Pengertian dan Macam-Macam Sistem Operasi Jaringan

- 7/05/2017 03:18:00 AM

Pengertian dan Macam-Macam Sistem Operasi Jaringan

 
Pengertian System Operasi Komputer
System operasi adalah sebuah perangkat lunak ataupun program yng mengendalikan sebuah fungsi yng ada pada komputer baik itu perangkat lunak perangkat lunak, pengelolaan terhadap file serta berkas, pengendalian terhadap perangkat keras serta peripheral komputer.
Dasarnya memang system operasi dibagi menjadi 2 jenis, yakni system operasi Desktop (Baca Pula: Jenis-macam System Operasi Desktop) serta system operasi jaringan. Walaupun sama-sama system operasi kedua system operasi yang telah di sebutkan mempunyai kegunaan serta kemampuan yng berbeda.
System operasi jaringan ataupun biasa disebut yang dengannya Network Operating System (NOS) adalah sebuah system operasi yng didesain bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa melayani user dalam jumlah besar bagi atau bisa juga dikatakan untuk banyak sekali keperluan serta tidak sedikit dipakai pada perusahaan besar. System operasi ini akan selalu berhubungan yang dengannya jaringan komputer ataupun internet.
Baca Pula: Pengertian System Operasi

Karakteristik System Operasi Jaringan
Ada tidak banyak perbedaan antara system operasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk desktop serta system operasi bagi atau bisa juga dikatakan untuk jaringan, system operasi jaringan mempunyai kakrakteristik menjdai berikut:
  • Mendukung penggunaan oleh lebih dari satu user (Multiuser) menjadikan mampu dipakai oleh tidak sedikit user sekalian dalam satu waktu.
  • Menjalankan perangkat lunak yng bisa atau mampu dipakai oleh lebih dari satu user. Umumnya perangkat lunak akan diinstall pada system operasi jaringan lantas system operasi desktop akan mengaksesnya bagi atau bisa juga dikatakan untuk menjalankan perangkat lunak.
  • Stabil (robust), dimana kecil mungkin bagi atau bisa juga dikatakan untuk terdapat error pada program. Robustness merupakan istilah bagi atau bisa juga dikatakan untuk menunjukan kemampuan suatu system komputer menangani masalah yng terlaksana selama dipakai oleh user.
  • Mempunyai tingkat keamanan data yng lebih tinggi dari system operasi desktop. Kita tahu bahwasanya system operasi jaringan akan selalu terhubung yang dengannya jaringan yng ada maupun koneksi internet menjadikan tidak sedikit ancaman yng muncul.

Baca Pula: Pengertian Multiuser serta Multitasking pada Fungsi System Operasi Komputer
Era ini ramai sekali system operasi jaringan yng beredar dimasyarakat. Yang akan di sajikan kali ini merupakan system operasi jaringan yng tidak sedikit dipakai:
  • UNIX/Linux, ini adalah system operasi yng paling tidak sedikit dipakai menjdai server era ini, semisal system operasi jaringan yang dengannya linux diantaranya merupakan Red Hat, Caldera, SuSE, Debian, Fedora, Ubuntu serta Slackware. Linux memiliki system keamanan paling tidak jelek alias bagus dibandingkan yang dengannya windows. selain itu linux pula bersifat open source serta gratis. (Baca Pula: Kelebihan serta Kelemahan Linux)
  • Novell Netware, di tahun 1980-an, ini adalah system operasi pertama yng memenuhi seluruh persyaratan bagi atau bisa juga dikatakan untuk membangun sebuah jaringan komputer lokal. (Baca Pula: Novell - Server Operating System)
  • Microsoft Windows, masih dari perusahaan yng percis, Microsoft pula mengeluarkan Windows Server menjdai system operasi jaringannya, mulai dari versi awal mulanya merupakan Windows Server 2000, sampai-sampai yng yang terakhir Windows Server 2012. (Baca Pula: Kelebihan serta Kelemahan Windows)

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian dan Macam-Macam Sistem Operasi Jaringan

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Macam-Macam Sistem Operasi Jaringan