Membuat Koneksi Wireless Antar Laptop

- 4/04/2017 04:32:00 AM

Membuat Koneksi Wireless Antar Laptop

 
Kalau kamu memiliki dua buah laptop ataupun lebih ataupun komputer desktop yng memiliki wireless LAN card (wifi) serta antara masing–masing laptop/ komputer yang telah di sebutkan ingin terhubung ataupun terkoneksi satu percis lain menjadikan bisa sharing data, printer, internet, remote komputer dll. Tips simpel bisa di lakukan yang dengannya koneksi adhoc yakni koneksi wireless LAN tanpa mempergunakan akses point, terhubung langsung antara komputer ke komputer lain-lainnya tanpa mempergunakan kabel.
Setting koneksi adhoc bagi atau bisa juga dikatakan untuk windows xp sp2 merupakan menjdai berikut :
• Nyalakan wifi
• Masuk ke network connection (klik start -->Control Panel --> Network and internet connection --> Network Connection )
• Klik kanan pada wireless network connection, lantas klik properties.

• Pilih Tab Wireless Networks --> klik Advanced

• Pilih Computer-to-computer (ad hoc) networks only

• klik Close, Tampilan akan kembali ke jendela Wireless Network Connnection Properties
• Pada Preferred networks , klik Add

• Kasih nama Network name (SSID) sesuai yang dengannya yng kita inginkan misalnya semisal disini saya kasih nama mynet (pada komputer yng lain namanya Perlu percis (mynet)).-->klik OK
• Pada Wireless network key, agar lebih gampang dulu network Authentication diisi : Open , pada Data encryption diisi : Disable. ( kalau mau langsung pakai proteksi pula silakan, namun sebaiknya semisal ini dulu, kelak kalau telah sukses koneksinya silakan utak-atik option ini )

Menjadikan pada preferred networks akan tampil nama SSID yng telah kita buat yang dengannya nama mynet --> klik ok bagi atau bisa juga dikatakan untuk keluar.

• Lakukan hal / langkah yng percis pada laptop/komputer yng lain yng akan dikoneksikan. ( ingat nama /network name (SSID) Perlu percis ( mynet)).
• Kalau kedua komputer telah disetting semisal langkah di atas, langkah selanjutnya merupakan tinggal mengkoneksikannya yakni yang dengannya masuk ke Network Connection, lantas klik kanan pada Wireless Network Connection --> pilih View available wireless networks.
Disana akan tampil SSID yang dengannya nama mynet, sorot yang dengannya mouse lantas klik tombol Connect. Tunggu beberapa era hingga statusnya Connected.

•• Sebetulnya kalau komputer kesatu selalu nyala, pada komputer kedua serta ketiga serta seterusnya tak butuh disetting apapun, cukup nyalakan wifinya, View available wireless networks, pilih serta lantas Connect. (semisal kalau kita koneksi pada hotspot).
• Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Melihat sukses tidaknya koneksi antar komputer, kita mampu melakukan perintah ping ke nama komputer lawan.
- bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengetahui nama komputer : klik kanan pada my computer --> properties --> pilih tab Computer Name-->full computer name ( = nama komputer)
- Buka Command prompt (start --> klik RUN--> ketik cmd--> klik OK )
- Ketik ping namakomputerlawan (ping spasi nama komputer lawan) tekan enter, kalau sukses akan ada reply dari komputer lawan.
- Kalau tak ada reply bukan berguna belum sukses, lantaran mungkin fungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk pingnya dari komputer yang telah di sebutkan disable.
• Tips lain :
Yang dengannya melihat IP address yng didapat oleh masing - masing komputer. ( lantaran tatacara diatas kita tak mengisi nomor IP secara manual, namun secara otomatis/DHCP, ( maksudnya otomatis disini agar bisa lebih gampang , di bagian bawah ada tatacara setting IP secara manual ).
Tips melihat IP address yng didapat yakni masuk kembali ke Network Connection--> dobel klik pada wireless network connection yng sedang terkonek--> lantas klik Support, (di lakukan di kedua komputer ), lantas bandingkan hasil nya.

Masing - masing komputer Perlu mendapatkan nilai subnet mask yng percis : misal disini subnet masknya didapat 255.255.255.0 (kelas C), komputer-a serta komputer-b Perlu percis yakni 255.255.255.0
Masing - masing komputer Perlu mendapatkan IP address yng satu network misal kalau komputer-a mendapatkan 192.168.0.X, maka komputer-b Perlu mendapatkan 192.168.0.X pula (cuma nilai Xnya saja yng berbeda antara komputer a serta b).
Klik Repair di satu dari sekian banyaknya komputer kalau tak didapatkan nilai semisal ketentuan di atas, hingga memperoleh IP address serta subnet mask yng sesuai.

Setting IP Secara Manual
•• Mampu saja pada beberapa kasus akan kesulitan memperoleh IP menjadikan koneksi tak sukses, maka kita Perlu set IP secara manual.
Tatacaranya :
-masuk ke network Connections-->klik kanan pada wireless network --> klik properties.
-Dobel klik pada internet protocol (Tcp/ip) --> klik pada use the following ip address.
Pada komputer kesatu set ip address : 192.168.0.1 subnet mask: 255.255.255.0
Pada komputer kedua set ip address : 192.168.0.2 subnet mask: 255.255.255.0
Pada komputer ketiga set ip address : 192.168.0.3 subnet mask: 255.255.255.0
Serta seterusnya..
Andaikan komputer kesatu memiliki koneksi internet serta akan sharing ke yng lain-lainnya, maka pada komputer kedua, ketiga serta seterusnya. Kolom Bawahan Gateway serta Preferred DNS servernya Perlu diisi yakni : 192.168.0.1 .
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk melakukan Sharing Data :
• Klik kanan pada drive ataupun folder yng akan disharing --> pilih Sharing and security
--> Contreng pada Share this folder on network, isi Share name.--> klik OK

• Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengakses data dari komputer lawan mampu di lakukan yang dengannya mengetik di RUN command namakomputer ataupun noIPaddress komputer lawan yng akan diakses.
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk Sharing Koneksi Internet
• Di komputer yng ada koneksi internetnya masuk ke Network Connection --> Klik kanan pada koneksi internet yng akan disharing --> klik properties

• Pilih Tab Advanced, Contreng Allow other network user to connect through this …,

• Klik tombol Setting, contreng services yng akan disharing, (yng mutlak bagi atau bisa juga dikatakan untuk sharing internet merupakan Web Server (HTTP), yng lain-lainnya HTTPS, FTP, POP3, dll terserah kamu sesuai kebutuhan, ataupun boleh pula pilih seluruh.--> lantas klik OK.
Mudah-mudahan berguna..

tags : membuat koneksi adhoc, koneksi antar laptop, koneksi wireless antar komputer, membuat koneksi peer to peer, koneksi wireless simpel, koneksi komputer tanpa kabel simpel, bagaimana tatacara menghubungkan laptop yang dengannya laptop yng lain, koneksi tanpa hotspot, tatacara koneksi wireless antar laptop,tatacara setting koneksi wireless komputer,tatacara setting wireless di lapto
Baca Pula :
• Tips Sharing File melalui Hotspot / Akses point
• Membuat jaringan Komputer Simpel
• Menambahkan Folder Size di Windows Explorer
• Hapus My Recent Documents History Secara Otomatis di Windows XP

Source Article and Picture : www.tipstriks.com

Seputar Membuat Koneksi Wireless Antar Laptop

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Membuat Koneksi Wireless Antar Laptop