Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Server

- 4/24/2017 12:03:00 AM

Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Server

 
Feriantano S Education Kamis, 12 Januari 2017 10.58 Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Server
Pengertian server adalah satu dari sekian banyaknya instrumen penunjang pada bidang komputer. Dalam sebuah organisasi misalnya pada sebuah perusahan manufaktur, terdapat tidak sedikit komputer yng bisa saling terhubung satu percis lain. Komputer yng saling berhubungan yng membentuk sebuah jaringan, dinamakan jaringan komputer. Lalu lintas data yng terlaksana pada jaringan yang telah di sebutkan, di atur yang dengannya sebuah komputer pusat ataupun yng Suka kta sebut yang dengannya server.

Pengertian Server

Pengertian server merupakan sebuah komputer yng mengatur lalu lintas data yng terlaksana pada sebuah jaringan. Pada sebuah jaringan terdiri diri tidak sedikit beberapa komputer serta saling terhubung. Komputer server ini memberikan pelayanan bagi sejumlah komputer yng saling berhubungan, dalam melakukan akses data misalnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk bagi atau bisa juga dikatakan untuk pembatasan akses, melakukan kontrol data, serta sirkulasi data yng terlaksana.
Dalam membangun sebuah server komputer dibutuhkan spesifikasi hardware komputer yng lebih dibandingkan yang dengannya komputer biasa. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk komputer server pun dipakai system operasi khusus yng disebut system operasi server, semisal berikut :
Microsoft Windows Server 2008
Sun Solaris
UNIX
Linux Redhat
Amiga
Debian
Spesifikasi yng butuh diperhatikan dalam membangun sebuah komputer server semisal berikut :
1. RAM
Kapasitas yng menjangkau seluruh kegiatan client yankni akses query yng dipakai seluruh komputer dalam jaringan. Hal ini Amat berhubungan terhadap memori komputer yng cukup bagi atau bisa juga dikatakan untuk akses seluruh komputer dalam jaringan.
2. Processor
Selain memori yng cukup, kecepatan akses yng cepat Perlu dimiliki oleh processor komputer. Kegiatan multi tasking server Perlu diimbangi yang dengannya kemampuan processor.
3. Hard Drive
Penyimpanan merupakan hal penting selanjutnya yng Perlu diperhatikan, lantaran pada sebuah topologi jaringan komputer seluruh penyimpanan data akan terpusat pada komputer server.

Fungsi Server

  1. Menyimpan database serta software yng dibutuhkan oleh komputer client
  2. Memberikan keamanan yang dengannya fitur security yng berbasis server
  3. Memberikan perlindungan firewall pada seluruh jaringan komputer

Jenis-jenis Server

Terdapat beberapa jenis server yng dikategorikan dari fungsinya semisal berikut :
1. Proxy Server
Server proxy melakukan pembatasan terhadap permintaan, kinerja koneksi serta sharing file antara client serta server diluar jaringan.
2. Telnet Server
Melakukan remote komputer yang dengannya melakukan log in serta log out sebuah komputer host.
3. Virtual Server
Membuat jumlah server fisik, seolah-olah menjadi beberapa server.
4. Web Server
Memberikan konten pada ke web browser bagi atau bisa juga dikatakan untuk berkomunikasi yang dengannya mempergunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
5. Server Audio serta Video
Memberikan fitur multimedia pada sebuah situs web bagi atau bisa juga dikatakan untuk menyiarkan streaming konten multimedia.
6. File Transfer Protocol Server
FTP server dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk transfer data dalam jaringan.
7. Server Software
Berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengolah perintah dalam jaringan antara client serta database.
8. Mail Server
Jenis server yng menangani permasalahan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menangani e-mail.
9. News Server
Melakukan istribusi serta pengiriman bagi atau bisa juga dikatakan untuk tidak sedikit kelompok informasi umum, melalui jaringan informasi USENET. Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Server Title: Pengertian, Jenis - Jenis serta Fungsi Server Date: Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Server

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian, Jenis - Jenis dan Fungsi Server