan memperoleh ijazah pada bagian teknik kimia dari ETH Zurich di Swiss. Antara 1926 serta 1930, ia mengajar menjdai Privatdozent di Universitas Berlin, yng termuda dalam sejarah. Pada usia 25, ia telah menerbitkan belasan kertas besar.
John von Neumann beremigrasi ke Amerika Serikat cuma dalam waktu-pada tahun 1930, di mana ia diundang bagi atau bisa juga dikatakan untuk Princeton University, serta, lantas, merupakan satu dari sekian banyaknya dari empat orang yng dipilih bagi atau bisa juga dikatakan untuk fakultas Institute for Advanced Study (dua lain-lainnya merupakan Albert Einstein serta Kurt Gödel!), di mana ia tetap seorang profesor matematika dari pembentukannya pada tahun 1933 hingga kematiannya. Von Neumann merupakan seorang tokoh penting dalam ilmu komputer.
Penggunaan memori komputer digital bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyimpan kedua urutan instruksi serta data adalah terobosan yng von Neumann membuat kontribusi besar. Pada tahun 1945, sementara konsultasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk Moore Sekolah Teknik Elektro pada proyek EDVAC, von Neumann menulis set lengkap catatan, berjudul Draft Pertama Laporan di EDVAC. Makalah ini didistribusikan secara luas laied dasar-dasar arsitektur komputer dimana data serta program keduanya disimpan dalam memori komputer dalam ruang alamat yng percis, yng akan dijelaskan lantas menjdai von Neumann Architecture (lihat gambar bawah). Arsitektur ini menjadi standar de facto bagi atau bisa juga dikatakan untuk waktu yng lama serta masih dipakai hingga saat ini (hingga teknologi memungkinkan arsitektur lebih maju).
Von Neumann pula menciptakan bidang selular automata tanpa bantuan komputer, membangun pertama automata mereplikasi diri yang dengannya pensil serta kertas grafik. Konsep konstruktor universal fleshed dalam Teori kerja anumerta Diri Pengganda Automata. Von Neumann memperlihatkan bahwasanya tatacara yng paling efektif bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan operasi pertambangan skala besar semisal pertambangan seluruh planet ataupun sabuk asteroid akan mempergunakan mesin mereplikasi diri, mengambil keuntungan dari pertumbuhan eksponensial orang-orang.
Von Neumann dikreditkan yang dengannya setidaknya satu kontribusi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengkaji algoritma. Ilmuwan komputer terkenal Donald Knuth mengutip von Neumann menjdai penemu (tahun 1945), dari algoritma merge sort, di mana pertama serta kedua bagian dari array masing-masing diurutkan secara rekursif serta lantas bergabung bersama-sama. Algoritma nya bagi atau bisa juga dikatakan untuk simulasi sebuah koin yang dengannya koin bias dipakai dalam tahap software whitening beberapa hardware nomor tak terencana generator. Pada tahun 1956 von Neumann menulis nya (anumerta diterbitkan) buku The Komputer serta Brain, yng membahas bagaimana otak bisa dilihat menjdai mesin komputasi. Buku ini spekulatif di alam, namun membahas beberapa perbedaan penting antara otak serta komputer pada zamannya (semisal kecepatan pemrosesan serta paralelisme), dan menunjukan arah bagi atau bisa juga dikatakan untuk penelitian masa depan. Memori merupakan satu dari sekian banyaknya tema sentral dalam bukunya.
Sumber : history-computer.com


Source Article and Picture : annoerkomputer.blogspot.com

Seputar John von Neumann

Advertisement
 

Cari Artikel Selain John von Neumann