Pengertian Internet dan sejarah perkembangannya

- 5/30/2017 10:27:00 PM

Pengertian Internet dan sejarah perkembangannya

 
Internet ataupun Interconnection Networking merupakan jaringan komputer terluas yng menghubungkan seluruh jaringan komputer baik jaringan komputer lokal (LAN), Metropolitan Netowork (MAN) ataupun jaringan WAN, ataupun perlengkapan elektonik yng lain semisal handphone, tablet, smartphone serta lain-lain.
Sejarah Awal Internet
Sejarah jaringan komputer didunia diawali dari sebuah riset yng di lakukan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini disebut yang dengannya ARPA (Advanced Research Project Agancy) menjadikan jaringan komputer yng orang-orang bentuk dinamakan ARPANET. Pada awal munculnya internet jaringan ini cuma dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk kalangan pribadi ataupun kalangan tertentu saja yakni cuma bagi atau bisa juga dikatakan untuk militer, akademisi serta universitas saja. ARPANET sendiri kenudian dipecah 2 yakni MILNET (jaringan komputer yng dipakai khusus bagi atau bisa juga dikatakan untuk militer serta ARPANET sendiri (jaringan komputer yng dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk perguruan tinggi. Internet Amat memberikan manfaat serta kemudahan bagi para penggunanya pada era itu, itu sebabnya antara MILNET serta ARPANET digabung kembali menjadi DARPANET yng lantas menjadi internet saja
Ditahun 1980 jaringan ARPANET berkembang Amat pesat menjadi jaringan komputer seluruh dunia yang dengannya makin banyaknya perangkat yng terhubung ke dalam jaringan yang telah di sebutkan menjadikan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membuat mudah dalam pemetaan butuh di lakukan pengalamatan jaringan komputer (IP Address), pembagian domain, serta lain-lain. Selain itu sejumlah penemuan dibidang komputer serta jaringan pula turut mendukung perkembangan internet hingga era ini.
Sejarah perkembangan Internet di Indonesia
Di Indonesia komputer serta internet mulai dipakai ditahun 1990, namun beberapa Universitas dibidang Elektro serta Informatika telah mulai mengkaji komputer serta jaringan. Sejumlah tokoh akademisi Indonesia mulai bermunculan serta ikut berperan dan dalam perkembangan internet di Indonesia sepert Onno W Purbo.
Hingga era saat ini ini perkembangan internet diIndonesia berkembang Amat pesat, shampir seluruh wilayah diIndonesia terhubung yang dengannya jaringan Internet.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian Internet dan sejarah perkembangannya

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Internet dan sejarah perkembangannya