Pengertian dan Fungsi Gateway

- 4/24/2017 04:40:00 AM

Pengertian dan Fungsi Gateway

 
Feriantano S Education Sabtu, 14 Desember 2013 13.17 Pengertian dan Fungsi Gateway - TutorialCaraKomputer.com
Gateway merupakan sebuah perangkat yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer yang dengannya satu ataupun lebih jaringan komputer yng mempergunakan protokol komunikasi yng berbeda menjadikan berita dari satu jaringan computer bisa diberikan kepada jaringan komputer lain yng protokolnya berbeda.
Istilah gateway merujuk kepada hardware ataupun software yng menjembatani dua App ataupun jaringan yng tak kompatibel, menjadikan data bisa ditransfer antar komputer yng berbeda-beda.Satu dari sekian banyaknya semisal penggunaan gateway merupakan pada email, menjadikan pertukaran email bisa di lakukan pada system yng berbeda. Definisi yang telah di sebutkan merupakan definisi gateway yng utama. Dalam pengertian teknis, istilah ini mengacu pada pengaturan hardware ataupun software yng menerjemahkan antara dua protokol yng berbeda.
Pengertian yng lebih umum bagi atau bisa juga dikatakan untuk istilah ini merupakan sebuah mekanisme yng menyediakan akses ke sebuah system lain yng tehubung dalam sebuah network. Host yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk memindahkan lalu lintas jaringan dari satu jaringan ke jaringan lain, pula dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk melewatkan lalu lintas jaringan dari satu protokol ke protokol lain. Dipergunakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan dua jenis jaringan komputer yng arsitekturnya percis sekali berbeda. Jadi gateway lebih kompleks daripada bridge. Gateway bisa diaplikasikan antara lain bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan IBM SNA yang dengannya digital DNA, LAN (Local Area Network) yang dengannya WAN (Wide AreaNetwork).
Seiring yang dengannya merebaknya internet, definisi gateway seringkali bergeser. Tak jarang juga pemula menyamakan "gateway" yang dengannya "router" yng sebetulnya tak benar. Kadangkala, kata "gateway" dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendeskripkan perangkat yng menghubungkan jaringan komputer besar yang dengannya jaringan komputer besar lain-lainnya. Hal ini muncul lantaran seringkali perbedaan protokol komunikasi dalam jaringan komputer cuma terlaksana di tingkat jaringan komputer yng besar. Gateway pula mampu diartikan menjdai komputer yng mempunyai minimal 2 buah network interface bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan 2 buah jaringan ataupun lebih.
Di Internet suatu alamat mampu ditempuh lewat gateway-gateway yng memberikan jalan/rute ke arah mana yng Perlu dilalui agar bisa paket data hingga ke tujuan. Kebanykan gateway menjalankan routing daemon (program yng meng-update secara dinamis tabel routing). Lantaran itu gateway pula umumnya berfungsi menjdai router. Gateway/router mampu berbentuk Router box semisal yng di produksi Cisco, 3COM, dll ataupun mampu pula berupa komputer yng menjalankan Network Operating System plus routing daemon. Misalkan PC yng dipasang Unix FreeBSD serta menjalankan program Routed ataupun Gated. Akan tetapi dalam pemakaian Natd, routing daemon tak butuh dijalankan, jadi cukup dipasang gateway saja.Lantaran gateway/router mengatur lalu lintas paket data antar jaringan, maka di dalamnya mampu dipasangi mekanisme pembatasan ataupun pengamanan (filtering) paket-paket data, Mekanisme ini disebut Firewall.

Fungsi Gateway


Satu dari sekian banyaknya fungsi pokok gateway merupakan melakukan protocol converting, agar dua arsitektur jaringan komputer yng berbeda bisa saling berkomunikasi. Pengertian dan Fungsi Gateway Title: Pengertian serta Fungsi Gateway Date: 2013-12-14T13:17:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian dan Fungsi Gateway

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Fungsi Gateway