Pengertian dan Definisi Hardware (Perangkat Keras) Komputer

- 3/01/2017 04:14:00 PM

Pengertian dan Definisi Hardware (Perangkat Keras) Komputer

 
Feriantano S Education Rabu, 30 April 2014 13.14 Pengertian dan Definisi Hardware (Perangkat Keras) Komputer - TutorialCaraKomputer.com

Pengertian Hardware


Hardware ataupun dalam bahasa indonesianya disebut pula yang dengannya nama perangkat keras merupakan satu dari sekian banyaknya komponen dari sebuah komputer yng sifat alat nya mampu dilihat serta diraba oleh kita-kita secara langsung ataupun yng berbentuk nyata, yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mendukung proses komputerisasi.

Pengertian Hardware Manurut Para Ahli


1. Wahana Komputer
Hardware merupakan perangkat komputer yng terdiri atas susunan komponen - komponen elektronik berbentuk fisik (berupa benda).
2. Sunarto S.Kom
Hardware merupakan perangkat pendukung EDPS (elektronic data processing system) yng bisa dirasakan serta disentuh.
3. Wijaya Ariyana serta Deni Arifianto
Hardware merupakan komponen komputer yng bisa dirasakan secara fisik yakni bisa dilihat serta diraba.
4. Yudha Yudhanto, Yunus Sulistyo, Dedi Gunawan
Hardware merupakan komponen pembentuk sebuah komputer secara fisik.
5. Ali Zaki
Hardware adalah bagian fisik dari komputer, salah satunya sirkuit digital di dalam komputer.
6. Rachmad Hakim S
Hardware adalah perangkat keras, yakni alat tambahan yng bisa dipasang ke dalam komputer.
7. R. Wilman serta Riyan
Hardware adalah serangkaian piranti elektronik yng tercompact pada ponsel yng berfungsi saling terkait piranti - piranti menjadi satu bagian yng tak terpisahkan.
8. Raya Fahreza
Hardware merupakan adalah bagian perangkat keras yng bekerja sesuai yang dengannya isntruksi software.
9. Joko Untoro
Hardware merupakan perangkat fisik berupa komputer beserta instrumen pendukungnya.
Sesudah membandingkan antara pengertian hardware secara umun yang dengannya pengertian hardware pendapat dari para ahli, bisa disimpulkan bahwasanya hardware bisa bekerja didasari perintah yng sudah ditentukan ada padanya, ataupun yng pula disebut yang dengannya yang dengannya istilah instruction set. Yang dengannya adanya perintah yng bisa dimengerti oleh hardware yang telah di sebutkan, maka hardware yang telah di sebutkan bisa melakukan aneka macam kegiatan yng sudah ditentukan oleh pemberi perintah.
Secara fisik, komputer terdiri dari beberapa komponen yng adalah suatu system. System merupakan komponen-komponen yng saling bekerja percis membentuk suatu kesatuan. Andaikan satu dari sekian banyaknya komponen tak berfungsi, akan menghasilkan tak berfungsinya proses-proses yng ada komputer yang dengannya baik. Komponen komputer ini salah satunya dalam kategori elemen perangkat keras (hardware).
Didasari fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi :
1. Input Device (Unit Masukan)
Unit ini berfungsi menjdai media bagi atau bisa juga dikatakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori serta processor bagi atau bisa juga dikatakan untuk diolah guna menghasilkan berita yng diharapkan.
Input Device :
  • Keyboard
  • Mouse
  • Touchpad
  • Light Pen
  • Joystick

2. Process Device (Unit Pemrosesan)
Otak sebuah komputer berada pada unit pemrosesan (Process device). Unit pemrosesan ini dinamakan CPU ( Central Processing Unit ). Fungsi CPU merupakan menjdai pemroses serta pengolah data yng selanjutnya bisa menghasilkan suatu berita yng diharapkan. Pada komputer mikro unit pemrosesan ini disebut yang dengannya micro-processor (pemroses mikro) ataupun processor yng berbentuk chip yng terdiri dari ribuan hingga jutaan IC.
Process Device :
  • Power Supply (PSU)
  • Random Access Memory (RAM)
  • Kartu Grafis (VGA)
  • Prosesor
  • Motherboard

3. Output Device (Unit Keluaran)
Output device adalah perlengkapan yng berfungsi bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengeluarkan hasil pemrosesan maupun pengolahan data yng berasal dari CPU kedalam suatu media yng bisa dibaca oleh kita-kita maupun bisa dipakai bagi atau bisa juga dikatakan untuk penyimpanan data hasil proses. Hasil pemrosesan yang telah di sebutkan bisa digolongkan menjadi empat bentuk, yakni goresan pena (huruf,angka,simbol khusus), image (dalam betuk grafis ataupun gambar), bunyi, serta bentuk lain yng bisa dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama merupakan output yng bisa dipakai langsung oleh kita-kita, sedangkan golongan yang terakhir umumnya dipakai menjdai input bagi atau bisa juga dikatakan untuk proses selanjutnya dari komputer.
Output Device :
  • Monitor
  • Printer
  • Speaker

4. Backing Storage (Unit Penyimpanan)
Storage ataupun biasa pula disebut memory merupakan suatu tempat penyimpanan ataupun penampung data serta program. Bisa pula dikatakan menjdai Electronic Filing Cabinet pada system komputer.Penyimpanan cadangan adalah penyimpanan seluruh berita non aktif didalam computer. Ada dua jenis utama alat penyimpanan cadangan yakni: Serial Accsess, misalnya tape drive, serta Direct Access, misalnya disk magnetis, yakni harddisk, floppy disk (diskette) yng ini telah jarang sekali dipakai era ini, CD/DVD ROM, Tape Drive, Magnetic Tape.
Backing Storage :
  • Harddisk (HDD)

5. Periferal (Unit Tambahan)
Peripheral merupakan hardware tambahan yng disambungkan ke komputer, umumnya yang dengannya bantuan kabel maupun saat ini telah tidak sedikit perangkat peripheral wireless. Peripheral ini bertugas membantu komputer menyelesaikan tugas yng tak bisa di lakukan oleh hardware yng telah terpasang didalam casing.
Periferal :
  • Modem
  • Sound Card (Kartu Bunyi)
  • Optical Disc Drive
  • Uninterruptable Power Supply (UPS)
Pengertian dan Definisi Hardware (Perangkat Keras) Komputer Title: Pengertian serta Definisi Hardware (Perangkat Keras) Komputer Date: 2014-04-30T13:14:00+07:00 Rating: 4.5

Source Article and Picture : www.tutorialcarakomputer.com

Seputar Pengertian dan Definisi Hardware (Perangkat Keras) Komputer

Advertisement
 

Cari Artikel Selain Pengertian dan Definisi Hardware (Perangkat Keras) Komputer