Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing pada jaringan Komputer

- 9/27/2017 09:24:00 AM

Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing pada jaringan Komputer

 
Pada protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol) didalam pemodelan layernya mempergunakan sejumlah protokol yng berbeda-beda pada setiap bagian-bagian dari layer, maka akan terlaksana 2 buah proses yng dinamakan Multiplexing serta Demultiplexing.
Apa yng dimaksud yang dengannya Multiplexing serta Demultiplexing?
Bagi atau bisa juga dikatakan untuk lebih terperinci mengenai Multiplexing serta Demultiplexing, kita simak penjelasan berikut:
  • Multiplexing adalah sebuah proses dimana protokol pada sebuah layer bisa melakukan proses encapsulation terhadap paket data dari beberapa buah protokol dilayer atas secara bersamaan dalam satu waktu.
  • Demultiplexing adalah sebuah proses dimanaprotokol melakukan proses pembukaan bungkusan (decapsulation) mengantarkan paket ke beberapa buah protokol di layer atas.

Multiplexing serta Demultiplexing di lakukan oleh komputer pengirim(Source) serta komputer tujuan (destination).
Proses Encapsultion (pembungkusan) serta Decapsulation (pembukaan pembungkusan) pula terdapat disetap layer pada pemodelan layer dijaringan komputer baik layer model OSI ataupun layer model TCP/IP.
Mengingat bahwasanya Aplication Layer berada di posisi teratas pada susunan layer dijaringan komputer maka Multiplexing serta Demultiplexing tak terlaksana pada Aplication Layer. hal ini penyebabnya yaitu lantaran Aplication layer tak menyediakan layanan (service) apapun kepada layer - layer lain-lainnya. Menjadikan yng di lakukan oleh Aplication layer hanyalahencapsulation serta decapsulation. hal ini terntu berbeda pada layer-layer yng lain pada jaringan, Misalnya pada Transport Layer proses multiplexing serta demultiplexing cuma di lakukan yang dengannya tatacara membawa paket yng berasal dari protokol-protokol pada aplication layer (misal HTTP, FTP, serta lain-lain) yng memerlukan layanan dari protokol pada layer Transport.

Tulisan atau artikel Terkait :


TERIMA KASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL INI
Tinggalkan komentar kamu, agar saya mampu bersilaturrahmi yang dengannya membalas kunjungan kamu. Berkomentarlah yng bijak serta sopan, lantaran komentar yng tidak lebih bijak serta bersifat spam akan dihapus oleh Admin.

Source Article and Picture : www.teorikomputer.com

Seputar Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing pada jaringan Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian Multiplexing dan Demultiplexing pada jaringan Komputer