Pengertian komponen Motherboard dan fungsinya

- 4/11/2017 09:12:00 PM

Pengertian komponen Motherboard dan fungsinya

 
Motherboard ataupun mainboard merupakan papan sirkuit komputer yng berfungsi menjdai tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasang perangkat komputer semisal: memori(RAM), processor, VGA card, I/O, souncard serta lain-lain, motherboard menjadi komponen yng Amat penting lantaran menjdai penghubung seluruh komponen perangkat keras komputer.
Berikut merupakan beberapa bagian-bagian serta fungsi komponen motherboard semisal pada gambar di bawah ini:

  • Slot ataupun Socket proscessor adalah bagian yng berfungsi menjdai tempat meletakan serta memasang processor yng dilengkapi yang dengannya pengunci yng ada pada motherboard. Bentuk dari socket komputer akan disesuaikan yang dengannya processor yng ada.
  • Slot Memori (RAM), adalah tempat bagi atau bisa juga dikatakan untuk meletakkan memori (RAM), RAM terdapat beberapa jenis semisal SD RAM, DDR 2, DDR 3 serta lain-lain, jadi era kamu membeli RAM pastikan slot RAM percis yang dengannya RAM yng dibeli.
  • IDE ataupun port IDE adalah port yng memiliki 40 pin yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk meletakkan kabel IDE yng menghubungkan ke beberapa komponen semisal Hardisk serta CD Room. Port IDE umumnya terbagi menjadi 2 jenis yakni primari IDE serta Secondary IDE. Primari hardisk umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan ke hardisk sedangakan secondary IDE berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghubungkan ke komponen CD ROOM.
  • Chipshet Motherboard merupakan komponen yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur serta membagi fungsi-fungsi dalam motherboard, Chipshet motherboard ada 2 jenis yakni chipshet nort bridge serta chipshet south bridge. Chipshet North Bridge berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur alur kinerja processor yng berhubungan yang dengannya komponen utama. semisal slot memori, slot PCI serta slot AGP. Chipshet North Bridge umumnya terdapat atau terletak di dekat komponen processor. sedangkan Chipshet South Bridge berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengatur alur kerja processor yng berhubungan yang dengannya komponen semisal control IDE hardisk, drive, DMA serta interrupt.
  • Chipshet Bios adalah chipshet yng berisi software bios yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk membaca serta mendata komponen komputer. Chipset bios mendapatkan tegangan dari baterai bios menjadikan mampu menyimpan konfigurasi bios walaupun komputer dimatikan.
  • SATA adalah port yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk meletakkan kabel sata yng akan dihubungkan yang dengannya hardisk yng memiliki port SATA.
  • PCI merupakan saluran 32 serta 64 bit standar local bus yng mengikat bus ekspansi, PCI umumnya dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk meletakkan komponen-komponen semisal VGA card, Sound Card, lAN card serta lain-lain.
  • AGP adalah slot VGA jenis baru yng khusus dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk menaikan kinerja video adapter. Kerja AGP 2 kali lebih cepat dari PCI.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian komponen Motherboard dan fungsinya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian komponen Motherboard dan fungsinya