Pengertian topologi tree

- 8/30/2017 02:45:00 AM

Pengertian topologi tree

 
Topologi tree ataupun topologi pohon merupakan satu dari sekian banyaknya dari topologi jaringan komputer yng paling tidak sedikit diterapkan didalam pembuatan sebuah jarngan komputer. Yang dengannya bentuk menyerupai pohon yang dengannya ranting-ranting, topologi ini akan mencakup lebih tidak sedikit komputer yng bisa terhubung denga jaringan komputer. Didalam topologi tree terdapat sebuah perangkat (switch ataupun hub) pada level teratas ataupun biasa disebut yang dengannya root yng menjadi pusat utama komunikasi bagi seluruh komputer yng terhubung dengannya. Pada level ini mempergunakan topologi peer to peer (P2P), lantas pada level dibawahnya terdapat satu komputer lain yng disebut yang dengannya central dimana komputer yang telah di sebutkan menjadi pusat koneksi bagi komputer yng berada dibawahnya yng membentuk semisal topologi star. Yang dengannya model model semisal ini mampu dikatakan topologi tree adalah gabungan dari dua topologi jaringan yakni topologi star serta topologi peer to peer.
Kelebihan serta kelemahan topologi jaringan tree
Sebuah topologi jaringan yng kita implementasikan ke dalam sebuah jaringan komputer pasti mempunyai kelebihan serta kelemahan, bagi atau bisa juga dikatakan untuk itu agar kita lebih bijak dalam memilih serta menentukan topologi yng kita genakan, ada baiknya kita mengetahui berlebi dahulu kelebihan serta kelemahan topologi yang telah di sebutkan:
Kelebihan topologi Tree
  1. Topologi tree memenuhi satu dari sekian banyaknya sifat serta syarat jaringan komputer yakni scalable dimana topologi ini bisa menyesuaikan kondisi serta keperluan, misalkan pada gedung bertingkat yang dengannya skala yng besar.
  2. Jenis topologi ini tidak sedikit dipakai diberbagai tempat kaena topologi ini bisa mendukung jaringan yang dengannya skala yng besar.
  3. Topologi gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikembangkan sesuai yang dengannya kebutuhan user, serta Amat gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk diperbaiki andai ada permasalahan.
  4. Topologi tree adalah pengembagan dari topologi star menjadikan Amat gampang bagi atau bisa juga dikatakan untuk dikembangkan, penmbahan komputer root serta komputer central
  5. Topologi tree mendukung koneksi point to point pada jaringan komputer.
  6. Pada topologi tree, andai satu dari sekian banyaknya komputer mengalami lgangguan maka komputer lain masih mampu beroperasi.

Kelemahan Topologi Tree
  1. pada topologi ini mungkin terlaksana collision Amat besar.
  2. Memerlukan perawatan yng ekstra dalam melindungi stabilitas jaringan.
  3. Toplogi tree memerlukan perencanaan yng matang serta detail dalam penerapannya.
  4. Pada toplogi tree jikan komputer root ataupun komputer central terganggu maka komputer yng berada dibawah jaringan yang telah di sebutkan akan terganggu.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian topologi tree

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian topologi tree