Henry Prevost Babbage

- 8/28/2017 01:49:00 PM

Henry Prevost Babbage

 
henry babbage
Henry Prevost Babbage
"Buah jatuh tak jauh dari pohonnya", ungkapan ini mungkin berlaku bagi Henry Prevost Babbage (1824-1918). Ya benar sekali, Henry Prevost Babbage merupakan putera bungsu dari Charles Babbage pencipta mesin Difference Engine serta Analytical Engine yng sudah dibahas pada halaman sebelumnya. Henry merupakan orang yng berada disamping tempat tidur ayahanya disaat Charles Babbage meninggal di tahun 1871.
Dalam masa cuti panjangnya dari dinas milter, Henry Prevost Babbage sudah mengkaji serta mengambil alih pemahaman mengenai Difference Engine serta Analytical Engine yng adalah dua karya besar ayahnya salah satunya mewarisi banyak sekali rancangan serta material kedua mesin komputer yang telah di sebutkan.
Sejak tahun 1872 Henry menekuni apa yng menjadi obsesi ayahnya hingga pada masa pensiunnya di tahun 1875. Dia membuat sekitar enam buah miniatur mesin Difference Engine No 1 yng satu diantaranya ia kirim ke Universitas Harvard. Pada tahun 1930 bagian mesin yng dikirim ke Harvard ini menarik perhatian Howard Hathaway Aiken, pionir dibidang komputer yng kelak menjadi pelopor berdirinya IBM Harvard Mark I. Aiken menulis bahwasanya disaat dia melihat bagian dari Difference Engine No 1 yang telah di sebutkan "ia merasa bahwa Charles Babbage berbicara padanya secara pribadi dari masa lalu".
Henry Prevost Babbage pula bereksperimen yang dengannya membangun empat kalkulator pabrik bagi atau bisa juga dikatakan untuk Analytical Engine yng ia selesaikan pada tahun 1910 disaat ia berusia 86 tahun. Kerja kerasnya pada mesin-mesin yang telah di sebutkan sukses akan tetapi tak diiringi yang dengannya keberanian serta inspirasi semisal ayahnya.
◄ ► disunting oleh : Khaerudin Noer
Sumber Tulisan atau artikel & Gambar: en.wikipedia.org & computerhistory.org


Source Article and Picture : annoerkomputer.blogspot.com

Seputar Henry Prevost Babbage

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Henry Prevost Babbage