Pengertian dan Fungsi Subneting pada jaringan Komputer

- 4/10/2017 12:53:00 PM

Pengertian dan Fungsi Subneting pada jaringan Komputer

 
Pengertian Subneting pada Jaringan Komputer
Subneting merupakan sebuah tatacara memisahkan serta mendistribusikan beberapa alamat IP address pada jaringan komputer. Subneting akan membentuk sebuh kelompok IP yng mampu dipakai pada network yang telah di sebutkan. Alamat IP sendiri didesain bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa dipakai secara berkelompok (sub jaringan / subnet). Host ataupun perangkat komputer yng terdapat atau terletak pada subnet yng percis ataupun pada network yng percis bisa berkomunikasi satu percis lain secara langsung (tanpa melibatkan router/routing).
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi IPv4 pada Jaringan Komputer

Fungsi Subneting pada jaringan komputer
Subneting pada jaringan komputer berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengelompokan serta mendistribusikan beberapa alamat IP menjadikan komputer yng terhubung dalam satu subnet bisa saling berkomunikasi satu percis lain.
Beberapa gambaran wacana subneting yakni:
  • Andaikan jaringan dianalogikan sebuah jalan, andaikan disepanjang jalan cuma ada 8 rumah, ketua RT mengumumkan sesuatu dari rumah ke rumah lewat jalan itu.
  • Andaikan sepanjang jalan telah penuh rumah butuh ada gang-gang. Butuh ada ketua RT tiap gang bagi atau bisa juga dikatakan untuk meminimalis transportasi era pengumuman serta mengatur urusan RTnya sendiri
Baca Pula: Pengertian serta Fungsi Mac Address pada Komputer
Notasi Subnet pada Jaringan Komputer
Subnet ditulis dalam format 32 bit (semisal IP Address pada komputer), ataupun dalam bentuk desimal (prefix Length).
Menjdai semisal, network 192.168.10.0 yng mempunyai subnet mask 255.255.255.0 bisa direpresentasikan di dalam notasi prefix length menjdai 192.168.10.0/24.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan Fungsi Subneting pada jaringan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Fungsi Subneting pada jaringan Komputer